ANALISIS FAKTOR LOKASI, KELENGKAPAN PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DAGING SAPI DAN TURUNANNYA

Agung Muhammad Firdaus, Achmad Firman, Anita Fitriani

Abstract


The purpose of the study was to determine the effect of location, product completeness, and price, either partially or simultaneously on purchasing decisions for beef products and their derivatives. The research method was a survey of 42 respondents using a questionnaire as a tool. The data obtained were analyzed using ordinal regression analysis. The results showed that there was a partial effect of location and price, while the completeness of the product did not partially influence the decision to purchase beef and its derivatives at Ciwastra Traditional Market; and all factors simultaneously influence the decision to purchase beef and its derivatives at Ciwastra Traditional Market with a model accuracy of 56%.

Keywords


Pemasaran, Daging Sapi, Pasar Tradisional, Keputusan Pembelian

References


Badan Pusat Statistik. (2012). Tenaga Kerja Penduduk Menurut Golongan Umur dan Jenis Kegiatan. Badan Pusat Statistik. Jakarta.

__________. (2020). Rata-Rata Konsumsi per Kapita Seminggu Beberapa Macam Bahan Makanan Penting, 2007-2019. Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/statictable/2014/09/08/950/rata-rata-konsumsi-per-kapita-seminggu-beberapa-macam-bahan-makanan-penting-2007-2019.html [Diakses: 11 Juni 2021]

Emor, J. I., W.F.A. Tumbuan., dan M. H. Rogi. (2019). Pengaruh Kelengkapan Produk, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen RM. Bakso Solo Pak Eko di Tomohon. Jurnal EMBA Vol. 7 No. 4: 5407-5415.

Eviyanti, Y. (2006). Analisis Gender dalam Budidaya dan Pengolahan Hasil Tanaman Obat. Program Studi Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat. Fakultas Pertanian IPB. Bogor.

Harahap, D. A. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen di Pajak USU (Pajus) Medan. Jurnal Keuangan dan Bisnis, Vol. 7 No. 3 November 2015.

Hosmer, D.W., dan Lemeshow, S. (2000). Applied Logistic Regression. John Wiley dan Son. New York.

Indahwati, K.D., Maena, I. (2010). Aplikasi Regresi Logistik Ordinal Multilevel Untuk Pemodelan Dan Klasifikasi Huruf Mutu Mata Kuliah Metode Statistika. Forum Statistika dan Komputasi. Vol. 15 No. 2: 23-31.

Kotler, Philip. (2000). Prinsip – Prinsip Pemasaran Manajemen. PT. Prenhalindo. Jakarta.

Kotler, P. dan Keller, K.L. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke-12. Erlangga. Jakarta.

Nugroho dan Ratih Paramita. (2009). Analisis Pengaruh Lokasi, Keanekaragaman Barang terhadap Keputusan Berbelanja dan Loyalitas Konsumen di Carrefour Semarang. EKOBIS Vol. 2 No. 1. Universitas Islam Sultan Agung. Semarang.

Paturochman, M. (2012). Penentuan Jumlah dan Teknik Pengambilan Sampel. (Untuk Penelitian Sosial Ekonomi). UNPAD Press. Bandung.

Saputri, A., Ismono, R. H., dan Sayekti, W. D. (2019). Pola Produksi dan Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pembelian Daging Sapi oleh Produsen Bakso di Kota Bandar Lampung. JIIA, 7(3), 268-274.

Sjahmin. (2001). Ilmu Gizi. RHpatara Karya Aksara. Jakarta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). ALFABETA. Bandung.

Suswandi, Irwan. (2010). Gender dalam Pelabelan Nama Kuliner Nusantara: Suatu Tinjauan Semiotik (Studi Kasus: Kuliner di Kota Depok). Jurnal Mimesis, 1 (1), 1-10.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ma.v8i1.6808

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-7602739

Email: mimbaragribisnis@gmail.com

 

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis diindeks oleh: