PENGARUH STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP MINAT KREDIT BRANCH CREDIT MANAGEMENT (BCM) (Studi pada BNI Kantor Cabang Utama Tasikmalaya)

Novia Primaditya, Apri Budianto, Irma Darmawati Bastaman

Abstract


Penelitian ini berlatarbelakang minat nasabah kredit BCM pada BNI Cabang Tasikmalaya mengalami fluktuatif, mengingat keadaan ekonomi secara makro mengalami perubahan signifikan yang disebabkan karena pandemi yang melanda negara kita. Strategi komunikasi pemasaran yang ada pada pada BNI Cabang Tasikmalaya masih perlu ditingkatkan. Komunikasi pemasaran yang digunakan belum mampu meningkatkan menarik nasabah untuk melakukan kredit BCM, Dengan demikian maka tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran pada BNI Cabang Tasikmalaya. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan minat kredit BCM pada BNI Cabang Tasikmalaya. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh strategi komunikasi pemasaran terhadap minat kredit BCM pada BNI Cabang Tasikmalaya. Sedangkan metode yang diginakan adalah penelitian bersifat deskriptif dan verifikatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa strategi komunikasi pemasaranm berdasarkan tanggapan responden diperoleh jumlah akumulasi nilai dengan total skor 4366. Perolehan skor tertinggi terdapat pada dimensi acara dan pengalaman (even and experiences), dengan jumlah nilai rata-rata 277 dengan kategori tinggi. Perolehan skor terendah terdapat pada dimensi hubungan masyarakat dan publisitas (public relations and publicity), dengan jumlah nilai rata-rata 265 dengan kategori tinggi. Perolehan nilai total skor sebesar 4366 jika dibandingkan dengan tabel 4.21 maka berada pada interval ke-5 yang artinya tanggapan responden terhadap strategi komunikasi pemasaran termasuk ke dalam katagori sangat timggi. Minat kredit Branch Credit Management (BCM) berdasarkan tanggapan resnponden, diperoleh total skor sebesar 4292. Perolehan skor tertinggi terdapat pada dimensi minat preferensial, dengan jumlah nilai rata-rata 273.5 dengan kategori tinggi. Perolehan skor terendah terdapat pada dimensi minat transaksional, dengan jumlah nilai rata-rata 263.5 dengan kategori tinggi. Strategi komunikasi pemasaranm cenderung sangat tinggi begitu juga dengan minat kredit Branch Credit Management (BCM). Hal ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran berpengeruh signifikan terhadap minat kredit branch credit management (BCM) sebesar dengan kategori pengaruh sangat tinggi. Artinya jika strategi komunikasi pemasaran terus dtinkatkan, maka minat kredit branch credit management (BCM) juga akan semakin meningkat. Begitu juga sebaliknya jika strategi komunikasi pemasaran dihentikan atau di turunkan, maka minat kredit branch credit management (BCM) juga akan mengalami penurunan

Keywords


Strategi Komunikasi Pemasaran, Minat Kredit, Branch Credit Management (BCM)

References


Hamrin Abdullah dan Francis Tantri. (2013). Manajemen Pemasaran,. Jakarta: Rajawali Press

Hasan. (2013). Marketting dan Kasus-kasus Pilihan,. Yogyakarta: :CAPS,.

Ismail. (2012). Menggagas bisnis Islam. Jakarta: Gema Insani Press.

Baharun, H., Enas, E., & Noviana, R. L. (2022). Quality Improvement As A Strategy to Build Pesantren’s Brand Credibility. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 529–538. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1583

Budianto, A., Darmawati Bastaman, I., & Herman, F. (2020). PROMOTION MIX, INDIVIDUAL INTERNAL ENVIRONMENT, AND PURCHASE DECISION MAKING IN MINIMARKET. In Jurnal Bisnis dan Manajemen (Vol. 21, Issue 1).

Darna, N., Faridah, E., Lestari, M. N., & Tinia, A. G. (2024). TALENT MANAGEMENT IN FACING THE DEMAND OF ENVIRONMENTAL CHANGES: A STUDY IN GALUH UNIVERSITY. Sosiohumaniora, 26(1), 79–85. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v26i1.47161

Mulyatini, N., Herlina, E., Akbar, D. S., & Eko Prabowo, F. H. (2023). Analisis potensi pembentukan kawasan industri hasil tembakau dalam perspektif ekonomi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 9(1), 334. https://doi.org/10.29210/020231920

Mulyatini, N., Herlina, E., Faridah, E., & Rozak, D. A. (1860). Human Capital Management Model: A Perspective of Internal Supervision In Indonesia. Talent Development & Excellence, 12(1), 1860–1868. http://www.iratde.com

Nuryani, L. K., Enas, E., Herman, M., Wahyudi, E., & Dianawati, L. (2022). Teachers’ Perceptions of Academic Supervision in a Pandemic Era; Phenomenological Review. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(3), 679–692. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i3.3646

Rahman Sukmara, A., Priadana, S., Machmud, S., Yusuf, E., & Affandi, A. (2022). The Influence of Organizational Culture, Human Resource Capacity Development, and Empowerment of Human Resources on Affective Commitment and Loyalty, and Its Implications on Employee Performance (A Survey on Employees of PT. Kereta Api Indonesia (Persero), Operational Area 2 Bandung). International Journal of Artificial Intelegence Research, 6(1). https://doi.org/10.29099/ijair.v6i1.2.927

Sari, P., Muzaki, I. S., Mulyatini, N., Faridah, E., & Prawiranegara, B. (2019). LOCAL OWN REVENUE, DECENTRALIZATION AND LOCAL FINANCIAL INDEPENDENT. Jurnal Manajemen Indonesia, 19(3), 250. https://doi.org/10.25124/jmi.v19i3.2413

Surjaatmadja, S., & Kusniawati, A. (2020). The pharmaceutical cooperatives performance indicators, based on balance scorecard. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(2), 499–506. https://doi.org/10.5530/srp.2020.2.76

Wursan, W., Rinandiyana, L. R., & Badriatin, T. (2021). Social media promotion effect on product purchase decisions through word of mouth marketing. Linguistics and Culture Review, 5(S1), 821-831. https://doi.org/10.37028/lingcure.v5nS1.1466




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jmr.v8i5.7860

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________ 

Journal of Management Review indexed by:

Journal of Management Review ISSN  2580-4138 (Print) and ISSN 2579-812X (Online))

_______________________________________________________________________________________________ 

Reference Mamanagement Tools

_______________________________________________________________________________________________