PENGARUH KOMPETENSI DAN PROGRAM MERCHANT DAY TERHADAP CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT SERTA DAMPAKNYA KEPADA PENINGKATAN SALES VOLUME MENGGUNAKAN MODEL PARTIAL LEAST SQUARE: STUDI PADA KANTOR CABANG TASIKMALAYA PT. BANK NEGARA INDONESIA

Wursan Wursan, Erwin Yulianto

Abstract


Penjualan merupakan bagian yang memegang peranan penting dalam perusahaan karena hasil dari penjualan merupakan sumber kelangsungan usaha. Program Merchant Day adalah kegiatan retensi terhadap nasabah merchant BNI dengan cara memberikan edukasi mesin EDC (Electronic Data Capture) BNI untuk mendukung kegiatan transaksional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi dan program merchant day terhadap peningkatan jumlah transaksi serta dampaknya kepada keberlanjutan sales volume. Metode analisis dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan verifikatif. Pemodelan dari kerangka penelitian dirancang dengan menggunakan model Partial Least Square yang merupakan metode untuk mengestimasi path model yang menggunakan konstrak laten dengan multiple indicators. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi dan program Merchant Day terhadap Customer Relationship Management. Demikian pula halnya hubungan antara Customer Relationship Management terhadap Peningkatan Sales Volume memiliki pengaruh yang signifikan.

Keywords


Kompetensi;merchant day;electronic data capture;customer relationship management;peningkatan sales volume

Full Text:

PDF

References


BNI, (2019). https://dashboard.bni.co.id/, diakses pada tanggal 21 Juli 2019

Chin, W.W. (1998). The Partial Least Squares Approach to Structural Equation Modeling, In G.A. Marcoulides [ed.]. Modern Methods for Business Research. NJ: Lawrence Erlbaum Associates

Covey, Steven R. (2004). The 8th Habit Melampaui Efektivitas, Menggapai Keagungan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Destiana, Annisa Harsi. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Merchant Pada PT Bank Mandiri Persero Tbk Kantor Area Bekasi Jatiwaringin, Jurnal Penelitian & Pengembangan Humaniora. Vol. 11. No. 1. pp13-24

Ghozali, Imam. (2010). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kasmir. (2005). Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kasmir. (2004). Pemasaran Bank. Jakarta: Prenada Media

Kotler, Philip. (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Prenhalindo

Lupiyoadi, Rambat., Hamdani, (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat

Moeheriono. (2009). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Bogor : Ghalia Indonesia

Nunnally, Bernstein, I. H. (1994). Psychometric Theory, Edisi ke 3, New York: McGraw Hill

Sudarmanto. (2009). Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV.Alfabeta

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods), Alfabeta, Bandung

Supriyatna, Agus., Yulianto, Erwin. (2019). Budaya Perusahaan: Penerapan Good Corporare Governance Serta Implikasinya Terhadap Keberlanjutan Kinerja Bank, Vol. 1. No. 1. pp11-20

Suryanto, Dwi. (2005). Pengaruh Ketertarikan, Kemiripan Persepsi, Kemiripan Demografis Atasan Bawahan, Kepuasan Kerja, dan Komitmen Organisasional Terhadap Nilai

Tjiptono, Fandy., Gregodius Chandra. (2005). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi

Tjiptono, Fandy. (2006). Manajemen Pelayanan Jasa. Yogyakarta: Andi

Tjiptono, Fandy. (2008). Service Management. Yogyakarta: Andi

Umar, Husein. (2005). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Usman. 2006. Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Amara Books




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/mr.v3i3.2908

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________ 

Journal of Management Review indexed by:

Journal of Management Review ISSN  2580-4138 (Print) and ISSN 2579-812X (Online))

_______________________________________________________________________________________________ 

Reference Mamanagement Tools

_______________________________________________________________________________________________