IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASIMANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK DI ERA OTONOMI DAERAH

Irfan Nursetiawan

Sari


Era desentralisasi telah mengubah semua sistem pemerintahan, dimana pemerintah daerah diberi kewenangan dalam membangun daerahnya sesuai dengan potensi daerah yang dimiliki. Tetapi di dalam penyelenggaraan otonomi daerah terdapat beberapa masalah, salah satunya dalam pelayanan publik yang dirasa belum efektif dan tingkap kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik masih rendah. Oleh karena itu diperlukan solusi yang tepat untuk memecahkan masalah tersebut. Salah satu solusi yang bisa di implementasikan di era informasi dan otonomi ini, yakni penerapan sistem informasi manajemen yang meliputii tahap input,  proses dan output berbasis sistem komputerisasi. Sistem komputerisasi tersebut membantu proses penyelenggaraan pelayanan publik untuk membuat atau mengelola administrasi publik yang di proses secara cepat dan dapat memberikan informasi yang akuntabel kepada publik. Adapun hambatan dalam implementasi sistem informasi manajemen diantaranya masih mahalnya biaya dalam pengadaan komputer dan kurangnya sumberdaya manusia yang mengerti pengelolaan sistem informasi manajemen, yakni penerapan e-government dengan penyediaan website pemerintah daerah dan pelayanan administrasi yang dibantu dengan perangkat komputer, serta pelayanan publik yang berorientasi pada kepuasan publik tanpa mengindahkan quality service. Sehingga sistem informasi manajemen dapat meningkatkan efektivitas pelayanan publik dan menjadikan penyelenggraan pemerintahan daerah yang baik di era otonomi daerah. 

Kata Kunci


Otonomi daerah; Sistem Informasi Manajemen; Pelayanan Publik

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Abdulah, Rozali (2011) Pelaksanaan Otonomi Luas Dengan Pemilihan Kepala Daerah Secara Langsung. Jakarta; PT. Raja Grafindo Persada

Davis, Keith & Newstorm Et.al (2006) Human Behavior at Work ; Organization Behavior, New York : Mc Graw Hill International

Ellitan, Lena dan Anatan, Lena (2007) sistem Informasi Manajemen Konsep dan Praktis. Bandung; Alfabeta

Gerson, R.F .(2002) Mengukur Kepuasan Pelanggan. PPM, Terjemahan, Jakarta

Hasibuan, Malayu (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara

Ismail (2009) Konsep Sistem Informasi Manajemen. (online) Tersedia : http://www.usu.ac.id (11 April 2016)

Kusdahananjani (2004) Standar Pelayanan Minimal dan Peningkatan Pelayanan Publik Di Era Otonomi Daerah. (1) 1-10

Moleong, Lexy. J (2011) Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Ombudsman (2015) Laporan Tahunan 2014. Jakarta : Ombudsman Republik Indonesia.

Prasojo, Latip. D (2012) Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Salam, Dharma. S (2004) Otonomi Daerah : Dalam Presfektif Lingkungan, Nilai dan Sumber Daya. Jakarta : Jambatan

Sosiawan, Arief. E (2008) Tantangan dan hambatan dalam Implementasi E-Government di Indonesia. Yogyakarta: UPN Veteran

Suratno (2012) Konsep Pelayanan Publik. (1) 1-9.

Undang-Undang No 22 Tahun 1999 Tentang Pemerintah Daerah.

Undang-Undang No 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

Undang-Undang No 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintah Daerah.

Undang-Undang No 32 Tahun 2004 pasal 14 ayat (1) Tentang Urusan Wajib yang menjadi urusan pemerintahan daerah kabupaten/kota.

Widjaja, H.A.U (2011) Otonomi Daerah dan Daerah Otonom. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Zeithalm, V., Parasuraman. A.A & Berry, LL (1990) Deliveryng Quality Service : Balacing Customer Perception and Expectation. New York: The Free Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.25147/moderat.v2i2.2687

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.