DIGITAL LITERACY DAN PERCEIVE EASE OF USE PENGARUHNYA TERHADAP PENGGUNAAN ONLINE TRADING MAHASISWA PERBANKAN ANGKATAN 2017 UNIVERSITAS SILIWANGI
Tine Badriatin, Wursan Wursan, Asep Saepudin
Abstract
Kemajuan pengetahuan dan teknologi merubah semua tatanan kehidupan, termasuk dalam hal pemasaran barag dan jasa. sejak adanya teknologi digital, maka konsumen tidak harus beranjak dari tempat duduknya hanya untuk mencari atau menemukan barang. Cukup dengan menggunakan HP semua yang diinginkan dapat terwujudkan. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan Online Trading menjadi salah satu pilihan bagi produsen dan konsumen untuk memasarkan barangnya. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh Digital literacy terhadap penggunaan Online Trading pada Mahasiswa Prodi Perbankan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa Digital literacy cenderung meningkat dan begitu juga penggunaan Online Trading Tasikmalaya cenderung meningkat. Dengan demikian maka Digital literacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan Online Trading pada Mahasiswa Prodi Perbankan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Artinya jika Digital literacy meningkat, maka penggunaan Online Trading juga mengalami peningkatan. Perceive ease of use cenderung meningkat dan begitu juga penggunaan Online Trading cenderung meningkat. Dengan demikian maka Perceive ease of use berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan Online Trading pada Mahasiswa Prodi Perbankan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Siliwangi Tasikmalaya.
Keywords
Digital literacy, Perceive ease of use, Online Trading
Achmad. (2007). Literasi informasi :ketrampilan penting di eraglobal. Makalah DisampaikanPada Seminar PerpustakaanSekolah : Literasi Informasi DanAplikasi Library Software DiPerpustakaan Universitas KristenPetra, Surabaya
Bambang, D. Atmoko,. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.
Belshaw, D. A. (2012). What is' digital literacy'?: a pragmatic investigation (Doctoral dissertation, Durham University).http://etheses.dur.ac.uk/3446/
Buckingham, D. (2010). Defining digital literacy. In Medienbildung in neuen Kulturräumen (pp. 59-71). VS Verlag für Sozialwissenschaften
Buckingham, D. (2010). Defining digital literacy. In Medienbildung in neuen Kulturräumen (pp. 59-71). VS Verlag für Sozialwissenschaften
Brian Wright (2015). Top 10 Benefits of Digital Literacy: Why You Should Care About Technology,
Clement, J. (2020, October 29). Countries With The Most Instagram Users in 2020. Diambil kembali dari Statista: https://www.statista.com/statistics/578364/ countries-with-most-instagram-users/
Davis. 1989. Meningkatkan Penjualan Melalui Media Sosial. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Kellner, 2001. Marketing Management 14th Edition. United States of America: Pearson.
Kurniasih et al., 2017. Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muham madiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator, 8(2), 51-66.
Puntoadi 2011. Social media as a vector for youth violence: A review of the literature” Journal Computers in Human Behavior.