PENGARUH PELAYANAN PUBLIK TERHADAP TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT (STUDI KASUS DI KANTOR KECAMATAN CIJEUNGJING KABUPATEN CIAMIS)

Gian Nurhidayah

Sari


          Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan publik terhadap tingkat kepuasan masyarakat (studi kasus di Kantor Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriftif karena hanya menggambarkan fenomena-fenomena masalah, menerangkan hubungan sebab akibat, menguji hipotesis, membuat prediksi-prediksi dan mendapatkan makna serta aplikasi dari suatu masalah yang akan dipecahkan.Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan studi lapangan yang meliputi : angket, wawancara, dan observasi. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang menerima pelayanan selama Bulan Januari 2016 sebanyak 55 orang.Dari hasil penelitian diperoleh hasil sebagai berikut : 1) Pelayanan publik telah terlaksana dengan baik sesuai faktor pendukung pelayanan publik. Hal ini dibuktikan dengan perolehan skor rata-rata sebesar 188,00. Jika dipersentasekan diperoleh hasil 68,36% termasuk kategori baik. 2) Tingkat kepuasan masyarakat telah tercapai dengan baik sesuai dengan lima unsur dalam menentukan kepuasan konsumen (masyarakat) yang harus diperhatikan oleh organisasi. Hal ini berdasarkan hasil angket, dimana diperoleh rata-rata skor sebesar 191,00. Jika dipersentasekan diperoleh hasil sebesar 68,98% termasuk kategori baik.Dari perhitungan korelasi product moment diperoleh nilai sebesar 0,495 termasuk dalam hubungan sedang antara pelayanan publik dengan tingkat kepuasan masyarakat. Pengaruh pelayanan publik terhadap tingkat kepuasan masyarakat (studi kasus di Kantor Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis) sebesar 24,54%. Sedangkan 75,46% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.Dengan tingkat keyakinan 95% dengan α = 0,05, dan n=55, maka diperoleh  t tabel = 2,000.  Karena t hitung­ sebesar 4,1483 > dari t­ ­­­tabel  sebesar 2,000,  maka hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian hipotesis kerja (Ha) yang telah dirumuskan yaitu “Terdapat pengaruh positif antara pelayanan publik terhadap tingkat kepuasan masyarakat (studi kasus di Kantor Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis)”  diterima. Kata Kunci : Pelayanan Publik, Kepuasan Masyarakat

Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF (English)

Referensi


Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta.

Aryani, Munthe Zaini, 2008. Strategi Pembelajaran Aktif, Jogyakarta : Pustaka Insan Madani.

Surya, Darma, 2007. Manajemen Kinerja Falsafah Teori dan Penerapannya. Jogyakarta : Pustaka Pelajar.

Hamalik, Oemar, 2000. Pengembangan Sumber Daya Manusia, Manajemen Pelatihan ketenagakerjaan, Pendekatan Terpadu, Jakarta : Bumi Aksara.

Kurniawan, Agung, 2005. Transformasi Pelayanan Publik, Yogyakarta : Pembaruan.

Kotler, Philip, 2000. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium 1 (Edisi Bahasa Indonesia). Jakarta : PT. Indeks

Lupiyoadi, Hamdani, 2008, Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta : Salemba Empat

Maskun, H. Sumitro, 2007. Pembangunan Masyarakat Desa, Azas Kebijakan dan Manajemen, Jogyakarta : Media Widya Mandala.

Moenir, H. A. S., 2010. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta : Bumi Aksara.

Rakhmat, Jalaludin, 2000. Metode Penelitian Komunikasi, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sardiman, A.M, 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Simamora, Bilson, 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Soedjadi, F.X, 1997. Analisis Manajemen Modern : Kerangka Pikir dan Beberapa Pokok Aplikasinya, Jakarta : Gunung Agung.

Sudjana, 1982. Metode Statistika, Bandung : Tarsito.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RD, Bandung : Alfabeta.

Surakhmad, Winarso, 2004. Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar Metode dan Teknik, Bandung : Tarsito.

Sutopo dan Suryanto, 2006. Pelayanan Prima. Bahan Ajar Diklat Prajabatan Golongan II, Jakarta : Lembaga Administrasi Negara.

Tjiptono, Fandy, 2002. Manajemen Jasa, Jogyakarta : Andy.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 25 Tahun 2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah.

Peraturan Bupati Ciamis Nomor : 63 Tahun 2008 tentang Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Unsur Organisasi Kecamatan.




DOI: http://dx.doi.org/10.25147/moderat.v3i1.679

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.