FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN PENGGUNA CASHLESS PAYMENT SYSTEM DALAM PEMBELIAN MINUMAN KOPI DI KOPI KALI PLACE

Maria Gabriella, Tomy Perdana

Abstract


Purchases of coffee beverages have increased partly due to the needs of people with high mobility and the new habits of WFH during the Covid-19 pandemic. In addition, the non-cash payment system in Indonesia has also increased quite rapidly through the Cashless Payment System. This requires coffee beverages businesses and Cashless Payment System companies to fulfill consumer wants and needs by following existing trends and technological developments. This study aims to describe the characteristics and decision processes of consumers when purchasing coffee beverages using the Cashless Payment System as a payment method, as well as to determine the factors that influence consumer decisions in purchasing coffee beverages through the Cashless Payment System at Kopi Kali Place. The research method used by researchers is descriptive analysis and factor analysis. Based on the results of the study, it shows that there are four new factors that influence the decision to purchase coffee beverages by users of the Cashless Payment System at Kopi Kali Place, namely, discount and promo factors, price and quality, ease of transaction, social and personal. The factors that contribute the most are discounts and promos, price and quality.

Keywords


Analisis Faktor, Cashless Payment System, Keputusan Pembelian, Minuman Kopi

References


Adhiyani, O. R., & Indriyanti, A. (2021). Analisa Pengaruh Iklan, Cashback dan User Friendly Terhadap Impulse Buying Konsumen Dompet Elektronik OVO di Surakarta. Jurnal Pembelajaran Seni dan Budaya, 9(1).

Anggono, B. N. T, Istiatin, & B, S. H. A. (2020). Persepsi Kemudahan, Resiko, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Penggunaan GOPAY (Studi kasus pada Mahasiswa UNIBA Surakarta). Jurnal Ilmiah Ekonomi, 15(1).

Anggono, B. N. T., Istiatin, I., & AB, S. H. (2020). Persepsi Kemudahan, Resiko Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Penggunaan Gopay. Fokus Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ekonomi, 15(1), 144-153.

Anjelina, D. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Generasi Z Indonesia Untuk Melakukan Cashless Payment System Pada Era Digital 4.0 (Doctoral dissertation).

APJII. (2020). Survei Pengguna Internet APJII 2019-Q2 2020: Ada Kenaikan 25,5 Juta Pengguna Internet Baru di RI.

Augusta, C. D. (2018). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Memilih Coffee Shop (Studi Pada Konsumen Coffee Toffee Di Kota Malang) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Awuk, Melania. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi keputusan Konsumen Dalam Pembelian Sayur Organik (Studi Kasus: di Gogrin Kelurahan Bumiayu, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang). SKRIPSI.

Bellinda, B., Dolorosa, E., & Kurniati, D. (2020). Kepuasan dan loyalitas pelanggan Aming Coffee: Experiential marketing. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 22(2), 335-346.

Bya, E. F., & Sharif, O. O. (2021). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Di Minimarket Alfamart. eProceedings of Management, 8(4).

Creswell, J.W. (2014). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fahmi, I. (2016). Perilaku Konsumen Teori dan Aplikasi. Bandung : Alfabeta.

Fitri A, Khusnul F. (2020). Hubungan promo cashback terhadap loyalitas pelanggan muslim surabaya dalam pelayanan digital wallet OVO. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 3(2).

Gde, P., & Dharma, K. (2018). Peran Emosi Memediasi Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Perilaku Pembelian Di Karakter Kopi. 7(12), 6815–6841.

Ginting, S. S. BR. (2019). Pengaruh Diskon Harga Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Secara Online (Studi pada Pengguna Aplikasi Lazada di Kecamatan Pancur Batu. SKRIPSI.

Hadi, D. F. P. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Doktorandus Koffie dalam Menarik Minat Konsumen Penikmat Kopi. Jurnal Pewarta Indonesia, 2(2), 85-89.

Hardianty, I., Nuryanti, N., & Pramadewi, A. (2014). Pengaruh karakteristik pribadi dan komitmen organisasi terhadap loyalitas pegawai negeri sipil dinas perindustrian perdagangan dan pengelolaan pasar kabupaten indragiri hulu (Doctoral dissertation, Riau University).

Harlan, Dwimastia. (2014). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan dan Risiko Persepsian Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan E-Banking Pada UMKM di Kota Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hawskin & Mothersbaugh. (2013). Consumer Behaviour Building Marketing Strategy Twelfth Edition. New York: Mc Graw Hill.

Iswahyudi, K., Prayuginingsih, H., & Hadi, S. (2020). Analisis Perilaku Konsumen Sayuran di Pasar Wilayah Kota Kabupaten Jember. Fakultas Pertanian. Universitas Muhammdiyah Jember.

Juhaeri. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Ojek On - Line Gojek di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 7(1), 29 – 3.

Julianti, Dedi dan Utari, P A. 2018. Analisa Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Pendapatan Individu di Sumatera Barat. Menara Ilmu, 12(10).

Kotler, Philip & Gary Amstrong. (2018). Principles of Marketing, Seventeenth Edition. United Kingdom: Pearson Education.

Kusumaningrum, D. A., & Setiawan, D. P. (2021). Pengaruh Promo Cashback Berbagai Jenis e-Payment Terhadap Loyalitas (Studi Kasus : Chatime Indonesia). Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(2).

Leong, K., & Sung, A. (2018). FinTech (Financial Technology): What is It and How to Use Technologies to Create Business Value in Fintech Way?. International Journal of Innovation, Management and Technology, 74-78.

