Literasi Matematis di SMK Agribisnis dan Agriteknologi: Mempertemukan Masalah dalam Konteks Pertanian dengan Masalah Matematis

Ai Tusi Fatimah, Agus Yuniawan Isyanto, Euis Erlin

Abstract


Konteks dalam soal literasi matematis merupakan komponen esensial. Agribisnis dan agriteknologi merupakan salah satu pilihan keahlian pada sekolah menengah kejuruan di Indonesia yang berada di area pertanian. Konteks pertanian yang terhubung dengan matematika dapat dikonstruksi menjadi soal literasi matematis bagi peserta didik SMK bidang keahlian agribisnis dan agriteknologi. Artikel ini akan membahas teknik untuk mempertemukan masalah dalam konteks pertanian dengan masalah matematis. Pembahasan meliputi teknik menggali konteks pertanian yang terhubung dengan matematika serta formulasi dari situasi  aktivitas pertanian sehingga diperoleh masalah matematis. Konteks pertanian dapat diperoleh dari pengamatan di lingkungan sekolah dan tempat kerja, wawancara dengan guru keahlian dan praktisi pertanian, serta dokumen-dokumen yang berhubungan dengan pertanian. Formulasi dilakukan dengan mengenali situasi konteks dan merepresentasikannya ke dalam suatu ekspresi matematika. Kegiatan penggalian konteks pertanian dan formulasi situasi pertanian secara matematis berimplikasi terhadap kemampuan merancang soal-soal literasi matematis bagi peserta didik di SMK agribisnis dan agriteknologi.

Full Text:

PDF

References


Bakker, A. (2014). Characterising and developing vocational mathematical knowledge. Educational Studies in Mathematics, 86(2), 151–156. https://doi.org/10.1007/s10649-014-9560-4

Fatimah, A. T., & Prabawanto, S. (2020). Mathematical understanding and reasoning of vocational school students in agriculture-based mathematical tasks. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(2), 701–712. https://doi.org/10.17478/JEGYS.702884

Fatimah, A. T., Pramuditya, S. A., & Wahyudin, W. (2019). Imitative and creative reasoning for mathematical problem solving (in context horticultural agribusiness). Journal of Physics: Conference Series, 1157(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042092

Fatimah, A. T., & Solihah, S. (2020). Matematika pada Mata Pelajaran Produksi Pengolahan Hasil Pertanian. Umlahku Jurnal Matematika Ilmiah, 6(2), 176–187.

Fatimah, A. T., & Wahyudin, W. (2020). Number Sense Siswa Smk Pada Tugas Matematis Berbasis Pertanian. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 133. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3322

Fatimah, A. T., Wahyudin, W., & Prabawanto, S. (2020). The role of agricultural contextual knowledge on the mathematical understanding of vocational students. Journal of Physics: Conference Series, 1521(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/3/032020

Fatimah, A T, Isyanto, A. Y., & Toto, T. (2022). Integrator Kontekstual untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Kejuruan Program Agribisnis Perikanan. Prosiding Seminar Nasional …. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/14215%0Ahttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/download/14215/7372

Fatimah, Ai Tusi. (2021). Koneksi Matematis Siswa pada Tugas Matematis Berbasis Hasil Pertanian: Konteks, Konsep, dan Prosedur Matematis. Jurnal Elemen, 7(2), 295–309. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.3176

Fatimah, Ai Tusi. (2022). Matematika Kejuruan Menuju Merdeka Belajar. Deepublish.

Fatimah, Ai Tusi, Amam, A., & Effendi, A. (2022). Utilization of The Yard Through Vegetable Planting Practices Integrated Mathematics for Student at Adiwiyata School. Pasundan International Og Community Service Journal, IV(1), 1–10. https://doi.org/10.15797/concom.2019..23.009

Fatimah, Ai Tusi, Isyanto, A. Y., & Toto. (2022). Konteks dan Konten Matematika di SMK / MAK Agribisnis dan Agriteknologi. PRCI.

Fatimah, Ai Tusi, Isyanto, A. Y., Toto, Nurtiasih, T., & Fauziyyah, I. N. (2022). Sistem Bilangan Real di SMK Agriteknologi Pengolahan Hasil Pertanian (Pembelajaran Matematika Berbasis STEAM-H). Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

Fatimah, Ai Tusi, & Solihah, S. (2021). Desain Bahan Ajar Berbasis Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(1), 25. https://doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4487

Hadiyanti, N. F. D., Hobri, Prihandoko, A. C., Susanto, Murtikusuma, R. P., Khasanah, N., & Maharani, P. (2021). Development of mathematics e-module with STEM-collaborative project based learning to improve mathematical literacy ability of vocational high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1839(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1839/1/012031

Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 024/H/KR/2022 tentang Konsentrasi Keahlian SMK/MAK Pada Kurikulum Merdeka. 1–23.

Lacroix, L. (2014). Learning to see pipes mathematically : preapprentices ’ mathematical activity in pipe trades training. Educational Studies in Mathematics, 86(2), 157–176. https://doi.org/10.1007/s10649-014-9534-6

Marlina, M., Nasrullah, A., Mahuda, I., & Junedi, B. (2020). IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 13(2), 209–224.

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/b25efab8-en

OECD. (2021). PISA 2021 Mathematics Framework (Draft). https://www.oecd.org/pisa/sitedocument/PISA-2021-mathematics-framework.pdf

Putri, D. A., Susanti, V. D., & Apriandi, D. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Rme Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas Xi Smk. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 138–146. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.470

Roehrig, G. H., Dare, E. A., Ring-Whalen, E., & Wieselmann, J. R. (2021). Understanding coherence and integration in integrated STEM curriculum. International Journal of STEM Education, 8(1). https://doi.org/10.1186/s40594-020-00259-8

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Paper of Matematohir, 2(1), 1–2. https://matematohir.wordpress.com/2019/12/03/hasil-pisa-indonesia-tahun-2018-turun-dibanding-tahun-2015/

Vallera, F. L., & Bodzin, A. M. (2020). Integrating STEM with AgLIT (Agricultural Literacy Through Innovative Technology): The Efficacy of a Project-Based Curriculum for Upper-Primary Students. International Journal of Science and Mathematics Education, 18(3), 419–439. https://doi.org/10.1007/s10763-019-09979-y


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh