PENGARUH SERVICE CONVENIENCE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Suatu Studi pada Bahana Motor Cabang Ciamis)

Syarip Rahmat

Abstract


Syarip Rahmat. NIM 3402160306. Pengaruh Service Convenience Terhadap Kepuasan Pelanggan (Suatu Studi pada Bahana Motor Cabang Ciamis). Dibawah bimbingan Dr. Nana Darna,SE., M.M., (Pembimbing I) dan Ronny Marsiana, S.E., M.M. (Pembimbing II).

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya kepuasan pelanggan pada Bahana Motor Ciamis, hal ini terlihat dari adanya beberapa konsumen yang masih kurang puas dengan pelayanan yang diberikan oleh pihak perusahaan. Hal tersebut diakibatkan oleh belum optimalnya pelaksanaan service convenience yang dilakukan oleh pihak perusahaan.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pelaksanaan service convenience pada Bahana Motor Cabang Ciamis?; 2) Bagaimana kepuasan pelanggan pada Bahana Motor Cabang Ciamis?; 3) Bagaimana pengaruh service convenience terhadap kepuasan pelanggan pada Bahana Motor Cabang Ciamis?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan pendekatan data kuantitatif dan analisis data kuantitatif deskriptif, kuantitatif asosiatif. Jumlah populasi yang akan dijadikan objek penelitian adalah seluruh konsumen dealer Bahana Motor Ciamis pada bulan Januari–Desember 2019 yaitu sebanyak 1.455 orang, ukuran sampel yang dipilih adalah sebanyak 94 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket.
Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: 1) Service convenience pada Bahana Motor Cabang Ciamis selama ini sudah baik. Adapun skor rata-rata tertinggi adalah pada indikator kenyamanan manfaat, sementara rata-rata skor terendah yaitu pada indikator kenyamanan pengambilan keputusan; 2) Kepuasan konsumen pada Bahana Motor Cabang Ciamis sealama ini sudah tinggi. Adapun skor rata-rata tertinggi adalah pada indikator harapan (expectation), sementara rata-rata skor terendah yaitu pada indikator konfirmasi/diskonfirmasi (confirmation/disconfirmation); 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan service convenience terhadap kepuasan konsumen pada Bahana Motor Cabang Ciamis. Artinya apabila service convenience sudah baik maka kepuasan konsumen akan meningkat.

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari2011, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan. Kesembelian, Alfabeth, Bandung.

_______. 2012. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Budianto, Apri. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi Revisi. Yogyakarta: Ombak.

_________. 2015. Manajemen Pemasaran. Ombak : Yogyakarta.

Chairiza. 2012. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen. Pada Hotel Andalas di Bandar Lampung. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Foedjiawati 2005,“Kepuasan Pelanggan Terhadap Kesetian Merek.”Jurnal manajemen & kewirausahaan, Vol. 7, No. 1.74-82.

Gregorius, 2012. Konsumen dan Pelayanan Prima, Yogyakarta,. Gava Media.

Handoko, T. Hani. 2012. Manajemen. Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Kotler, Philip., Keller, Kevin L. 2013. Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua,. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, 2009. Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba. Empat, Jakarta.

Mesiono. 2010. Manajemen dan Organisasi. Bandung, Citapustaka Media.

Mpinganjira, Mercy. 2015. Online Store Service Convenience, Customer Satisfaction and Behavioural Intentions: A Focus on Utilitarian Oriented Shoppers. Journal of Economics and Behavioral Studies.

Nazir, Moh. 2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Priansa dan Agus Garnida, 2012, Manajemen Perkantoran, CV Alfabeta Bandung.

Rangkuti, Freddy 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus. Integrated Marketing. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Rudika Hamingtyas, 2012, Analisis FaktorPelayanan, Fasilitas, Promosi Dan Lokasi Terhadap Kepuasan PenghuniPerumahan Permata Puri Ngalian, Jurnal STIE Semarang, Vol 4, No 3, Edisi (ISSN : 2252-7826 )

Schein, Edgar H., 2010,”Organizational Culture and Leadership”, Jossey Bass,. San Francisco.

Schnaar, 2011, Marketing Strategy: A .Customer-Driven Approach. The Free Press. New York.

Setyobudi, I. 2014. Konsumen dan pelayanan prima. Yogyakarta: Gava Media.

Simamora, Henry, 2015. Manajemen Pemasaran Internasional (jilid 1), Jakarta : Salemba Empat .

Solihin. 2010. MySQL 5 dari pemula hingga mahir. Jakarta : Universitas Budi Luhur. Achmad Solihin.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

_________. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta. Masunah, Juju. 2012.

_________. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

_________. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_________. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Terry, George dan Leslie W. Rue. 2010. Dasar-Dasar Manajemen. Cetakan kesebelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta.

_________. 2012. Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi.

_________. 2014. Pemasaran Jasa. Andi : Yogyakarta.

Wedarini, Ni Made Sinta. 2012. Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan telkom flexi. Bali: Universitas Udayana.

Wijayanti, Martina P.. 2010. "Analisis Hubungan Auditor-Klien: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Auditor Switching di Indonesia". SkripsiS1Fakultas Ekonomi UniversitasDiponegoro, Semarang.

Wilkie, William L. 2010. Consumer Behavior (third edition).New York. John Willey & Sons, Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/mr.v5i1.5104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________ 

Journal of Management Review indexed by:

Journal of Management Review ISSN  2580-4138 (Print) and ISSN 2579-812X (Online))

_______________________________________________________________________________________________ 

Reference Mamanagement Tools

_______________________________________________________________________________________________