ANALISIS PENERAPAN SISTEM ERP PADA UMKM TOKO FLORIST

Immanuel Zai, Nasar Buntu Laulita, Elsy Christiani, Eric Eric, Fanggi Syahputra, Fitri Natalia, Nonius Alvares, Vira Melinda

Abstract


Beberapa usaha bisnis telah menerapkan teknologi informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dalam mencapai tujuan bisnis. Salah satunya ialah peralihan sistem lama ke sistem terintegrasi, yaitu sistem enterprise resource planning. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis apakah penerapan sistem ERP dapat meningkatkan efektivitas alur bisnis di toko Florist dengan fokus pada modul akuntansi, hubungan pelanggan, dan pembelian. toko Florist merupakan toko yang menjual buket bunga di Kota Batam. Metode penelitian yang diterapkan ialah kualitatif melalui wawancara dengan pemilik toko. Berdasarkan hasil pembahasan, alur bisnis yang diusulkan dapat menghindari biaya stockout, dapat menghasilkan laporan keuangan, dan pengambilan keputusan yang lebih cepat karena sistem yang terintegrasi. Berdasarkan penelitian terdahulu disimpulkan bahwa manfaat dalam penerapan modul manajemen hubungan pelanggan ialah pemasaran produk dengan jangkauan yang lebih luas, pengelolaan transaksi dan data pelanggan yang efisien, data pelanggan lebih tertata dan lengkap di database, dan kemudahan pelanggan untuk mengakses informasi produk yang dipasarkan. Manfaat dalam penerapan modul akuntansi ialah pelaporan keuangan yang tepat waktu dan penyusunan laporan keuangan yang efisien waktu. Manfaat dalam penerapan modul pembelian ialah pemeriksaan status ketersediaan bahan baku secara real-time, koordinasi dengan pemasok mengenai pemesanan bahan baku, dan mengurutkan pemasok terbaik.

Keywords


Akuntansi; ERP; Hubungan Pelanggan; Pembelian

Full Text:

PDF

References


A. B. Susanto. (2010). Management for Everyone 2: Strategi, Esensi, Jakarta, 26.

Alvianto, M. N. H., Adam, N. P., Sodik, I. A., Sediyono, E., & Widodo, A. P. (2022). Dampak Dan Faktor Kesuksesan Penerapan Enterprise Resource Planning Terhadap Kinerja Organisasi: Sistematic Literature Review. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 7(3), 172–180. https://doi.org/10.25077/teknosi.v7i3.2021.172-180

Dan, E. R. P., & Hubungan, P. (2016). 51-312-1-Pb, 02(02), 85–96.

Darmawan, A., & Seabtian, D. T. (2022). Pengembangan Teknologi Tepat Guna ERP Untuk Modul CRM ( Kampoeng Kuliner Brenzeel 48 ), 2(4), 182–186.

Handriani, I. (2012). Konsep Manajemen Penggunaan ERP ( Enterprise Resource Planning ). Konferensi Nasional Sistem Informasi, 519–524.

Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., … Auliya, N. H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.

Hofmann, P. (2008). “ERP is dead, long live ERP,” IEEE Internet Comput. “ERP Is Dead, Long Live ERP,” IEEE Internet Comput., 12, no 4, 84–88. Retrieved from 10.1109/MIC.2008.78

Insana, D. R. M., & Mayndarto, E. C. (2019). Pengaruh Penerapan Enterprise Resources Planning terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Consumer Good di Bursa Efek Indonesia. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 5(4), 398. https://doi.org/10.30998/jabe.v5i4.4187

Khairullah, Z., & Minarni. (2020). Pengembangan Teknologi ERP Modul Accounting Management Studi Kasus : Anton Aluminium. Journal of Information System Research (JOSH), 2(1), 71–78.

Kristianti, C. E., & Achjari, D. (2017). Penerapan sistem enterprise resource planning: Dampak terhadap kinerja keuangan perusahaan. Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia, 21(1), 1–11. https://doi.org/10.20885/jaai.vol21.iss1.art1

Lukitaningsih, A. (2013). Strategi Customer Relationship Management (CRM) Mempertahankan Loyalitas Pelanggan. Potenso, 19, 18–28.

