PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KINERJA DOKTER JAGA TERHADAP KEPUASAN PASIEN (Studi Pada Rumah Sakit Umum Daerah Cilacap)

Agung Wibowo, Apri Budianto, Aan Anwar Sihabudin

Abstract


Dalam pelayanan kesehatan, kualitas pelayanan menempatkan pasien sebagai pihak yang mengkonsumsi dan menikmati jasa pelayanan kesehatan termasuk yang paling menentukan kualitas jasa. Dengan penilaian kualitas maka mendorong pasien untuk menjalin ikatan hubungan yang kuat dengan pemberi layananan. Namun pada kenyataannya, berdasarkan hasil Survai Kepuasan Masyarakat yang telah dilaksanakan terhadap pasien, menghasilkan tingkat kepuasan yang fluktuatif. Hal tersebut berarti kualitas pelayanan dan kepuasan masyarakat bersifat naik turun, sehingga langkah RSUD Cilacap untuk meningkatkan layanan demi peningkatan kepuasan pasien perlu segera untuk dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui 1). pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien, 2). pengaruh kinerja dokter jaga terhadap kepuasan pasien dan 3). pengaruh kualitas pelayanan dan kinerja dokter jaga terhadap kepuasan pasien. Karena itu penelitian ini menggunakan kuantitatif yang selanjutnya data diinterpretasi sehingga menghasilkan data deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan kueisoner, dan analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penenelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan kinerja dokter berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien. Apabila kualitas pelayanan dan kinerja dokter jaga semakin baik, maka kepuasan pasien juga akan semakin meningkat, begitu pula sebaliknya.

Keywords


Kualitas Pelayanan, Kinerja Dokter Jaga, Kepuasan Pasien

References


Akdon dan Riduwan. (2008). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.

Anthony, R. N., & Govindarajan, V. (2011). Sistem Pengendalian Manajemen. Jilid 1&2 (12th ed.). Tangerang: Salemba Empat.

Aulia, R., Adhani, R., Taufiqurrahman, I., dan Hatta, I. (2017) Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut terhadap Kepuasan Pasien BPJS di Layanan Primer Banjarmasin. Dentino Jurnal Kedokteran Gigi, Vol II. No 1.

Azwar, Asrul. (1994). Manajemen Kualitas Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Pustaka Sinar. Harapan.

Azwar, A., (2005). Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Bernardin, H.J. and Russell, J.E. (2002). Human Resource Management AnExperiential Approach. New York: McGraw-Hill.

Budhiarta, Iwan. (2019). Model Hsq-Metrix: Untuk Pengukuran Kualitas Layanan Kesehatan Dan Rumah Sakit Di Banda Aceh. Pasuruan: Qiara Media.

Dwiyanto, Agus. (2005). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan. Publik. Pustaka Pelajar. Yogyakarta. Barata Atep Adya

Fandy, Tjiptono & Anastasia,Diana. (2010). Total Quality Management, Edisi. Revisi, Yogyakarta: Andi Offset.

Gaspersz, Vincent. (2010). Total Quality Management (TQM). Jakarta: PT. Gramedia.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19 (edisi kelima). Semarang : Universitas Diponegoro.

Gurning, Busmin dan Effi Aswita Lubis. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: K-Media.

Hasibuan, M.S.P. (2001). Organisasi dan Motivasi: Dasar Peningkatan Produktivitas. Bumi Aksara, Jakarta.

Hosang, dkk. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pasien (studi kasus pada RS Siloam Manado). Jurnal berkala ilmiah efisiensi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi. Manado.

Husein, Umar. (2003). Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa. Jakarta : Ghalia Irawan, H, (2007). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan, Jakarta, PT. Elex Media Komputindo.

Jacobalis, S. (1995). Liberalisasi Bisnis Jasa Kesehatan dan Dampaknya Bagi Rumah Sakit Indonesia. Jakarta: IRSJAM.

Kotler, Philip dan Armstrong. (2000). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi 12. Erlangga: Jakarta.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran,Edisi Milenium. Jakarta: PT.Prehalindo.

Baharun, H., Enas, E., & Noviana, R. L. (2022). Quality Improvement As A Strategy to Build Pesantren’s Brand Credibility. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 529–538. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1583

Budianto, A., Darmawati Bastaman, I., & Herman, F. (2020). PROMOTION MIX, INDIVIDUAL INTERNAL ENVIRONMENT, AND PURCHASE DECISION MAKING IN MINIMARKET. In Jurnal Bisnis dan Manajemen (Vol. 21, Issue 1).

Darna, N., Faridah, E., Lestari, M. N., & Tinia, A. G. (2024). TALENT MANAGEMENT IN FACING THE DEMAND OF ENVIRONMENTAL CHANGES: A STUDY IN GALUH UNIVERSITY. Sosiohumaniora, 26(1), 79–85. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v26i1.47161

Mulyatini, N., Herlina, E., Akbar, D. S., & Eko Prabowo, F. H. (2023). Analisis potensi pembentukan kawasan industri hasil tembakau dalam perspektif ekonomi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 9(1), 334. https://doi.org/10.29210/020231920

Mulyatini, N., Herlina, E., Faridah, E., & Rozak, D. A. (1860). Human Capital Management Model: A Perspective of Internal Supervision In Indonesia. Talent Development & Excellence, 12(1), 1860–1868. http://www.iratde.com

Nuryani, L. K., Enas, E., Herman, M., Wahyudi, E., & Dianawati, L. (2022). Teachers’ Perceptions of Academic Supervision in a Pandemic Era; Phenomenological Review. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(3), 679–692. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i3.3646

Rahman Sukmara, A., Priadana, S., Machmud, S., Yusuf, E., & Affandi, A. (2022). The Influence of Organizational Culture, Human Resource Capacity Development, and Empowerment of Human Resources on Affective Commitment and Loyalty, and Its Implications on Employee Performance (A Survey on Employees of PT. Kereta Api Indonesia (Persero), Operational Area 2 Bandung). International Journal of Artificial Intelegence Research, 6(1). https://doi.org/10.29099/ijair.v6i1.2.927

Sari, P., Muzaki, I. S., Mulyatini, N., Faridah, E., & Prawiranegara, B. (2019). LOCAL OWN REVENUE, DECENTRALIZATION AND LOCAL FINANCIAL INDEPENDENT. Jurnal Manajemen Indonesia, 19(3), 250. https://doi.org/10.25124/jmi.v19i3.2413


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________ 

Journal of Management Review indexed by:

Journal of Management Review ISSN  2580-4138 (Print) and ISSN 2579-812X (Online))

_______________________________________________________________________________________________ 

Reference Mamanagement Tools

_______________________________________________________________________________________________