Pengaruh Faktor Kemudahan Penggunaan Terhadap Persepsi Konsumen Gopay Pada Pegawai SKK Migas Divisi Pengadaan Kota Jakarta

Lati Sari Dewi, Asep Saeful Falah

Abstract


Abstract – Terdapat faktor yang membuat GoPay menjadi pemimpin pasar pada bidang e-wallet di negara Indonesia, faktor tersebut adalah Kemudahan Penggunaan, faktor ini menjadi variabel bebas dalam penelitian yang akan dikaitkan dengan variabel terikat Persepsi Konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Berdasarkan tipe analisis pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan analisis linear sederhana. Sampel pada penelitian ini sebanyak 30 responden yang merupakan pegawai SKK Migas divisi pengadaan Kota Jakarta yang merupakan pengguna dari aplikasi GoPay . Pengumpulan data menggunakan kuisioner online Google Form. Pengolahan data yang didapat lalu diolah dengan software statistik IBM SPSS Versi 26. Hasil dari penelitian ini berupa tanggapan responden terhadap faktor kemudahan penggunaan yang mempengaruhi persepsi konsumen GoPay dapat dikategorikan sangat baik, serta tanggapan responden terhadap persepsi konsumen GoPay termasuk pada kategori sangat baik.
Hasil uji pengaruh variabel bebas yaitu Kemudahan Penggunaan terbukti berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu persepsi konsumen GoPay

Full Text:

PDF

References


Andryanto, Reza. (2016). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Manfaat, dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Beli di Toko Online (Studi Empiris yang dilakukan pada OLX.co.id di Yogyakarta). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

Aryani, Yustina. (2018). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan GO-JEK (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Layanan Go-Ride dan Go-Food di Universitas Negeri Yogyakarta). Skripsi. Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Budi, Nurcahya Agung Sulistya. (2015). Pengaruh Motivasi, Persepsi Kualitas, dan Sikap konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Android Samsung. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Budiman, Sturmius Jovial. (2019). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease To Use, Perceived Risk dan Attitude Terhadap Intention To Use Pada Mahasiswa Calon Pengguna E money Gopay di Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

Bugembe, Juliet. (2003). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Attitude, and Actual Usage of A New Financial Management System: A Case Study of Uganda National Examination Board. Markerere University Business School.

C. Manoppo, Marisca. (2015). Pengaruh Persepsi, Sikap dan Motivasi Konsumen Terhadap Minat Penggunaan Jasa Pengiriman TIKI di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal riset ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, Vol. 3 No. 1.

Davis, Fred D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13, 319.

Edi, Sarwo. (2013). Pengaruh Citra Merek, Sikap Konsumen dan Asosiasi Merek Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Empiris Pertimbangan Mahasiswa UNNES Dalam Pembelian Laptop Toshiba). Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang.

Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Fermansah, Budi., Susanta, Dr. Hari., & Widiartanto, Dr. (2015). Pengaruh Tarif dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penumpang Dalam Memilih JasaTransportasi PO.SUMBER ALAM. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 4, No.2.

Hutami, L. T., & Septyarini, E. (2018). Intensi Penggunaan Electronic Wallet Generasi Milenial pada Tiga Startup "Unicorn" Indonesia Berdasarkan Modifikasi TAM. Jurnal Manajemen, volume 8, nomor 2, 136-145.

Indrawan, Kurnia., & Suharyono. (2018). Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Persepsi Kemudahan Terhadap Minat Berperilaku (Survei Pada Pengguna Aplikasi Go-Jek Di Perumahan Sawojajar 1 Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 58, No.2.

Joan, L., Sitinjak, T. (2019). Pengaruh persepsi Kebermanfaatan dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Penggunaan LayananPembayaran Digital Go-Pay. Jurnal manajemen, 8(2), 29-39

Juniwati. (2014). Influence of Perceived Usefulness, Ease of Use, Risk on Attitude and Intention to Shop Online. European Journal of Business and Management, Vol. 6, No. 27, 218-228.

Karnadjaja, Claudia Cindy., Tulipa, Diyah., & Lukito, Robertus Sigit Haribowo. (2017). Pengaruh Persepsi Risiko, Manfaat, dan Kemudahan Penggunaan terhadap Minat Belanja Online melalui Kepercayaan dan Sikap pada Konsumen Zalora di Surabaya. Kajian Ilmiah Mahasiswa Manajemen (KAMMA) Vol. 6 No. 2.

Kartika, Apriliya. (2018). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Keamanan Terhadap Minat Penggunaan E-Money (Studi Pada Pengguna Go-Pay di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, Vol. 6 No. 2.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management, 15th

Priansa, Donni Juni. 2016. Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung : CV. Alfabeta.

Putro, H. B., & Haryanto, B. (2015). Factors Affecting Purchase Intention of Online Shopping in Zalora Indonesia. British Journal of Economics, Management & Trade, 1-12.

Rahmayani, N. (2018). Tinjauan Hukum Perlindungan Konsumen Terkait Pengawasan Perusahaan Berbasis Financial Technology di Indonesia. PAGARUYUANG Law Journal, Volume 2, nomor 1, 24-41.

Sugiyono, S. (2018), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: AFABETA.

(2022), “Kemudahan transaksi dengan Gopay.” Tersedia di:, https://www.gojek.com/blog/gojek/kemudahan-transaksi-dengan-go-pay/. diakses pada 11 April 2022.

(2022), “Ovo, GoPay, Dana & Link Aja: Pilih Mana?.” Tersedia di:, https://review1st.com/game-aplikasi/pilih-mana-ovo-gopay-dana-link-aja/. diakses pada




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jmr.v7i3.9368

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________ 

Journal of Management Review indexed by:

Journal of Management Review ISSN  2580-4138 (Print) and ISSN 2579-812X (Online))

_______________________________________________________________________________________________ 

Reference Mamanagement Tools

_______________________________________________________________________________________________