Kemampuan Penalaran Deduktif Matematis Siswa SMP pada Soal Cerita Bangun Ruang Sisi Datar

Albi Oktaviana Al Qifari, Ai Tusi Fatimah, Nur Eva Zakiah

Abstract


Artikel ini membahas terkait kemampuan penalaran deduktif matematis siswa SMP pada soal cerita bangun ruang sisi datar. Penalaran deduktif matematis siswa merupakan cara menyelesaikan suatu permasalahan dari suatu aturan khusus ke umum yang kebenarannya sudah dibuktikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui tingkat lemampuan penalaran deduktif matematis siswa pada soal cerita bangun ruang sisi datar. Penelitian ini dilakukan disalah satu SMP Negeri di Kota Tasikmalaya. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes soal kemampuan penalaran deduktif. Analisis data dilakukan berdasarkan indikator kemampuan penalaran deduktif matematis, pedoman penskoran, dan kriteria kemampuan rendah, sedang, tinggi. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan rendah, sedang, dan tinggi berturut-turut yaitu 13 persen, 68 persen, dan 19 persen.

Keywords


Penalaran; Penalaran Deduktif; Bangun Ruang Sisi Datar

Full Text:

PDF

References


Arif, D. S. F., Zaenuri, & Cahyono, A. N. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Pembelajaran Interaktif dan Google Classroom. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 16 Februari 2021, Universitas Negeri Semarang.

Fadillah, A. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Deduktif Matematis Siswa. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika (JTAM). Vol. 3 No.1: 15-21.

Fani, A. A. D., & Effendi, K. N. S. (2021). Kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari kecemasan belajar pada siswa smp pada materi lingkaran. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI). Vol. 4 No. 1: 137–148.

Fatimah, A. T., & Zakiah, N. E. (2018). Dalam Pemecahan Masalah Konteks Pemasaran Procedural Fluency In Mathematical Problem-Solving. M A T H L I N E Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika Issn. Vol. 3 No. 2: 141–150.

Herlambang. (2013). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas vii SMP negeri 1 Kepahiang Tentang Bangun datar Ditinjau Dari Teori Van Hiele. Tesis. Universitas Bengkulu: Tidak Dipublikasikan.

Mustofa, I. (2016). Jendela Logika dalam Berfikir: Deduksi dan Induksi sebagai Dasar Penalaran Ilmiah. El-Banat. Vol. 6 No. 2.

Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudaayan Tahun 2014 Kurikulum 2013 Tentang Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.

Saputra, E., & Zulmaulida, R. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Deduktif Siswa pada Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS.) Suska Journal of Mathematics Education. Vol. 7 No. 2: 113-122.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabet.

Tanti, N. R. D. (2021). Penerapan Media Video Pembelajaran Berbasis Kinemaster Terhadap Kemampuan Penalaran Siswa dalam Pemodelan di Kelas VIII SMPN 3 Pandih Batu. Skripsi. Universitas Islam Negeri Antasari.

Wanti, N., Juariah, J., Farlina, E., Kariadinata, R., & Sugilar, H. (2017). Pembelajaran Induktif Pada Kemampuan Penalaran Matematis dan Self-Regulated Learning Siswa. Jurnal Analisa. Vol. 3 No. 1: 56-62.

Winarso, W. (2014). Membangun Kemampuan Berfikir Matematika Tingkat Tinggi melalui Pendekatan Induktif, Deduktif dan Induktif-Deduktif dalam Pembelajaran Matematika. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh