ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH DALAM PERMINTAAN KREDIT (Studi pada BNI Cabang Tasikmalaya KCP Ciamis)

Yucki Kusmawan, Apri Budianto, Irma Darmawati Bastaman

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada faktor-faktor yang berpengaruh dalam permintaan kredit pada BNI Tasikmalaya KCP Ciamis. Sementara oti hasil-hasil penelitian terdahulu, ditemukan sejumlah rujukan yang mengarah pada pentingnya mengangkat topik penelitian akan mekanisme terwujudnya permintaan kredit, maka pada penelitian ini dikembangkan berbagai faktor yang berkaitan dengan permintaan kredit nasabah. . Dengan demikian maka tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui faktor-faktor yang paling dominan dalam permintaan kredit pada bank BNI Cabang Tasikmalaya. Untuk mengetahui hambatan yang dihadapi oleh bank BNI dalam meningkatkan permintaan kredit pada bank BNI Cabang Tasikmalaya. Mengetahui upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan yang dihadapi oleh bank BNI dalam meningkatkan permintaan kredit pada bank BNI Cabang Tasikmalaya. Sedangkan metode yang diginakan adalah penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa Terdapat dua faktor- yang paling dominan dalam permintaan kredit pada Bank BNI Cabang Tasikmalaya KCP Ciamis yaitu faktor krisis ekonomi dan faktor kondisi atau area bank mudah dijangkau. Di mana seluruh informan menyatakan sangat setuju jika krisis ekonomi dan faktor kondisi atau area bank mudah dijangkau, dapat mempengaruhi permintaan kredit. Sedangkan faktor medium atau yang berpengaruh sedang adalah faktor tingkat suku bunga, Produk Domestik Regional Bruto, Faktor penilaian aset, Proses Service Level Agreement (SLA) yang cepat, Keberadaan kredit limit KUR yang besar dibandingkan dengan bank lain, Pelayanan dan Keputusan pemberian kredit perusahaan. Hambatan yang dihadapi oleh bank BNI dalam meningkatkan permintaan kredit pada bank BNI Cabang Tasikmalaya, sebagian besar terdiri dari kondisi perekonomian, regulasi pemerintah untuk melakukan BI Cheking dan karakter nasabah yang tidak menggunakan dana pinjalam sesuai ketentuan. Sehingga dalam proses peningkatan kredit menjadi hambatan. Upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan yang dihadapi oleh bank BNI dalam meningkatkan permintaan kredit pada bank BNI Cabang Tasikmalaya KCP Ciamis sebagian besar memberikan jawaban dengan melakukan penurunan suku bunga oleh pihak bank agar masyarakat menjadi terbantu dan pembinaan oleh pihak bank kepada nasabah yang melakukan kredit tidak sesuai dengan tujuan utamanya.

Keywords


Faktor-Faktor Permintaan Kredit

References


Riyanti Jabir. ( 2010). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Karya Medika .

Amstrong, K. d. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta: PT Indeks.

Baharun, H., Enas, E., & Noviana, R. L. (2022). Quality Improvement As A Strategy to Build Pesantren’s Brand Credibility. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 529–538. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1583

Budianto, A., Darmawati Bastaman, I., & Herman, F. (2020). PROMOTION MIX, INDIVIDUAL INTERNAL ENVIRONMENT, AND PURCHASE DECISION MAKING IN MINIMARKET. In Jurnal Bisnis dan Manajemen (Vol. 21, Issue 1).

Dadi, D. (2021). Women Empowerment in Indonesia: Community Learning Activity Center Programs. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 1823–1834. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.1152

Darna, N., Faridah, E., Lestari, M. N., & Tinia, A. G. (2024). TALENT MANAGEMENT IN FACING THE DEMAND OF ENVIRONMENTAL CHANGES: A STUDY IN GALUH UNIVERSITY. Sosiohumaniora, 26(1), 79–85. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v26i1.47161

Darna, N., Setiawan, I., Basari, M. A., & Kasman, K. (2024). JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Smart strategy in statistics: choosing appropriate test tools for data and hypotheses in quantitative research-NC-SA license (https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0). 10(2), 843–851. https://doi.org/10.29210/020243691

Mulyatini, N., Herlina, E., Akbar, D. S., & Eko Prabowo, F. H. (2023). Analisis potensi pembentukan kawasan industri hasil tembakau dalam perspektif ekonomi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 9(1), 334. https://doi.org/10.29210/020231920

Mulyatini, N., Herlina, E., Faridah, E., & Rozak, D. A. (1860). Human Capital Management Model: A Perspective of Internal Supervision In Indonesia. Talent Development & Excellence, 12(1), 1860–1868. http://www.iratde.com

Nuryani, L. K., Enas, E., Herman, M., Wahyudi, E., & Dianawati, L. (2022). Teachers’ Perceptions of Academic Supervision in a Pandemic Era; Phenomenological Review. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(3), 679–692. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i3.3646

Rahman Sukmara, A., Priadana, S., Machmud, S., Yusuf, E., & Affandi, A. (2022). The Influence of Organizational Culture, Human Resource Capacity Development, and Empowerment of Human Resources on Affective Commitment and Loyalty, and Its Implications on Employee Performance (A Survey on Employees of PT. Kereta Api Indonesia (Persero), Operational Area 2 Bandung). International Journal of Artificial Intelegence Research, 6(1). https://doi.org/10.29099/ijair.v6i1.2.927

Sari, P., Muzaki, I. S., Mulyatini, N., Faridah, E., & Prawiranegara, B. (2019). LOCAL OWN REVENUE, DECENTRALIZATION AND LOCAL FINANCIAL INDEPENDENT. Jurnal Manajemen Indonesia, 19(3), 250. https://doi.org/10.25124/jmi.v19i3.2413

Surjaatmadja, S., & Kusniawati, A. (2020). The pharmaceutical cooperatives performance indicators, based on balance scorecard. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(2), 499–506. https://doi.org/10.5530/srp.2020.2.76

Hasibuan. (2014). Manajemen Sumber daya manusia. Jakarta: Prenada .

Jumingan. (2017). Analisis Laporan keuangan. Jakarta: Bumi Aksara.

kasmir. (2016). Analisis Laporan keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo .

Kotler, P. (2018). Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Alih bahasa: Teguh,. Jakarta: Prenada .

Moleong, L. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Naja. (2014). Manajemen Kredit. bandung: Mandar Maju .

Natar. (2018). Kredit dan permasalahan. Jakarta: Andi .

Puspopranoto, S. (2014). Teori akuntansi perekayasaan pelaporan keuangan. Jakarta: Gramedia .




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jmr.v9i3.8279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________ 

Journal of Management Review indexed by:

Journal of Management Review ISSN  2580-4138 (Print) and ISSN 2579-812X (Online))

_______________________________________________________________________________________________ 

Reference Mamanagement Tools

_______________________________________________________________________________________________