Lestari, D. (2018). Analisis Faktor Kepuasan Nasabah Non Muslim Terhadap Kualitas Layanan Bank Syariah Dengan Menggunakan Metode Costumer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performanc Analysis (IPA). Biomass Chem Eng, 3(2), 170.

Lestari, Niken Ayu dan Iriani, Sri Setyo. (2018). Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan Transaksi terhadap Keputusan Pembelian secara Online pada Situs Mataharimall.com. Jurnal Ilmu Manajemen, 6(1).

Maghfira. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Sistem Pembayaran Gopay. SKRIPSI.

Mishra R, Mishra O. N. (2018). A Hybrid PCA-AHP-Multi-grade Fuzzy Approach to Assess Marketing-Based flexibility. International Journal of Marketing Intelligence & Planning, 36(2).

Mizfar, F., & Sinaga, A. (2015). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian kopi instan. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 11(2), 175-180.

Mufti, B. A. R., & Saraswati, T. G. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pada Penyedia Jasa Titip Beli@ Goodsxakha. eProceedings of Management, 6(1).

Nasrin. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Sepatu Vans Di Kota Bandung Pada Tahun 2017.

Nazir, Moh. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ningrum, A. S., & Suryoko, S. (2018). Pengaruh harga, produk, dan lokasi terhadap keputusan pembelian di peacockoffie, semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(1), 164-173.

Nugroho, A. (2018). Regulasi Terkait Pembayaran Elektronik di Indonesia. SKRIPSI:Pasca Sarjana Universitas Mercu Buana Jakarta.

Peter, J. Paul & Olson, J.C. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran.

Rafliatha, M., Suharyati, S., & Aryani, L. (2021). Analisis Keputusan Pembelian Online Kopi Kali Place Ditinjau dari Pengaruh Marketing Mix. Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 1415-1427.

Rasmikayati, E., Deaniera, A. N., Supyandi, D., & Sukayat, Y. (2020). Analisis Perilaku Konsumen: Pola Pembelian Kopi Serta Preferensi, Kepuasan dan Loayalitas Konsumen Kedai Kopi. Mimbar Agribisnis, 6(2), 969–984.

Rasmikayati, E., Deaniera, A. N., Supyandi, D., Sukayat, Y., & Saefudin, B. R. (2020). Analisis Perilaku Konsumen: Pola Pembelian Kopi Serta Preferensi, Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Kedai Kopi Consumer Behavior: Purchase Pattern Of Coffee, Preferences, Satisfaction And Loyalty Of Coffee Shop Consumer. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis. Juli, 6(2), 969-984.

Rasmikayati, E., Saefudin, B. R., Karyani, T., Kusno, K., & Rizkiansyah, R. (2020). Analisis Faktor dan Tingkat Kepuasan Ditinjau dari Kualitas Produk dan Pelayanan pada Konsumen Sayuran Organik Di Lotte Mart Kota Bandung. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 6(1), 351-364.

Ratnawati, E. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Dipertimbangkan Konsumen Dalam Pembelian Sayuran Organik Di Kota Surakarta. Agrista, 5(1).

Rohmat, Bangkit. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Layanan Provider Studi Kasus pada Pengguna Layanan Indosar Ooredoo di Kota Magelang. SKRIPSI.

Salzabella, Syafira. (2021). Analisa Faktor-Faktor Memengaruhi Konsumen Dalam Menggunakan Aplikasi E-Wallet.Magister Manajemen dan Bisnis.

Sara, S., Sebayang, T., & Emalisa. (2013). Analisis Kepuasan Konsumen Gerai Kopi di Kota Medan dan Faktor-Faktor Yang Memengaruhinya.

Sari, Devi M. (2021). Pengaruh Transaksi Pembayaran Go-Pay Terhadap Minat Beli Masyarakat di Kecamatan Medan Tembung. SKRIPSI.

Situmorang, M. K. (2021). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Penggunaan Uang Elektronik (Dompet Digital) Sebagai Alat Pembayaran Pada Masa Pandemi Covid–19 di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 123-130.

Slamet, A. S. (2019). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen (Studi kasus pada coffee shop di Kota Bogor). Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 10(2), 118-132.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2013). Teori, Kuisioner, dan Analisis Data. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Umar, H. (2013). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Utami, D., Lubis, S. N., & Fauzia, L. (2019). Analisis kepuasan konsumen dalam memilih coffee shop di kota medan. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Wahyuhana, A., & Putri, I. P. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Cashless Terhadap Proses Keputusan Penggunaan Jenius Di Bandung Tahun 2018. eProceedings of Management, 6(1).

Widodo, A. W. (2021). Pengaruh Penerapan Mobile Banking Terhadap Pertumbuhan Aset dan DPK Pada PT. Bank DKI. Tekinfo: Jurnal Bidang Teknik Industri dan Teknik Informatika, 22(1), 1-9.

Wiradimaja. (2019). Pengaruh Faktor Risiko dan Faktor Kepercayaan Terhadap Adopsi Electronik Wallet Menggunakan Model TAM (Studi Kasus: E- Wallet OVO di Kota Bandung). SKRIPSI: Fakultas Ekonomi dan Bisnis TELKOM Bandung.

Wiyanto, H., Aurellia, A., & Patricia, J. C. (2022). Edukasi Perilaku Keuangan Generasi Z Pada Cashless Society Di Smk Bhinneka Tunggal Ika. Prosiding Serina, 2(1), 1319-1326.

Yuniarti, Vinna Sri. 2015. Prilaku Konsumen.Bandung: Pustaka Setia.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ma.v9i2.10233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Maria Gabriella, Tomy Perdana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-7602739

Email: mimbaragribisnis@gmail.com

 

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis diindeks oleh: