Analisis Strategi Pemasaran Serta Tingkat Kepuasan Konsumen Kentucky Fried Chicken (KFC)

Eka Purna Yudha, Miluniqa Yasmin Mirfazli, Fahmi Muhammad Farhan

Abstract


This study aims to determine the marketing strategy and the level of consumer satisfaction with the products of the transnational company kentucky fried chicken (KFC). Data collection is done online, questionnaires are distributed to consumers who have visited KFC in West Java. The analysis method used is Important Performance Analysis (IPA) and Costumer Satisfaction Index (CSI). The results of this study indicate that Kentucky Fried Chicken (KFC) has carried out the 7P marketing strategy (Product, Place, Price, Promotion, People, Process, Physical Evidence) in West Java well, as evidenced by the calculation of CSI and IPA that has been done. From the CSI value of 81.36 located in the range of 80% - 100% which indicates that the level of consumer satisfaction with KFC is classified as "Very Satisfied". Based on IPA, KFC needs to do product differentiation, which makes the food products it sells have their own characteristics.

Keywords


Kepuasan Konsumen, KFC, Strategi Pemasaran

References


Anggraini, N., & Alhempi, R. R. (2021). Analisis Kepuasan Konsumen PT Hawaii Holiday Hotel Pekanbaru. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(9), 1923-1930.

Arianto, M., & Mahmudah, N. (2016). Analisis kepuasan konsumen di jatiroso catering service. JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen dan Perbankan), 1(2), 102-120.

Aryani, M. (2021). Analisis digital marketing pada hotel kila di kabupaten lombok barat terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Visionary: Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 9(1), 22-32.

Astuti, H. J. (2012). Analisis kepuasan konsumen (servqual model dan important performance analysis model). Media Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 7(1), 29587.

Christine, C., & Budiawan, W. (2017). Analisis Pengaruh Marketing Mix (7P) terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi pada House of Moo, Semarang). Industrial Engineering Online Journal, 6(1).

Dirgantara, H. B., & Sambodo, A. T. (2015). Penerapan model importance performance analysis dalam studi kasus: analisis kepuasan konsumen bhinneka. com. Jurnal Sains dan Teknologi Kalbi Scientia, 2(1), 52-62.

Hasanah, Faujatul, et al. (2021). "Analisis Potensi Sektor Unggulan Dan Perubahan Struktur Ekonomi Di Kabupaten Serang Provinsi Banten." Mimbar Agribisnis: urnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis. 7(1), 947-960.

Khasanah, I., & Pertiwi, O. D. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen RS St. Elisabeth Semarang. Jurnal Ilmiah Aset, 12(2), 117-124.

Kurniawan, M., & Hildayanti, S. K. (2019). Analisis citra merek, harga, pelayanan, dan promosi terhadap kepuasan konsumen di Kota Palembang (studi kasus konsumen grab). Jurnal Ecoment Global, 4(2), 86-102.

Kurniati, E., Silvia, E., & Efendi, Z. (2016). Analisis kepuasan konsumen terhadap kue baytat Bengkulu. Jurnal Teknologi dan Industri Pertanian Indonesia, 8(2), 67-75.

Mandasari, V., & Tama, B. A. (2011). Analisis kepuasan konsumen terhadap restoran cepat saji melalui pendekatan data mining: studi kasus XYZ. Generic, 6(1), 25-28.

Moha, S., & Loindong, S. (2016). Analisis kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Yuta di kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(1).

Natasha, Natasha; Yudha, Eka Purna. (2023). ,Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Aplikasi PT. XYZ. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 9(2), 2279-2293

Nurislaminingsih, Rizki, Neneng Komariah, and Eka Purna Yudha. "Pemetaan Pengetahuan Lokal Sunda di Kampung Naga-Tasikmalaya." Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi 6.2 (2022): 217-230.

Pamungkas, A. F., & Husnayetti, H. (2022). Analisis Kepuasan Konsumen Melalui Peningkatan Kualitas Pelayanan Dan Strategi Promosi. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 3(1), 11-20.

Ranitaswari, P. A., Mulyani, S., & Sadyasmara, C. B. (2018). Analisis kepuasan konsumen terhadap kualitas produk kopi dan kualitas pelayanan menggunakan metode importance perfomance analysis (studi kasus di geo coffee). Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri, 6(2), 147-157.

Sumartini, L. C., & Tias, D. F. A. (2019). Analisis kepuasan konsumen untuk meningkatkan volume penjualan kedai kopi kala senja. Jurnal E-bis, 3(2), 111-118.

Sinulingga, R. P. (2009). Peranan Analisis SWOT Dalam Meningkatkan Daya Saing Pada Pt Fast Food Indonesia Tbk (Kentucky Fried Chicken (KFC)) Cabang Gajah Mada Medan. https://id.strephonsays.com/difference-between-multinational-and- transnational#:~:text=Definisi,tidak%20memiliki%20sistem%20manajemen%20t erpusat.diakses pada 18 Juni 2021

Tambunan, P. C. M., & Yudha, E. P. (2024). Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Produk Serbuk Kedelai Mandala 525. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 10(1), 682-692

Yola, M., & Budianto, D. (2013). Analisis kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan dan harga produk pada supermarket dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Optimasi Sistem Industri, 12(1), 301-309.

Umam, Risep Khairul dan Hariastuti, Niluh Putu. 2018. Analisa Kepuasan Pelanggan Dengan Menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA).

Yudha, Eka Purna, et al. "Rural development policy and strategy in the rural autonomy era. Case study of Pandeglang Regency-Indonesia." Human Geographies 14.1 (2020): 125-147.

Yudha, Eka Purna, Delia Nada Suryana, and Anita Arga Putri Sitio. "Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Perusahaan Multinasional Dunkin Donuts." Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Agribisnis. Vol. 6. No. 1. 2022.

Yudha, Eka Purna, Afif Ahmad Rifai, and Aqila Shafa Adela. "Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Restoran Cepat Saji Mcdonald’s." Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah 8.2 (2022): 1003-1013.

Yudha, et al. 2023. “Consumer Behavior Changes In Shopping After The Covid-19 Pandemi”. Jurnal Apresiasi Ekonomi 11.1 (2023): 218-225.

Yudha, Eka Purna, and Rezky Algipari. (2023). “Analisis Kepuasan Mahasiswa Universitas Padjadjaran Dalam Mengkonsumsi Produk Richeese Factory." Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 9(1), 108-119.

Yudha, E. P., & Roche, J. (2023). How Was the Staple Food Supply Chain in Indonesia Affected by COVID-19?. Economies, 11(12), 292

Yudha EP, Syamsiyah N, Pardian P, Dina RA. Rural areas are more resilient than urban areas to the COVID19 pandemic. Is it true? (Lessons from Indonesia). Human Geographies – Journal of Studies and Research in Human Geography. Vol. 17, No. 2, 2023, 171-192

Yudha, E. P., Tedjalaksana, V., & Putri, C. K. E. (2023). Analisis Kepuasan Konsumen Pada Perusahaan Multinasional J. Co. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 10(3), 2221-2230

Yudha, E. P., Ginting, A. I. B., & Istiqomah, N. (2024). Analisis kepuasan konsumen terhadap produk chatime dengan menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 12(1), 43-54




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ma.v10i2.14011

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mimbar Agribisnis : Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-7602739

Email: mimbaragribisnis@gmail.com

 

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis diindeks oleh: