PENGARUH PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KECAMATAN KAMPUNG LAUT KABUPATEN CILACAP TAHUN 2015

Sepi Beni Pratama

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kecamatan Kampung Laut Kabupaten Cilacap Tahun 2015. Rumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut: 1)  Bagaimana pelayanan administrasi terpadu Kecamatan di Kantor Kecamatan Kampung Laut Kabupaten Cilacap Tahun 2015?; 2) Bagaimana kepuasan masyarakat dalam menerima pelayanan administrasi terpadu Kecamatan di Kantor Kecamatan Kampung Laut Kabupaten Cilacap Tahun 2015?; dan 3) Berapa besar pengaruh pelayanan administrasi terpadu Kecamatan di Kantor Kecamatan Kampung Laut Kabupaten Cilacap terhadap tingkat kepuasan masyarakat?Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah 26 informan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Berdasaran hasil penelitian diperoleh hasil bahwa: 1) Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan di Kantor Kecamatan Kampunglaut Kabupaten Cilacap Tahun 2015 diperoleh skor 106,7 atau dengan kategori baik. Apabila dipersentasekan mendapat skor 82,10 artinya pelaksanaannya berada pada kategori baik. 2) Kepuasan masyarakat sebagai Penerima Pelayanan Terpadu Kecamatan (PATEN) Kecamatan Kampunglaut Kabupaten Cilacap diperoleh skor 86,85 atau dengan kategori sedang. Apabila dipersentasekan mendapat skor 66,80 artinya kepuasan yang diterima masyarakat termasuk kategori baik. 3) Pengaruh pelayanan administrasi terpadu kecamatan terhadap kepuasan masyarakat di Kecamatan Kampunglaut Kabupaten Cilacap Tahun 2015, setelah dihitung melalui rumus korelasi product moment didapat koefisien korelasi sebesar 0,658, hubungan pelayanan administrasi terpadu (Paten) dengan kepuasan masyarakat termasuk hubungan yang kuat.  Kata Kunci: Pengaruh, Pelayanan Administrasi Terpadu, Kepuasan Masyarakat  

Teks Lengkap:

Download PDF (English)

Referensi


A. Buku Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2004. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Rineka Cipta.

Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. yogyakarta: Gava Media.

Irawan, Handi. 2004. 10 prinsip kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elek Media Komputindo.

Lupiyado, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa (Teori dan Praktik) Jakarta: PT Salemba Emban Patria.

Ridwan dan Sunarto. 2009. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta

Sinambela, Lijan Poltak. 2014. Reformasi Pelayanan Publik:Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta: PT. BumiAksara.

Supranto. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono, 2010. Metode penelitian kualitatif. Bandung: Alphabeta

B. Peraturan Perundang-undangan

Peraturan Bupati Cilacap Nomor 87 Tahun 2014 tentang Penetapan Standar Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan di Kabupaten Cilacap

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 96 tahun 2012 tentang Pelayanan Publik




DOI: http://dx.doi.org/10.25147/moderat.v3i4.855

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.