PENGARUH MARKETING MIX DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN PRODUK TABUNGAN (Studi pada BNI Tasikmalaya Kantor Cabang Pembantu Ciamis)

Fuzi Prayoga, Enas Enas, Ferey Herman

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah keputusan nasabah untuk menggunakan produk tabungan pada BNI Tasikmalaya, Kantor Cabang Pembantu Ciamis masih kurang. Hal ini dibuktikan dengan jumlah nasabah tabungan yang mengalami fluktuasi. Dengan demikian maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh marketing mix terhadap keputusan nasabah menggunakan produk tabungan. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah menggunakan produk tabungan. Pengaruh marketing mix dan kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah menggunakan produk tabungan. Jenis penelitian ini adalah survey eksplanatori sedangkan teknik analisis data yaitu statistik deskriptif. Analisis statistik induktif (inferensial) dengan regresi berganda (multiple regression). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa bauran pemasaran cenderung tinggi, begitu juga dengan keputusan menggunakan produk tabungan yang tinggi. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang kuat dari marketing mix terhadap keputusan menggunakan produk tabungan, artinya jika marketing mix meningkat, maka akan diikuti oleh peningkatan keputusan menggunakan produk tabungan. Kualitas pelayanan cenderung tinggi, begitu juga dengan keputusan menggunakan produk tabungan yang tinggi.Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang kuat dari Kualitas pelayanan terhadap keputusan menggunakan produk tabungan. Artinya jika Kualitas pelayanan meningkat, maka akan diikuti oleh peningkatan keputusan menggunakan produk tabungan. Marketing mix dan kualitas pelayanan cenderung tinggi, begitu juga dengan keputusan menggunakan produk tabungan yang tinggi. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang kuat dari marketing mix dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menggunakan produk tabungan. Artinya jika marketing mix dan kualitas pelayanan meningkat, maka akan diikuti oleh peningkatan keputusan menggunakan produk tabungan

Keywords


Marketing Mix, Kualitas Pelayanan, Keputusan Menggunakan Tabungan

References


Agnes Ulus (2013 Marketing mix Pengaruhnya terhadap Keputusan Penggunaan Mobil Daihatsu pada PT. Astra Internasional Manado

Alma, 2016. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Alphabeta.

Anggoro Dwi Kurniawan dan Sri Rahayu Astuti. Pengaruh produk, promosi, dan terhadap keputusan penggunaan.

Arikunto, 2018. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Hurriyati, 2017. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen.Alfabeta.

Kehler 2017. Marketing Mix. Jakarta: Pustaka Media.

Sarina Kodu. Pengaruh kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan penggunaan

Tjiptono. 2015. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo

Baharun, H., Enas, E., & Noviana, R. L. (2022). Quality Improvement as A Strategy to Build Pesantren’s Brand Credibility. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 529–538. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1583

Budianto, A., Darmawati Bastaman, I., & Herman, F. (2020). Promotion Mix, Individual Internal Environment, And Purchase Decision Making in Minimarket. In Jurnal Bisnis dan Manajemen (Vol. 21, Issue 1).

Darna, N., Faridah, E., Lestari, M. N., & Tinia, A. G. (2024). Talent Management in Facing The Demand Of Environmental Changes: A Study In Galuh University. Sosiohumaniora, 26(1), 79–85. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v26i1.47161

Mulyatini, N., Herlina, E., Akbar, D. S., & Eko Prabowo, F. H. (2023). Analisis potensi pembentukan kawasan industri hasil tembakau dalam perspektif ekonomi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 9(1), 334. https://doi.org/10.29210/020231920

Mulyatini, N., Herlina, E., Faridah, E., & Rozak, D. A. (1860). Human Capital Management Model: A Perspective of Internal Supervision in Indonesia. Talent Development & Excellence, 12(1), 1860–1868. http://www.iratde.com

Nuryani, L. K., Enas, E., Herman, M., Wahyudi, E., & Dianawati, L. (2022). Teachers’ Perceptions of Academic Supervision in a Pandemic Era; Phenomenological Review. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(3), 679–692. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i3.3646

Sari, P., Muzaki, I. S., Mulyatini, N., Faridah, E., & Prawiranegara, B. (2019). Local own Revenue, Decentralization and Local Financial Independent. Jurnal Manajemen Indonesia, 19(3), 250. https://doi.org/10.25124/jmi.v19i3.2413




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jmr.v8i2.7657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________ 

Journal of Management Review indexed by:

Journal of Management Review ISSN  2580-4138 (Print) and ISSN 2579-812X (Online))

_______________________________________________________________________________________________ 

Reference Mamanagement Tools

_______________________________________________________________________________________________