Efektivitas Social Media Marketing terhadap Produk Makanan Pokok (Staple Food) di Superindo

Nayda Dwiasih, Eka Purna Yudha

Abstract


Superindo utilizes Instagram and Tiktok to increase the effectiveness of social media marketing. This study aims to analyze the effectiveness of social media marketing on staple food products at Superindo. This study uses a mix method. Data were collected through questionnaires to 100 Superindo customers who actively use Instagram and/or Tiktok randomly. This study uses the AIDA model to assess the effectiveness of social media marketing. The results showed that the role of Instagram and Tiktok was effective in staple food purchasing decisions. This can be seen from the attention variable value of 3.835, interest 3.85, desire 3.89, action 3.6. The use of social media has become an important factor in shaping consumer purchasing decisions.

Keywords


Social Media Marketing, Keputusan Pembelian, Staple Food, Superindo

References


Anggraini, F., & Ahmadi, M. A. (2025). Pengaruh Influencer Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan di Kalangan Generasi Z : Literature Review. journal of management and creative business, 62-73.

Asrun, N. A. (2024). Pengaruh Gaya Hidup dan Media Sosial terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z di Kota Medan dengan Literasi Keuangan sebagai Media Intervening. Jurnal Manajemen Bisnis dan Keuangan, 173-186.

Baharsah, M. V., & Munawaroh. (2025). Analisis Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Era Modern. Jurnal Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 123-135.

Baharsah, M. V., & Munawaroh. (2025). Analisis Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Era Modern. Jurnal Managemen, Bisnis dan Akuntansi, 123 - 135.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasniaty, d. (2022). SOCIAL MEDIA MARKETING. Padang: PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.

Helianthusonfri. (2018). Tools for Social Media Marketing. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Jamaludin, & dkk. (2022). Pemasaran Era Kini: Pendekatan Berbasis Digital. Bandung: Media Sains Indonesia.

Mahardika, A. D., Mubarokah, & Atasa, D. (2024). Analisis Kesediaan Membayar dan Faktor yang Mempengaruhi Pembelian Telur Omega. AGRIDEVINA, 9-20.

Masitoh, I. K.-S. (2021). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA PENGIRIMAN BARANG DI KANTOR POS PATI 59100. Jurnal Bisnis dan Pemasaran, 1-10.

Minazzi, R. (2015). Social Media Marketing in Tourism and Hospitality. London: Springer International Publishing.

Mulyono, D. S. (2022). Manajemen Bisnis Ritel. Purbalingga: CV. Eureka Media Aksara.

Murdijati, D. (2024). Makanan Pokok dan Ragam Hidangan Nasi. Yogyakarta: Nigtoon Cookery.

Saputra, A. M., Kharisma, L. P., Rizal, A. A., Burhan, M. I., & Purnawati, N. W. (2023). Teknologi Informasi : Peranan TI dalam Berbagai Bidang. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Social Media Users by Country 2024. (n.d.). Retrieved from World Population Review: https://worldpopulationreview.com/country-rankings/social-media-users-by-country

Statistik, B. P. (2024, Februari 27). Rata-Rata Konsumsi per Kapita Seminggu Beberapa Macam Bahan Makanan Penting, 2007-2023. Retrieved from Badan Pusat Statistik: https://www.bps.go.id/id/statistics-table/1/OTUwIzE=/rata-rata-konsumsi-per-kapita-seminggu-beberapa-macam-bahan-makanan-penting--2007-2023.html

Saragih, O. R., Sanubari, T. P., & Wijaya, F. A. (2022). Kontribusi Supermarket Lokal “Ada Baru” terhadap Akses Pangan Ibu Rumah Tangga di Kota Salatiga. Amerta Nutrition, 21-31.

Setiawati, E., & Wiwoho, G. (2020). Pengaruh Social Media Marketing dan Product Quality Terhadap Purchase Decision dengan Purchase Intention sebagai Interverning pada Produk Jims Honey (Studi pada Masyarakat Kebumen) . Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 407-424.

Statistik, D. D. (2024). Statistik Indonesia 2024. Badan Pusat Statistik.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabeta.

Widyastuti, S. (2017). MANAJEMEN KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU. FEB-UP Press.

Wisnu, A. N. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok sebagai Media Pembelajaran Materi Pelajaran Bahasa dan Sastra. Malang: Universitas Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ma.v11i2.18456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nayda Dwiasih, Eka Purna Yudha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-7602739

Email: [email protected]

 

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis diindeks oleh: