PERAN PEMIMPIN VISIONER DALAM MEWUJUDKAN INOVASI PELAYANAN PUBLIK (Studi Pada Desa Majasari Kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu)

Etih Henriyani

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang kepemimpinan visioner dalam mewujudkan inovasi pelayanan publik. Mengingat di era global saat ini tuntutan akan kualitas pelayanan publik semakin tinggi, sementara itu permasalahan yang muncul juga kian kompleks. Untuk itu, diperlukan peran pemimpin visioner yang mampu menciptakan peluang-peluang baru dalam menyelesaikan masalah serta mengelola potensi yang ada demi masa depan yang lebih baik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan studi lapangan. Penulis menganalisa, salah satu figur pemimpin yang visioner adalah Kepala Desa Majasari Kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu. Kepala Desa Majasari (Wartono, S.Pd., M.Si), mampu merealisasikan visi yang dijabarkan melalui misi Panca Karya Hita Karana (lima kerja yang menjadikan sejahtera). Berbagai inovasi pelayanan publik telah dilakukan baik dalam bidang pemerintahan, kemasyarakatan, kewilayahan, pertanian dan peternakan. Atas keberhasilan Desa Majasari meraih kejuaraan lomba desa baik di tingkat Kabupaten, Provinsi maupun nasional, kini Desa Majasari menjadi salah satu labsite.

Kata Kunci


Pemimpin Visioner, Inovasi, Pelayanan Publik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agolla, Joseph E dan J.B. Van Lill. (2013). Public Sector Innovation Drivers : A Process Model. J Soc Sci, 34 (2), 165 – 176.

Basuki, Johanes. (2012). Budaya Pelayanan Publik. Jakarta : Hartomo Media Pustaka.

Howie, Patrick. J, (2011). The Evolution of Revolutions : How We Create, Shape, and React to Change. New York : Promotheus Books.

Kastelle, Tim dan Martin Stewart-Weeks. (2015). How Does Innovation Work in the Public Sector ?. Australian Journal Of Public Administration, 74 (1), 63-72.

Kimberly, J.R.(1981). Managerial Innovation.In P.C. Nystrom dan W.H.Starbuck,eds., Handbook of Organizational Design : New York.

----------------- dan G. De Pouvourville, (1993). The Migration of Managerial Innovation. San Fransisco : Jossey-Bass.

Rahayu dan Juwono. (2019). Birokrasi dan Governance. Depok : Rajawali Pers.

Sedarmayanti. (2013). Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan Kepemimpinan Masa Depan. Bandung : Refika Aditama.

Sunyoto dan Burhanudin. (2011). Perilaku Organisasional. Yogyakarta : CAPS.

Triantara, Agus. (2016). Desa Majasari Miniatur Peradaban Indonesia. Jakarta : Semeru Publishing.

Uha, Ismail Nawawi. (2014). Manajemen Perubahan. Bogor : Ghalia Indonesia.

---------------(2015). Budaya Organisasi, Kepemimpinan dan Kinerja. Jakarta : Prenadamedia Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/moderat.v6i2.3427

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.