PENDEKATAN PENELITIAN KOMBINASI: SEBAGAI “JALAN TENGAH” ATAS DIKOTOMI KUANTITATIF-KUALITATIF

TATANG PARJAMAN, DEDE AKHMAD

Sari


Tulisan ini bertujuan untuk menempatkan posisi pendekatan penelitian kombinasi (mixed research) sebagai salah satu pelengkap dari dua pendekatan lama dalam praktek penelitian, yaitu pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Selain itu, akan dibahas pula aspek pragmatisme yang menjadi dasar filosofis pendekatan penelitian kombinasi, serta menjelaskan kerangka kerja untuk merancang penelitian dengan pendekatan kombinasi. Dalam mendiskusikan pendekatan kombinasi ini, pada tahap awal tidak terlepas dari munculnya perdebatan mengenai kelebihan maupun kelemahan antara pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Untuk itu model ketiga ini merupakan bentuk pragmatisme. Hal lain yang terpenting adalah penjelasan tentang prinsip-prinsip dasar pendekatan kombinasi  serta bagaimana menerapkannya, berupa perangkat desain untuk dua tipe pendekatan kombinasi (desain model kombinasi dan rancangan metode). Dari aspek proses, terdapat delapan langkah, dengan titik tolak pada aspek pluralisme metodologis atau ekletisisme yang seringkali menghasilkan sejumlah keunggulan dalam penelitian dibanding dengan penelitian tunggal). Pendekatan penelitian kombinasi ini sangat bermanfaat bagi peneliti dari aspek detail data serta dapat membantu mengembangkan konsep yang muncul dari lapangan.

Kata Kunci


Paradigma Penelitian; Penelitian Kombinasi; Desain Penelitian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ayer, A.J., 1959, Logical Positivism, New York, The Free Press.

Brannen, Julia, 2005, Memadu Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Campbell, D.T., & Stanley, J C., 1963, Experimental and Quasiexperimental Designs For Research, Chicago, IL: Rand Mc Nally.

Creswell, John W, 2010, Reseach Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Denzin, Norman K Lincoln & Yvonna S., 1994. Handbook of Qualitative Research, California, Sage Publication.

De Waal, C., 2001. On Peirce. Belmont, CA: Wadsworth.

Greene, J. C, Caracelli, V. J., & Graham, W. F., 1989. “Toward a Conceptual Framework For Mixed Method Evaluation Designs”, Educational Evaluation And Policy Analysis, 11, 255-274.

Howe, K. R., 1988. “Against the Qualitative Incomptability Thesis, or, Dogmas Die Hard, Educational Researcher, 17, 10-16.

Johnson, R. Burke; Onwuegbuzie, Anthony J & Turner, Lisa A. 2007. “Toward a Definition of Mixed Method Research”, dalam Journal of Methods Research, 1: 112.

Johnson & Onwuegbuzie, 2004. “Mixed Method Research: A Research Paradigm Whose Time Has Come”, Educational Researcher, Vol 33 No 7, pp 14-26, October.

Johnson & RB., & Turner L. A, 2003. “Data Collection Strategies and Mixed Methods Research”, dalam Tashakori, A. and C Teddlie (Eds.) Handbook Of Mixed Method in Social and Behavioral Research, Thousand Oaks, CA: Sage.

Lincoln, Y S., & Guba, E G. 2000. “Paradigmatic Controversies, Contradictions, and Emerging Confluencies, dalam N K. Denzin, and Y S Uncoln (Eds), Handbook of Qualitative Research (pp 163-188), Thosand Oaks, CA Sage.

Mc Millan, James H., 2008. Educational Research: Fundamentals for The Consumer, 5th ed, Boston: Pearson Education.

Maxwell, S. E & Delaney, H, D. 2004. Designing Experiments and Analyzing Data, Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum.

Martin, J., 1992. “Cultures in Organizations: Three Perspective, New York: Oxford University Press.

Morgan, G. & Smircich, L. 1980. “The Case for Qualitative Research”, Academy of Management Review, 5.

Morse, J. M., 1991.”Approuches to Qualitative-Quantitative Methodological Triangulation” , Nursing Research, 40, 120-123.

Miles, Metthew B, & Huberman, A. Michael, 1984. Qualitative Data Analysis: A Source- book of New Methods, Beverly Hills: Sage Publicaitons.

Murphy, JP. 1990. Pragmatism: From Pierce to Davidson, Boulder, CO: West View.

Neuman, W. Lawrence, 2003. Qualitative and Quantitative Approach, 5th edition, Boston USA: Allyn & Bacon.

Sieber, S. D., 1973. “The Integration of Fieldwork and Survey Methods”, American Journal of Sociology: 1335-1359.

Yauch & Steudel, 2003. “Complementary Use of Qualitative and Quantitative Cultural Assesment Methods”, Organizational Reseach Methods”, Vol. 6 No 4, October: 465-481




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/moderat.v5i4.3077

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.