RUANG PUBLIK VIRTUAL SEBAGAI PINTU KOMUNIKASI GOVERNMENT TO CITIZEN (Studi Kasus: Perbandingan Media Sosial Pemerintah Kota Yogyakarta dan Surabaya)
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Dewantara, R. W., & Widhyharto, D. S. (2015). Aktivisme dan Kesukarelawanan dalam Media Sosial Komunitas Kaum Muda Yogyakarta. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 19 (1), 40-52.
Effendi, M. W., Hendra, Y., &Matondang, A. (2019). Persepsi Masyarakat tentang Citra Pemerintah Kota Medan MelaluiAkun Media Sosial Instagram @humas_pemkomedan. Perspektif, 8(1), 20-26.
Faradhillah, N. Y., Kusumawardani, R. P., & Hafidz, I. (2016). Eksperimen Sistem Klasifikasi Analisa Sentimen Twitter pada Akun Resmi Pemerintah Kota Surabaya Berbasis Pembelajaran Mesin. Sesindo 2016, 2016.
Furqon, M. A., Hermansyah, D., Sari, R., Sukma, A., Akbar, Y., &Rakhmawati, N. A. (2018). Analisis Jenis Posting Media Sosial Pemerintah Daerah di Indonesia Berdasarkan Like dan Analisis Sentimental Masyarakat. Jurnal Sosioteknologi, 17(2), 177-190.
Hutagalung, S. S. (2016). Media Sosial, Pejabat Publik dan Good Governance.Prosiding, 106.
Kusno, A. (2017). Analisis Kritikan Pengguna Media Sosial Terhadap Kinerja Pemerintah Kota Samarinda [Analysis of Criticism the Use of Social Media Toward Performance of Goverment in Samarinda City]. TRIALS TOTOBUANG, 4(2), 231-244.
Margaretha, L., &Sunarya, D. M. (2017). Instagram Sebagai Media Sosialisasi 9 Program Unggulan Pemerintah (Studi Kasus pada Bagian Hubungan Masyarakat Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia pada Instagram @kemenkopUKM). Communication, 8(2), 88-105.
Munandar, H., &Suherman, M. (2016). Aktivitas Komunikasi Pemerintahan Ridwan Kamil di Media Sosial. Jurnal Hubungan Masyarakat, Gelombang, 1, 2015-2016.
Pailis, E. A., Ikhsan, M., Yusrizal, Y., &Herry, A. (2018). Optimalisasi Kebijakan Strategis Pembangunan Dalam Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Menuju Kota Cerdas. Dinamika Madani-Jurnal Pembangunan Daerah dan Inovasi, 1(1), 1-23.
Putra, I. G. L. A. R., & Swastika, I. P. A. (2016). Analisis Kerangka Kerja E-Government Assesment pada Situs Website Pemerintah Daerah di Indonesia. In Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Teknologi Informatika dan Komunikasi (pp. 18-19).
Prabowo, A., & Arofah, K. (2017). Media Sosial Instagram sebagai Sarana Sosialisasi Kebijakan Penyiaran Digital. Jurnal ASPIKOM, 3(2), 256-269.
Pratiwi, D. E., &Wihardi, D. (2018). Publikasi Kegiatan Pemerintah Kabupaten Karawang Melalui Instagram. Pantarei,2(3).
Rachmawati, R. (2018). Pengembangan Smart Village Untuk Penguatan Smart City Dan Smart Regency.
Sadjati, I. M. (2017). Smart Education dan Smart City.
Sari, D. K., & Siahainenia, R. R. (2015). Gerakan Sosial Baru di Ruang Publik Virtual pada Kasus Satinah.
Setiawan, H., &Santoso, P. (2015, July). Model Optimalisasi Peluang Pemanfaatan Media Jejaring Sosial dalam Implementasi E-Governance di Indonesia. In Seminar Nasional Informatika (Semnasif) (Vol. 1, No. 1).
Soares, D. S. (2016). Penerapan Information And Comuncation Technologies Dalam Kota Cerdas Di Yogyakarta. In SMART: Seminar on Architecture Research and Technology (Vol. 1, pp. 189-198).
Sofiana, M. (2016). Instagram Sebagai Media Publikasi Humas Pemerintah Kota Surabaya (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Surya dharma, B., & Susanto, T. D. (2017). Faktor Penerimaan Media Sosial Instansi Pemerintah di Indonesia. INTEGER: Journal of Information Technology, 2(2).
Susanto, E. H. (2017). Kelambanan Reformasi Birokrasi dan Pola Komunikasi Lembaga Pemerintah. JurnalAspikom, 1(1), 109-123.
Utomo, C. E., & Hariadi, M. (2016). Strategi Pembangunan Smart City dan Tantangannya bagi Masyarakat Kota. J. Strateg. dan Bisnis, 4(2), 159-176.
Winardi, S. (2017). Konsep Pengembangan Kabupaten yang Cerdas (StudiKasus: Kabupaten Sleman, Yogyakarta). Jurnal Teknologi Informasi Respati, 12(34).
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/moderat.v6i1.3165
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.