Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berbasis Etnomatematika

Ana Karlina Septiani, Lala Nailah Zamnah, Yoni Sunaryo

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah ditandai dengan pesatnya teknologi dan perkembangan ilmu pengetahuan, salah satunya keterampilan yang harus dikuasi oleh siswa dalam pembelajaran matematika pada abad ke-21. Pembelajaran matematika berbasis etnomatematika yang diantaranya dapat memfasilitasi siswa dalam mengkonstruksi pemahamannya dalam memahami materi pelajaran dan dapat memecahkan masalah matematika dengan sistematis dan tepat. