PENGARUH SALES PROMOTION DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH (Studi pada BNI KANTOR CABANG Tasikmalaya KK Kawali)

Vani Sonia Carascalao, Apri Budianto, Irma Darmawati Bastaman

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh Sales Promotion terhadap keputusan nasabah Bank BNI Tasikmalaya KK Kawali.Mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh Digital Marketing terhadap keputusan nasabah Bank BNI Tasikmalaya KK Kawali. Dan Mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh Sales Promotion dan Digital Marketing terhadap keputusan nasabah Bank BNI Tasikmalaya KK Kawali. Sedangkan metode yang diginakan adalah penelitian bersifat deskriptif dan verifikatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa Tanggapan responden terhadap sales promotion yang di lakukan oleh PT BNI Cabang Tasikmalaya KK Kawali ternasuk kategori baik, begitu juga dengan keputusan nasabah. Dengan demikian maka sales promotion berpengaruh terhadap keputusan nasabah PT BNI Cabang Tasikmalaya KK Kawali. Artinya jika sales promotion meningkat, maka keputusan nasabah PT BNI Cabang Tasikmalaya KK Kawali juga akan mengalami peningkatan. Tanggapan responden terhadap digital marketing yang di lakukan oleh PT BNI Cabang Tasikmalaya KK Kawali ternasuk kategori baik, begitu juga dengan keputusan nasabah. Dengan demikian maka digital marketing berpengaruh terhadap keputusan nasabah PT BNI Cabang Tasikmalaya KK Kawali. Artinya jika digital marketing meningkat, maka keputusan nasabah PT BNI Cabang Tasikmalaya KK Kawali juga akan mengalami peningkatan.Tanggapan responden terhadap sales promotion dan digital marketing yang di lakukan oleh PT BNI Cabang Tasikmalaya KK Kawali ternasuk kategori baik, begitu juga dengan keputusan nasabah. Dengan demikian maka sales promotion dan digital marketing berpengaruh terhadap keputusan nasabah PT BNI Cabang Tasikmalaya KK Kawali. Artinya jika sales promotion dan digital marketing meningkat, maka keputusan nasabah PT BNI Cabang Tasikmalaya KK Kawali juga akan mengalami peningkatan.

Keywords


Sales Promotion, Digital Marketing, Keputusan Nasabah

References


Aini dan Hapsari, 2019. Pengaruh Kompetensi dan Independensi terhadap Kualitas Audit dengan Etika Auditor Sebagai Variabel Moderasi, Simposium Nasional Akuntansi X, Unhas Makassar, 26-28 Juli 2017.

Armstrong, 2015. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Chadwick, 2016. Digital Marketing Strategy. Jakarta: Rajawali Pers.

George, Owusu, Isaac Sakyi., Hoedoafia, Mabel., & Atakorah, Yaw Boateng. 2016.. The Effect of Work Environment on Job Satisfaction: Evidence from the Banking Sector in Ghana. Journal of Human Resources Management.Sciene Pbulishing Group.

Hanafizadeh Payam Et al. 2014. Principles of Human Resource Management. 15th ed. Mason, OH: South Western Cengage Learning.

Hermawan.2012. Organisasi Citizenship. Aflaj. International Journal of Innovation and Research in Educational Sciences. Vol.2, Issue no.2, 1-9.

Nour, Almahirah, Said, Freihat. 2014.. Pengaruh dari Elemen-Elemen Bauran Promosi pada Keputusan Pembelian Konsumen. Volume 1. Nomer 1. Februari 2014.

Priansa. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media sosial. Bandung: Pustaka Setia.

Baharun, H., Enas, E., & Noviana, R. L. (2022). Quality Improvement As A Strategy to Build Pesantren’s Brand Credibility. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 529–538. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1583

Budianto, A., Darmawati Bastaman, I., & Herman, F. (2020). PROMOTION MIX, INDIVIDUAL INTERNAL ENVIRONMENT, AND PURCHASE DECISION MAKING IN MINIMARKET. In Jurnal Bisnis dan Manajemen (Vol. 21, Issue 1).

Darna, N., Faridah, E., Lestari, M. N., & Tinia, A. G. (2024). TALENT MANAGEMENT IN FACING THE DEMAND OF ENVIRONMENTAL CHANGES: A STUDY IN GALUH UNIVERSITY. Sosiohumaniora, 26(1), 79–85. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v26i1.47161

Mulyatini, N., Herlina, E., Akbar, D. S., & Eko Prabowo, F. H. (2023). Analisis potensi pembentukan kawasan industri hasil tembakau dalam perspektif ekonomi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 9(1), 334. https://doi.org/10.29210/020231920

Mulyatini, N., Herlina, E., Faridah, E., & Rozak, D. A. (1860). Human Capital Management Model: A Perspective of Internal Supervision In Indonesia. Talent Development & Excellence, 12(1), 1860–1868. http://www.iratde.com

Nuryani, L. K., Enas, E., Herman, M., Wahyudi, E., & Dianawati, L. (2022). Teachers’ Perceptions of Academic Supervision in a Pandemic Era; Phenomenological Review. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(3), 679–692. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i3.3646

Rahman Sukmara, A., Priadana, S., Machmud, S., Yusuf, E., & Affandi, A. (2022). The Influence of Organizational Culture, Human Resource Capacity Development, and Empowerment of Human Resources on Affective Commitment and Loyalty, and Its Implications on Employee Performance (A Survey on Employees of PT. Kereta Api Indonesia (Persero), Operational Area 2 Bandung). International Journal of Artificial Intelegence Research, 6(1). https://doi.org/10.29099/ijair.v6i1.2.927

Sari, P., Muzaki, I. S., Mulyatini, N., Faridah, E., & Prawiranegara, B. (2019). LOCAL OWN REVENUE, DECENTRALIZATION AND LOCAL FINANCIAL INDEPENDENT. Jurnal Manajemen Indonesia, 19(3), 250. https://doi.org/10.25124/jmi.v19i3.2413

Surjaatmadja, S., & Kusniawati, A. (2020). The pharmaceutical cooperatives performance indicators, based on balance scorecard. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(2), 499–506. https://doi.org/10.5530/srp.2020.2.76

Sangadji, Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen pendekatan praktis disertai kumpulan jurnal.Bogor: KDT.

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif RD. Jakarta: Alphabeta.

Sumarman. 2012. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Menabung Britama di Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia Muara Bungo

Terry. 2015. Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Pustaka Setia.

Undang-undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang perbankan




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jmr.v9i1.7958

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________ 

Journal of Management Review indexed by:

Journal of Management Review ISSN  2580-4138 (Print) and ISSN 2579-812X (Online))

_______________________________________________________________________________________________ 

Reference Mamanagement Tools

_______________________________________________________________________________________________