Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Eceng Gondok (Studi Kasus Usaha Kreatif Kerajinan di Cirata Eceng Craft (Ciecra))
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aji, N. P., Dewi, I. P., & Pamungkas, M. (2024). Menuju Digitalisasi Dengan Digital Marketing Planning: Implementasi Pada UMKM Laweyan Solo. Biogeografia, 06(01).
Andari, Y. T., Sasongko, L. A., & Nurjayanti, E. D. (2019). Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Tangan Sabut Kelapa Di Lkp Akas Kabupaten Kebumen. Mediagro, 15(01), 20–31. https://doi.org/10.31942/md.v15i01.3067
Aprilia Purwannia, V., & Nirawati, L. (2022). Analisis Strategi Bersaing Dalam Pengembangan Bisnis pada Home Industri Eceng Gondok Wiwit Collection @Witrove_ Kecamatan Karang Pilang Kota Surabaya. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(1), 207–219. https://doi.org/10.47467/reslaj.v5i1.1403
Arifianto, E. Y., & Himawan, R. (2018). Strategi Pengembangan Industri Kreatif Kerajinan Topeng Era Industri 4.0. Seminar Nasional IENACO, 567–574.
Bahri, S., Makmur, T., & Abdullah, O. N. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Industry Kerajinan Rotan (Studi Kasus) Di Desa Keude Being Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian, 6(4), 329–342. https://doi.org/10.17969/jimfp.v6i4.18300
Bargumono. (2016). Pertanian Organik Solusi Alternatif Pertanian (1st ed.). Global Pustaka Utama Yogyakarta.
Cahyanti, N. A. M., Putri, V. E., Listiyani, D., Vayuni, F. E., Nugroho, R. H., & Ikaningtyas, M. (2024). Pemanfaatan Strategi Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan Bisnis UMKM pada E-Commerce Shopee. Economics And Business Management Journal ( EBMJ ) Februari, 3(1), 1–8.
David, F. R., & David, F. R. (2017). Strategic Management A Competitive Advantage Approach, Concepts and Cases. Pearson Education.
Dewi, R., Muzdalifah, M., Nuryadin, M. R., & Rakhmatullah, A. (2018). Potensi Dan Strategi Pengembangan Industri Kerajinan Anyaman Di Kabupaten Tapin. Ecoplan : Journal of Economics and Development Studies, 1(1), 27–35. https://doi.org/10.20527/ecoplan.v1i1.5
Dinas Koperasi Dan Usaha Kecil. (2022). Jumlah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berdasarkan Kabupaten/Kota dan Kategori Usaha di Jawa Barat Deskripsi. Status Kejadian Pencemaran Air Berdasarkan Desa/Kelurahan Di Jawa Barat Deskripsi, 022, 21–22. https://opendata.jabarprov.go.id/id/dataset/jumlah-usaha-mikro-kecil-menengah-umkm-berdasarkan-kabupatenkota-dan-kategori-usaha-di-jawa-barat
Fatmawati, F., & Suseno, D. A. (2018). Strategi Pengembangan Industri Kerajinan Eceng Gondok di Kabupaten Semarang. Economics Development Analysis Journal, 7(3), 251–259. https://doi.org/10.15294/edaj.v7i3.25257
Fitri, R., Rachmawati, E., & Fatimah, S. (2022). Strategi Meningkatkan Pemasaran Produk Sayuran Andewi. 26(1).
Gustary, P. (2018). Efisiensi Penggunaan Metode Penerjemahan Komunikatif Bahasa Mandarin pada Bidang Industri Manufaktur Di PT Beijing Dazheng Plastic Indonesia. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/64676/
Handayani, S. D. (2017). Kelimpahan Dan Faktor Bioekologi Tumbuhan Eceng Gondok (Eichhornia crassipes (Mart.) Solms) Di Waduk Cirata, Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. http://repository.unpas.ac.id/30300/
Ivakdalam, L. M., & Far, R. A. F. (2022). Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Keberlanjutan Pengelolaan Sampah melalui Bank Sampah (Increasing Community Participation in Sustainable Waste Management through Waste Banks). Agrikan: Jurnal Agribisnis Perikanan, 15(1), 165–181.
Krisdayani, M., Ihsan Said Ahmad, M., & Rijal, S. (2020). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Ekonomi Kreatif (Studi Kasus Pada Sentra Kerajinan Tangan Anjoroku di Kabupaten Kepulauan Selayar). Indonesian Journal of Social and Educational Studies, 1(1), 38–47. https://ojs.unm.ac.id/ijses/article/view/15195
Lakutomo, Sri, G., & Waskito, J. (2014). Analisis Pemasaran Terhadap Bisnis Online (E-Commerce) Dalam Jaringan Sosial Internet. https://eprints.ums.ac.id/31914/
Mulyadi, T., Launtu, A., Suyatno, A., Jayanto, I., Manajemen, P., Politeknik, K., Manajemen, P., Tinggi, S., Ekonomi, I., Ekonomi, F., Universitas, B., Sidenreng, M., Hukum, F., Universitas, B., Bangsa, D., Matematika, F., Pengetahuan, I., Universitas, A., & Ratulangi, S. (2024). Jurnal Darma Agung Analisis Efektivitas Kampanye Influencer Marketing : Tinjauan Terhadap Pengaruh Dan Persepsi Konsumen. 872–883.
Muslim, T., Mentari, D. W., & Farhazakia, N. (2020). Daya Dukung Perairan Rawa Mesangat Sebagai Habitat Buaya Siam. Jurnal Ilmu Lingkungan, 18(3), 436–445. https://doi.org/10.14710/jil.18.3.436-445
Nalini, S. N. L. (2021). Dampak Dampak covid-19 terhadap Usaha MIkro, Kecil dan Menengah. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 662–669. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.278
Prasetyo, M. L. (2019). Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Rotan. Prosiding SemNas Teknik UMAHA Fakultas Teknik UMAHA, 1, 35–41.
Raaini, Nasution, I. S., & Devianti. (2022). Pemantauan Kinerja Alat Pengering Efek Rumah-Kaca Untuk Pengeringan Eceng Gondok (Eichhornia Crassipes) Berbasis Mikrokontroler Arduino Nano Atmega328. 7(November), 763–774.
Sastrawan, U., Ramadhaning, R. Y., Nurrizky, M., & Zahra, A. (2016). Strategi Pengembangan Bisnis Produk Hortikultura Pada Waaida Farm. 6(1), 63–82.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ma.v10i2.14792
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Hani Sukmawati, Eti Suminartika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
___________________________________________________________________________________
Diterbitkan Oleh :
Fakultas Pertanian Universitas Galuh
Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274
Telepon: 0265-7602739
Email: mimbaragribisnis@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
__________________________________________________________________________________
Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis diindeks oleh: