Manajemen Produksi Menggunakan Pendekatan 6M pada PT Ciomas Adisatwa Unit Pemalang

Muh Ikhwan, Yohana Agustina

Abstract


ABSTRACT Production management is an important element in the company's operations to ensure that products are produced in accordance with the specifications of customer demand, in the face of global competition, PT Ciomas Adisatwa Unit Pemalang is required to implement innovative and sustainable production strategies. This study aims to analyze the implementation of production management at PT Ciomas Adisatwa Unit Pemalang with the approach of 6M Men (Human Resources), Machinery, (Machinery and Technology), Materials, Methods (Production Methods), Markets, and Money (Capital and Finance). This study uses a descriptive qualitative method with purposive sampling technique. Data was collected through interviews, observations, and documentation, the number of respondents in this study was 10 people. The results of the study show that PT Ciomas Adisatwa Unit Pemalang implements a professional labor recruitment system, strict selection of raw material suppliers, production methods based on GMP and SOPs guided by the FSSC 22000 V6 food safety scheme, marketing strategies with a marketing mix method, and from a financial perspective, capital management is carried out in a structured manner to support business sustainability.

Keywords


manajemen, produksi, pangan, strategi, ciomas

References


Ardiansyah, Wildan Mahendra. 2023. “Peran Teknologi Dalam Transformasi Ekonomi Dan Bisnis Di Era Digital.” JMEB Jurnal Manajemen Ekonomi & Bisnis 1(01):11–22. doi: 10.59561/jmeb.v1i01.89.

Arhas, Sitti Hardiyanti, and Suprianto Suprianto. 2019. “The Effectiveness of 6M Implementation at Artebo MSME.” Jurnal Ad’ministrare 6(2):249. doi: 10.26858/ja.v6i2.15531.

Dwiyama, Fajri. 2018. “Unsur Manajemen Dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia.” Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6(1):675–95. doi: 10.35673/ajmpi.v7i1.312.

Ifah, Ari Arifah. 2021. “Analisis Sistem Pengendalian Manajemen Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Manajemen Produksi ( Studi Kasus Pada Pt. Liebra Permana Bawen Kabupaten Semarang).” JMB : Jurnal Manajemen Dan Bisnis 10(2):309–15. doi: 10.31000/jmb.v10i2.4584.

Lestari, Suprihatin. 2022. “Mengenal Dan Membaca Pasar.” Al-Mizan : Jurnal Ekonomi Syariah 5(II):10.

Lestari, Warni, Sitti Musyahidah, and Rabaniah Istiqamah. 2019. “Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Usaha Percetakan Pada CV. Tinta Kaili Dalam Perspektif Ekonomi Islam.” Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam 1(1):63–84. doi: 10.24239/jiebi.v1i1.5.63-84.

Maharani, Sri, and Martin Bernard. 2018. “Analisis Hubungan Resiliensi Matematik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran.” JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 1(5):819. doi: 10.22460/jpmi.v1i5.p819-826.

Mahardiansyah Suhadi, Deri Hanafy Dahar. 2024. “Strategi Manajemen Produksi Dalam Karya Film Dokumenter Garis Pelakon - Kemenparekraf.” Jurnal Sains Manajemen 6(1):52–58.

Nuprilianti, Nanda Purnama. 2016. “Pengaruh Personal Selling, Brand Image , Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Mobil.” 5:1–18.

Nuraeni, Novita, and Bambang Santoso. 2024. “Peranan Manajemen Persediaan Bahan Baku Terhadap Penjadwalan Produksi PT XYZ.” Jurnal Bisnis Dan Manajemen (JURBISMAN) 2(2):1–15.

Poluan, F. M. A., S. L. Mandey, and I. W. J. Ogi. 2019. “Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada Minuman Kesehatan Instant Alvero).” Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 7(3):2969–78.

Purnama, Nadia Ika, Novien Rialdy, and Fakultas Ekonomi. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Personal Selling Terhadap Kepuasan Pelanggan Alat-Alat Bangunan Pada PT . Rodes Chemindo Medan.” 1(1):174–81.

Rika Yulia Putri, Mia Rosmiati, Wawan Gunawan. 2022. “Mimbar Agribisnis : Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis.” Mimbar Agribisnis : Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis 8(2):866–84.

Rohaeni, Heni. 2016. “PERANAN PROMOSI MELALUI PERSONAL.” IV(2).

Rudiawan, Hendri, Kata Kunci, and Manajemen Produksi. 2021. “Peranan Manajemen Produksi Dalam Menyelaraskan Kinerja Perusahaan.” Jurnal Manajemen FE-UB 9(2):66.

Suryani, ida Rindaningsih, and Hidayatulloh. 2023. “SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW ( SLR ): PELATIAHAN.” 363–70.

Vildayanti, Rina Ayu, Fakultas Ekonomi, and Universitas Budi Luhur. 2020. “Analisis Strategi Marketing Mix ( 4p ) Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Perusahaan Jasa Periklanan Bigevo Di Jakarta Selatan Tahun 2019.” 03:272.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ma.v11i2.18587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Muh Ikhwan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-7602739

Email: [email protected]

 

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis diindeks oleh: