PENGARUH FASILITAS PARIWISATA DAN EXPERIENTIAL PURCHASING TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG (Studi pada Pengunjung Destinasi Wisata di Kota Tasikmalaya)

Ardis Sudiaman, Enas Enas, Ferey Herman

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa masalah yang berhasil diidentifikasi sebagai berikut: Sebagian besar fasilitas wisata di Kota Tasikmalaya masih belum tertata dengan baik, seperti masih kurangnya WC untuk pengunjung, masih rusaknya jalan menuju tempat wisata dan sebagainya. Pelaksanaan experiential purchasing pada objek wisata yang ada di Kota Tasikmalaya masih belum maksimal. Kepuasan pengunjung masih belum optimal. Hal ini tampak dari jumlah pengunjung domestik di tahun 2020 mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun 2019. Hal ini sangat dimaklumi bahwa di tahun 2020 seluruh dunia mengalami bencana kesehatan, sehingga seluruh objek wisata mengalami penutupan. Dengan demikian maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: Pengaruh fasilitas pariwisata terhadap kepuasan pengunjung Destinasi Wisata di Kota Tasikmalaya. Pengaruh Experiential Purchasing terhadap kepuasan pengunjung Destinasi Wisata di Kota Tasikmalaya. Pengaruh fasilitas pariwisata dan Experiential Purchasing terhadap kepuasan pengunjung Destinasi Wisata di Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan adalah deskriptif survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fasilitas pariwisata pada Destinasi Wisata di Kota Tasikmalaya, menurut hasil tanggapan responden cendetung baik. Begitu juga dengan kepuasan pengunjung, cenderung puas. Dengan demikian maka terdapat pengaruh fasilitas pariwisata terhadap kepuasan pengunjung Destinasi Wisata di Kota Tasikmalaya. Experiential purchasing pada Destinasi Wisata di Kota Tasikmalaya, menurut hasil tanggapan responden cendetung baik. Begitu juga dengan kepuasan pengunjung, cenderung puas. Dengan demikian maka terdapat pengaruh experiential purchasing terhadap kepuasan pengunjung Destinasi Wisata di Kota Tasikmalaya. Fasilitas pariwisata dan experiential purchasing pada Destinasi Wisata di Kota Tasikmalaya, menurut hasil tanggapan responden cendetung baik. Begitu juga dengan kepuasan pengunjung, cenderung puas. Dengan demikian maka terdapat pengaruh fasilitas pariwisata dan experiential purchasing terhadap kepuasan pengunjung Destinasi Wisata di Kota Tasikmalaya

Keywords


Fasilitas Pariwisata, Experiential Purchasing, Kepuasan Pengunjung

References


Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa,. Bandung: Alphabeta

Burton. ( 2015). manajemen pelayanan. Jakarta: Salemba Empat .

Effendi. (2017). Ilmu Komunikasi, manajemen, teori dan praktek. bandung : Rosdakarya .

Baharun, H., Enas, E., & Noviana, R. L. (2022). Quality Improvement As A Strategy to Build Pesantren’s Brand Credibility. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 529–538. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1583

Budianto, A., Darmawati Bastaman, I., & Herman, F. (2020). PROMOTION MIX, INDIVIDUAL INTERNAL ENVIRONMENT, AND PURCHASE DECISION MAKING IN MINIMARKET. In Jurnal Bisnis dan Manajemen (Vol. 21, Issue 1).

Dadi, D. (2021). Women Empowerment in Indonesia: Community Learning Activity Center Programs. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 1823–1834. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.1152

Darna, N., Faridah, E., Lestari, M. N., & Tinia, A. G. (2024). TALENT MANAGEMENT IN FACING THE DEMAND OF ENVIRONMENTAL CHANGES: A STUDY IN GALUH UNIVERSITY. Sosiohumaniora, 26(1), 79–85. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v26i1.47161

Darna, N., Setiawan, I., Basari, M. A., & Kasman, K. (2024). JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Smart strategy in statistics: choosing appropriate test tools for data and hypotheses in quantitative research-NC-SA license (https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0). 10(2), 843–851. https://doi.org/10.29210/020243691

Mulyatini, N., Herlina, E., Akbar, D. S., & Eko Prabowo, F. H. (2023). Analisis potensi pembentukan kawasan industri hasil tembakau dalam perspektif ekonomi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 9(1), 334. https://doi.org/10.29210/020231920

Mulyatini, N., Herlina, E., Faridah, E., & Rozak, D. A. (1860). Human Capital Management Model: A Perspective of Internal Supervision In Indonesia. Talent Development & Excellence, 12(1), 1860–1868. http://www.iratde.com

Nuryani, L. K., Enas, E., Herman, M., Wahyudi, E., & Dianawati, L. (2022). Teachers’ Perceptions of Academic Supervision in a Pandemic Era; Phenomenological Review. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(3), 679–692. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i3.3646

Rahman Sukmara, A., Priadana, S., Machmud, S., Yusuf, E., & Affandi, A. (2022). The Influence of Organizational Culture, Human Resource Capacity Development, and Empowerment of Human Resources on Affective Commitment and Loyalty, and Its Implications on Employee Performance (A Survey on Employees of PT. Kereta Api Indonesia (Persero), Operational Area 2 Bandung). International Journal of Artificial Intelegence Research, 6(1). https://doi.org/10.29099/ijair.v6i1.2.927

Sari, P., Muzaki, I. S., Mulyatini, N., Faridah, E., & Prawiranegara, B. (2019). LOCAL OWN REVENUE, DECENTRALIZATION AND LOCAL FINANCIAL INDEPENDENT. Jurnal Manajemen Indonesia, 19(3), 250. https://doi.org/10.25124/jmi.v19i3.2413

Surjaatmadja, S., & Kusniawati, A. (2020). The pharmaceutical cooperatives performance indicators, based on balance scorecard. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(2), 499–506. https://doi.org/10.5530/srp.2020.2.76

Fransiska. (2016). manajemen pemasaran jasa . Jakarta: Gramedia .

Ghozali. (2015). Metode penelitian . Jakarta: Pustaka setia .

Ibrahim. (2019). manajemen pemasaran jasa . Jakarta: Raja Grafindo .

Irawan. (2015). Potensi Objek wisata Air serdang . Jakarta: Prenada Press .

Juwandi. (2018). Kepuasan pelayanan jasa. Jakarta: Erlangga.

Kartajaya. (2016 ). Marketing management. Jakarta: Gramedia.

Kotler, P. &. (2017). Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall .

Middleton. (2019). teori total tourism product . New Jersey: Print hall.

Palilati, A. (2014). Pengaruh nilai pelanggan, kepuasan terhadap loyalitas pengunjung . Sulawesi: Kristen petra.

Simamora. (2018). Manajemen sumber daya manusia . Jakarta: Bumi Aksara .

Suwantoro. (2017). Dasar-dasar Pariwisata. Jakarta: Rineka Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jmr.v9i3.8237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________ 

Journal of Management Review indexed by:

Journal of Management Review ISSN  2580-4138 (Print) and ISSN 2579-812X (Online))

_______________________________________________________________________________________________ 

Reference Mamanagement Tools

_______________________________________________________________________________________________