Mengapa Literasi Matematis Penting dan Diperhatikan?

Abdul Azid, Lala Nailah Zamnah, Sri Solihah

Abstract


Kemampuan literasi matematis menjadi salah satu kemampuan yang dikatakan sangat penting, bahkan kemampuan literasi diperkirakan dapat membantu dalam menghadapi kemajuan ilmu pengetahuan teknologi informasi dan komunikasi, kompetisi global, dan persaingan bebas.pada abad ke-21. Masyarakat gobal memberikan perhatian yang sangat tinggi terhadap kemampuan literasi matematis, perhatian tersebut dapat dilihat dari munculnya beberapa organisasi atau program yang menjadikan kemampuan literasi matematis sebagai acuannya. PISA menjadi salah satu program yang berskala internasional dari OECD yang menjadikan kemampuan literasi matematis sebagai acuan selain literasi membaca dan literasi sains. Kemampuan literasi matematis juga dijadikan acuan pada program penilaian skala nasional yaitu pada program asessment nasional (AN). Berdasarkan paparan terkait pernyataan pentingnya serta perhatian tinggi masyarakat global terhadap literasi matematis peneliti ingin mengetahui apa yang mendasari penyataaan serta perhatian tersebut. Penelitian ini mendeskripsikan beberapa alasan tentang pentingnya literasi matematis. Dimana pendeskripsian beberapa alasan ini merupakan pembeda artikel ini dengan artikel yang peneliti ketahui, dimana artikel yang peneliti temukan biasanya hanya membahas atau mendeskripsikan 1 alasan tentang pentingnya kemampuan literasi matematis. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kajian Pustaka. Berdasarkan hasil kajian, kemampuan literasi matematis penting dalam menghadapi kehidupan sehari-hari, kemampuan literasi matematis penting dalam menghadapi abad ke-21, dan kemampuan literasi matematis penting dalam meningkatkan sumber daya manusia.

Keywords


asessment nasional; literasi matematis

Full Text:

PDF

References


Ahmad, D. N., Setyowati, L., & Ati, A. P. (2021). Kemampuan Guru dalam Asesmen Kompetensi Minimum ( AKM ) untuk Mengetahui Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 58, 129–134.

Anwar, N. T. (2018). Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran Matematika Abad-21. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 364–370. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Mardhiyah, R. H., Aldriani, sekar nurul fajriyah, Chitta, F., & Zulfikar, muhamad rizal. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.

Masjaya, & Wardono. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningatkan SDM. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 568–574.

Novalia, E. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematika dan Karakter Kreatif pada Pembelajaran Synectics Materi Bangun Ruang Kelas Viii. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 225–232.

Nurmaya, R., Muzdalipah, I., & Heryani, Y. (2022). ANALISIS PROSES LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MODEL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(September 2021), 13–26.

OECD. (2018). Country Note Programme for International Student Assessment (PISA) Result From Pisa 2018. https://doi.org/10.1007/978-94-6209-497-0_69

Riyadhotul, S., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 905–910.

Sugiman. (2009). PANDANGAN MATEMATIKA SEBAGAI AKTIVITAS INSANI BESERTA DAMPAK PEMBELAJARANNYA. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY,. www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange- Gain.pdf%0A

Susanti, E., & Syam, S. S. (2017). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Indonesia. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 2–7.

Wijaya, A., Universitas negeri yogyakarta, Dewayani, S., & yayasan litara. (2021). FRAMEWORK ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM ( AKM ).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh