STRATEGI PENGEMBANGAN AGRIBISNIS HASIL PERTANIAN MELALUI INOVASI DAN KREATIFITAS MENJADI PRODUK UNGGULAN DI SMK NEGERI 1 PACET KABUPATEN CIANJUR

Ida Marina

Abstract


Penelitian ini mengenai strategi pengembangan agribisnis hasil pertanian melalui inovasi dan kreatifitas menjadi produk ; Pengembangan sektor agribisnis  dapat menyesuaikan diri terhadap perubahan pasar, pengembangan sumberdaya agribisnis, khususnya pemanfaatan dan pengembangan teknologi serta pembangunan kemampuan Sumberdaya Manusia (SDM). Kendala yang di hadapi SMK Negeri 1 Pacet dalam mengembangkan agribisnis, belum didukung oleh agribisnis penunjang lain seperti pengadaan alat-alat produksi pengolahan hasil pertanian dan pengolahan agribisnis seperti industri pembuat kemasan. Strategi SMK Negeri 1 Pacet sudah menghasilkan out put yang diharapkan, dari lihat hasil analisis pada matrik SWOT diperoleh koordinat (0.7 ; 1,475) yang mana koordinat ini pada kuadran I yaitu Strategi manajemen rotan, Strategi BUMI dan Strategi Pembelajaran Produktif. Strategi ini. Memiliki peluang dan kekuatan, sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada, strategi yang harus diterapkan adalah mendukung kebijakan dengan memanfaatkan peluang pengembangan komoditas unggulan.



DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ma.v1i1.31

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 MIMBAR AGRIBISNIS



___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-7602739

Email: mimbaragribisnis@gmail.com

 

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis diindeks oleh: