ANALISIS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN CIAMIS DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DARI SEKTOR PARIWISATA

Irfan Nursetiawan, Regi Refian Garis

Sari


Salah satu yang dilakukan oleh pemerintah daerah Kabupaten Ciamis pasca beberapa objek wisata masuk ke wilayah Kabupaten Pangandaran, yakni menerapkan Sistem Informasi Manajemen (SIM) di sektor pariwisata yang dibuktikan dengan adanya website resmi Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis. Namun belum ada penelitian berkaitan dengan pengaruh SIM terhadap peningkatan PAD Kabupaten Ciamis dari sektor pariwisata. Sehingga peneliti melakukan penelitian berkaitan dengan hal tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penggunaan metode deskriptif kualitatif dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan menjabarkan fenomena terkait pengaruh Sistem Informasi Manajemen (SIM) terhadap tingkat Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Ciamis  dari sektor Pariwisata. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dimana penelitian kualitatif bertujuan untuk mendapatkan data yang mendalam, suatu data yang mengandung makna. Penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dapat mempengaruhi substansi penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan analisis data berkaitan dengan analisis sistem informasi manajemen pemerintah daerah Kabupaten Ciamis dalam meningkatkan pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata, didapatkan kesimpulan, sebagai berikut: (1) Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Ciamis  periode tahun 2013 sampai dengan periode tahun 2017 dari sektor Pariwisata mengalami kenaikan dan penurunan atau bersifat fluktuatif; (2) Implementasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) cukup berpengaruh dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Ciamis  periode tahun 2013 sampai dengan periode tahun 2017 dari sektor Pariwisata; dan (3) Faktor pendukung dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Ciamis dari sektor pariwisata, yaitu kelengkapan infrastruktur objek wisata, akses jalan menuju ke lokasi objek wisata, dan atraksi pariwisata. Kata Kunci:   Sistem   Informasi   Manajemen,   Pendapatan   Asli   Daerah,                            dan  Pariwisata.

Teks Lengkap:

Download PDF (English)

Referensi


_________.(2012). Kabupaten Ciamis Kehilangan PAD Cukup Besar. (online). Tersedia: http://www.pikran-rakyat.com/jawa-barat/2012. [10 Agustus 2018].

Adfar. Z dan Sulastri. (2014). Sistem Informasi Pariwisata Berbasis Web Studi Kasus di Karimunjawa Jepara.6.(2).79-86. Hardjaloka, Loura. (2014). Studi Penerapan E-Government di Indonesia dan Negara Lainnya sebagai Solusi Pemberantasan Korupsi di Sektor Publik. Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional.3.(3).435-452.

Heliza, Rahmania. (2009). Perancangan Sistem Informasi Terpadu Pemerintah Daerah Kabupaten Paser, Jurnal Informatika Mulawarman.4.(1) Hal. 4754.

Hoga, Saragih. 2013. Sistem Informasi Lembaga Pemerintahan di Indonesia melalui Electronic Government (E-Government) dengan Open Source Software. Jurnal Teknik dan Ilmu Komputer, UKRIDA.

Hunger, J. David dan Wheelen, Thomas.L. (2001). Manajemen Strategis. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Kurnia, Eddy. (2013). Costumer is Change. Jakarta: BukuRepublika.

Lantip, Diat. P. (2013). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Pangudiluhur. (2009). Slide Perkuliahan Sistem Informasi Manajemen, (online) Tersedia: http://www.pangudiluhur.ac.id [4 Juni 2017].

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 58 tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Pitana, I.G and Diarta, I.K.S. (2009) Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Pratama.Dkk. (2014). Efektivitas Penerimaan Pajak Restoran dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Studi pada Dinas Pendapatan Asli Daerah Kota Kediri. JAB.30.(1). R. Didi, Djadjuli. (2015). Pembangunan Ekonomi dalam Pelaksanaan Otonomi Daerah. Jurnal Moderat.1.(4).491-498.

Schalaeger, Jesper. (2013). E-Government in China: Technology, Power, And Local Government Reform. New York: Routledge.

Simarmata, Janner. (2007). Perancangan Basis Data. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Soemarwoto, Otto. (2004). Ekologi Lingkungan Hidup dan Pembangunan. Jakarta: Djambatan. Sugiarto. E. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Suaka Media.

Susanto, Azhar. (2002). Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan Pengembangannya. Bandung: Lingga Jaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.25147/moderat.v4i3.2008

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.