Nawawi, M. (2016). Model Manfaat Akuntansi Dan Kepuasan Pengguna Dalam Lingkungan Implementasi Sistem Erp. Jurnal Riset Akuntansi Terpadu, 9(2). https://doi.org/10.35448/jrat.v9i2.4311

Pratama, I. P. A. E., & Robiulla, I. W. (2019). Penerapan Modul Pembelian Pada Industri Manufaktur Interior Rumah Dengan Menggunakan Erpnext. Jurnal RESISTOR (Rekayasa Sistem Komputer), 2(1), 41–47. https://doi.org/10.31598/jurnalresistor.v2i1.350

Pratiwindya, & Akbar, R. (2016). Implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) Pada Sistem Pembelian, Persediaan, Penjualan Dan Customer Relationship Management (CRM) (Studi Kasus : Jaya Utama Motor). Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta, 8(November), 3–10.

Putra, H., & Azhari, R. (2016). Penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) Pengadaan Bahan Baku dan Pengelolaan Produksi Pada Perusahaan Furniture Menggunakan ADempiere (Studi Kasus: CV Roland Kencana). Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(3), 117–128. https://doi.org/10.25077/teknosi.v2i3.2016.117-128

Putra, M. R. Y., Saedudin, R. R., & Yunan, U. (2018). Implementasi Modul Accounting & Finance Menggunakan Aplikasi Odoo Dengan Enterprise Resource Planning Metode Iterative Waterfall Pada PT. Albasia Nusa Karya. E-Proceeding of Engineering, 5(2), 3214–3221.

Rahmadano, M. N., Sarno, R., & Sarwosri, S. (2016). Rancang Bangun Sistem Enterprise Resource Planning pada Modul Procurement Process (Purchasing) Berorientasikan Multi-Tenancy dengan Sistem Basis Data Terdistribusi. Jurnal Teknik ITS, 5(2). https://doi.org/10.12962/j23373539.v5i2.19877

Sa’diyah, M. A., & Mudiantono, M. (2015). Analisis Kinerja Pemasaran Melalui Keberhasilan Implementasi Sistem Enterprise Resource Planning (Erp) Pada Umkm Di Semarang. Diponegoro Journal of Management, 320-331. Dhewanto, Wawan. 2013. Intrapreneurship: Kewirausahaan Korporasi. Penerbit Rek, 150–160.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Sungkono, K. R., Sarno, R., Ulhaq, A. J., Taufiqulsa’di, M., KurniaSari, I. N., & Dinanto, Z. Z. (2019). Pembentukan dan Penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) pada UMKM (Usaha Kecil Menengah) Toko Budi dan M-Bisy Mart. Sewagati, 3(3). https://doi.org/10.12962/j26139960.v3i3.6026

Ullah, A., Baharun, R. Bin, Nor, K. M., Siddique, M., & Sami, A. (2017). Enterprise Resource Planning (ERP) Systems and User Performance (UP). Journal of Managerial Sciences, 11(03), 377–390. Retrieved from https://www.qurtuba.edu.pk/jms/default_files/JMS/special_edition/3 FMM/20(AIC-FMM 2017)377-390Abrar.pdf

Wahidah, N., Prasetyaningrum, E., & Bachtiar, L. (2020). Pengembangan Teknologi ERP Modul Customer Relationship Management Studi Kasus Rumah Makan Nasi Uduk “BABE.” Journal of Computer System and Informatics (JoSYC), 2(1), 37–43.

Wibisono, S. (2005). Enterprise Resource Planning (ERP) Solusi Sistem Informasi Terintegrasi.

Widyaningdyah, A. U. (2019). Implementasi enterprise resource planning dan proses akuntansi: Studi eksploratori pada perusahaan manufaktur skala besar. Journal of Business and Information Systems (e-ISSN: 2685-2543), 1(2), 89–102. https://doi.org/10.36067/jbis.v1i2.25




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/mr.v6i2.7563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________ 

Journal of Management Review indexed by:

Journal of Management Review ISSN  2580-4138 (Print) and ISSN 2579-812X (Online))

_______________________________________________________________________________________________ 

Reference Mamanagement Tools

_______________________________________________________________________________________________