ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENGEMBANGKAN PRODUK PERBANKAN (Studi Kasus pada BNI Cabang Banjar)

Fahmi Fahmi, Enas Enas, Ferey Herman

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan berawal dari adanya masalah, dimana produk perbankan dalam bentuk himpunan dana pihak ketiga dalam bentuk tabungan, giro dan deposito masih belum mencapai target yang telah di tentukan. Strategi komunikasi pemasaran yang digunakan untuk mengembangkan produk perbankan masih belum optimal. Dengan demikian maka tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan mendekripsikan strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan untuk mengembangkan produk-produk perbankan pada bank BNI Cabang Banjar. Untuk mengetahui dan mendekripsikan pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran yang digunakan untuk mengembangkan produk perbankan. Untuk mengetahui dan mendekripsikan upaya untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanaan Strategi komunikasi pemasaran yang digunakan bertujuan untuk mengembangkan produk perbankan. Sedangkan metode yang diginakan adalah penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa Strategi Komunikasi Pemasaran yang Diterapkan untuk Mengembangkan Produk-Produk Perbankan pada Bank BNI Cabang Banjar, dilakukan dengan enam langkah yaitu Calon pelanggan (prospecting), pendekatan, pertemuan, menceritakan produk (presentation)m menangani keberatan pelanggan (handling objection), dan penutup penjualan (closing). Hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran yang digunakan bertujuan untuk mengembangkan produk perbankan adalah minimya SDM yang ada, minimnya inovasi produk. .Ketatnya persaingan dari lembaga keuangan lain dan bencana alam yang merugikan pihak bank. Upaya yang dilakukan oleh PT Bank BNI Cabang Banjar, untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran yang digunakan untu mengembangkan produk perbankan adalah dengan melakukan rekruting, dan pembaharuan selama enam bulan sekali, memperluas target pemasaran, memunculkan produk baru untuk mengimbangi lembaga keuangan lainnya dan memperbaruhi sistem operasional dengan menyesuaikan keadaan yang sedang terjadi.

Keywords


strategi komunikasi, pemasaran produk tabungan, mengembangkan produk perbankan

References


Effendy, 2013. Asas-asas Manajemen. Depok: KDT

Hadiono. 2015. Strategi Komuikasi Pemasaran PT. Global Informasi Bermutu (Global tv) Jakarta.

Hallan, 2017. Manajemen komunikasi. Jakarta: Grafindo.

Baharun, H., Enas, E., & Noviana, R. L. (2022). Quality Improvement As A Strategy to Build Pesantren’s Brand Credibility. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 529–538. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1583

Budianto, A., Darmawati Bastaman, I., & Herman, F. (2020). PROMOTION MIX, INDIVIDUAL INTERNAL ENVIRONMENT, AND PURCHASE DECISION MAKING IN MINIMARKET. In Jurnal Bisnis dan Manajemen (Vol. 21, Issue 1).

Darna, N., Faridah, E., Lestari, M. N., & Tinia, A. G. (2024). TALENT MANAGEMENT IN FACING THE DEMAND OF ENVIRONMENTAL CHANGES: A STUDY IN GALUH UNIVERSITY. Sosiohumaniora, 26(1), 79–85. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v26i1.47161

Mulyatini, N., Herlina, E., Akbar, D. S., & Eko Prabowo, F. H. (2023). Analisis potensi pembentukan kawasan industri hasil tembakau dalam perspektif ekonomi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 9(1), 334. https://doi.org/10.29210/020231920

Mulyatini, N., Herlina, E., Faridah, E., & Rozak, D. A. (1860). Human Capital Management Model: A Perspective of Internal Supervision In Indonesia. Talent Development & Excellence, 12(1), 1860–1868. http://www.iratde.com

Nuryani, L. K., Enas, E., Herman, M., Wahyudi, E., & Dianawati, L. (2022). Teachers’ Perceptions of Academic Supervision in a Pandemic Era; Phenomenological Review. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(3), 679–692. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i3.3646

Rahman Sukmara, A., Priadana, S., Machmud, S., Yusuf, E., & Affandi, A. (2022). The Influence of Organizational Culture, Human Resource Capacity Development, and Empowerment of Human Resources on Affective Commitment and Loyalty, and Its Implications on Employee Performance (A Survey on Employees of PT. Kereta Api Indonesia (Persero), Operational Area 2 Bandung). International Journal of Artificial Intelegence Research, 6(1). https://doi.org/10.29099/ijair.v6i1.2.927

Sari, P., Muzaki, I. S., Mulyatini, N., Faridah, E., & Prawiranegara, B. (2019). LOCAL OWN REVENUE, DECENTRALIZATION AND LOCAL FINANCIAL INDEPENDENT. Jurnal Manajemen Indonesia, 19(3), 250. https://doi.org/10.25124/jmi.v19i3.2413

Surjaatmadja, S., & Kusniawati, A. (2020). The pharmaceutical cooperatives performance indicators, based on balance scorecard. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(2), 499–506. https://doi.org/10.5530/srp.2020.2.76

Lita Dewi Wulandari. 2011. Pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap image produk BRI Call Banking.

Namira Siregar.. 2019. Strategi komunikasi pt. Bank Mandiri Kantor Cabang Padangsidimpuan Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah.

Rizka Amalia Putri. 2012. Strategi Komunikasi Pemasaran Untuk Meningkatkan Kepuasan Nasabah Terhadap Pelayanan Dan Produk Kredit Bank

R. Wayne pace, B. D. (2011). Komunikasi dalam pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Sukmadinata, 2014. Metodologi penelitian. Jakarta: Gramedia.

Surakhmad, 2014. Metode Penelitian. Bandung: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jmr.v9i2.8148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________ 

Journal of Management Review indexed by:

Journal of Management Review ISSN  2580-4138 (Print) and ISSN 2579-812X (Online))

_______________________________________________________________________________________________ 

Reference Mamanagement Tools

_______________________________________________________________________________________________