DINAMIKA PENGEMBANGAN PESANTREN BERWAWASAN LINGKUNGAN (EKO-PESANTREN) DI PONDOK PESANTREN SURYALAYA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aan Komariah, Djam’an Satori, 2011, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : Alfabeta.
Abdul Fatah, R. Hozin, 2019, Modal Sosial Dalam Pengembangan Pondok Pesantren di Kabupaten Tasikmalaya, Bandung: Universitas Padjadjaran.
Abdullah Taufiq, 2002, Islam dan Masyarakat, Jakarta: LP3ES
Abdul Majid, 2009, Perencanaan Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Ahmad, 2012, Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
Akdon, dan Ridwan. 2006, Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian Untuk Administrasi dan Manajemen. Bandung: Dewa Ruci.
Ali Muhtarom, 2014, “Pembinaan Lingkungan Pesantren” IAIN Banten
Ali Saefullah HA. "Darussalam Pondok Modern Gontor". dalam M. Dawam Rahardjo, Pesantren dan Pembaharuan, Jakarta: LP3LS. 1988.
Badan Pusat Statistik Tahun, 2014, Hasil Pemutakhiran dalam rangka Pemilihan Presiden Tahun.
Baiquni,Ahmad, 2019, Tesis Kepemimpinan Kiai dalam mewujudkan Eko Pesantren, Surabaya: Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
Bungin, Burhan, 2001, Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta : Gajah Mada Press.
Depag RI, 2016, Statistik Pendidikan Agama dan Keagamaan Tahun Pelajaran 2015-2016, Jakarta, Bagian Data dan Informasi Pendidikan Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia.
Dhofier,zamakhsari,1983, Tradisi Pesantren, Kajian tentang Pandangan Hidup Kiyai, Jakarta:LP3S,Jakarta.
Damim, 2007 Visi Menajemen Sekolah Dan Unit Birokrasi Lembaga Pendidikan Jakarta: BumiAskara.
Fatimatuzzahroh, F., Abdoellah, O. S., & Sunardi, S. ,2015, The Potential of Pesantren In Sustainable Rural Development, Jurnal Ilmiah Peuradeun.
Joko Suwarno. 2012. Pengantar Filsafat Ilmu (online),
(http://blogjokosuwarsono.blogspot.com/2012/ 09/pengantar-ilsafat-ilmu.html) diakses 21 Desember 2021 pukul 09.09
Kementerian Lingkungan Hidup, 2008. Eko-Pesantren. Jakarta: Deputi Kementerian Lingkungan Hidup Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat.
Kementerian Agama, (2000), al-Qur’an al-Karim dan terjemah Bahasa Indonesia, Bandung:
Kementerian Lingkungan Hidup,2008, Jurnal Eko-Pesantren, Deputi Kementerian Lingkungan Hidup Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat
Kementrian Lingkungan Hidup, 2008, Eko-Pesantren,Jakarta:BPKL
Lexy.J.Moleong, 2005, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mulyasa,2013, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bumi Aksara : Jakarta
MUI, Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan Menurut Ajaran Agama Islam
Jakarta: Depak,UNICEF, 1998, 36 Muhaimin, dkk, 2009, Manajemen Pendidikan, Jakarta:Kencana, h. 349 Mudasir, 2012, Desain Pembelajaran, Indragiri Hulu : STAI Nurul Falah, h. 1
Mardia hayati, 2012, Desain Pembelajaran Berbasis Karakter, Pekanbaru: Al-Mujtahadah Press, h. 11
Mangunjaya, Fachrudin.2014, Ekopesantren, Bagaimana Merancang Pesantren Ramah Lingkungan?,Jakarta:Yayasan Pusataka Obor Indonesia
Mulyadi,Dedi,2006, Metodologi Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya: Bandung
Nazir, Moh, 2017, Metode Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia.
Nurdin Usman, 2002, Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum,Grasindo: Jakarta
Nurulloh, Endang Syarif, , 2019, Pendidikan Islam dan Pengembangan Kesadaran Lingkungan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam Vol. 7, No. 2
Prihatin, Siti. 2011. Rancangan Program Pendidikan Konservasi Di Pesantren Darul Muttaqien Bogor. Bogor: Skripsi Institut Pertanian Bogor.
Purwantodkk,1991 , Analisis Kebijakan dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan, Bumi Aksara: Jakarta
Panitia Peringatan ¾ Abad,1980, Pondok Pesantren Suryalaya 3/4Abad,1905-1980,Yayasan Serba Bakti: Suryalaya.
Safe’i,dkk, 2018, Pengembangan Pesantren Ramah Lingkungan melalui Pendekatan Intervensi Sosial, Bandung: Puslitbit UIN Sunan Gunung Djati.
Siswanto. 2008. “Islam Dan Pelestarian Lingkungan Hidup: Menggagas Pendidikan Islam Berwawasan Lingkungan”, Jurnal Karsa, Vol. XIVNo. 2, hal 82-90
Sarbini dan Neneng Linda, 2011, Perencanaan Pendidikan, Bandung : Pustaka Setia, h.
Setiawan Guntur 2004, Impelemtasi dalam Birokrasi Pembangunan, Balai Pustaka, Jakarta
Sugiyono, 2005, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung : CV. Alfabeta.
Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Sunardjo,Unang, 1995, Menelusuri Perjalanan Sejarah Pondok Pesantren Suryalaya. Pusat Pengembangan Thareqat Naqsyabandiyah abad ke duapuluh.Yayasan Serba Bakti:Suyalaya.
Siti Prihatin,(2011), Rancangan Program Pendidikan Konservasi Di PesantrenDarulMuttaqien Bogor, Skripsi Institut Pertanian Bogor.
Tim, (2005), Satu Abad Pondok Pesantren Suryalaya,Perjalanan dan Pengabdian, YSB: Suryalaya.
Tim, (1995), Thoreqot Qodiriyah Naqsyabandiyah, Sejarah,Asal usul dan Perkembangannya,Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah: Suryalaya.
Wahyu Andika, Program Eko Pesantren, Juranl Asiterkur Islam, Jakarta: Paramadina, 1992
Wida Widaningsih 2012, Pengaruh Pola Komunikasi Pengurus OPPM terhadap Perubahan Sikap Santri dalam Menciptakan Pesantren Berbudaya Lingkungan (eko pontren) , Studi Deskriptif pada organisasi Pondok Pesantren Modern Al-Ihsan Kecamatan Baleendah Kabupaten, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ma.v9i2.10199
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 akhmad hidayat nurul akbar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
___________________________________________________________________________________
Diterbitkan Oleh :
Fakultas Pertanian Universitas Galuh
Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274
Telepon: 0265-7602739
Email: mimbaragribisnis@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
__________________________________________________________________________________
Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis diindeks oleh: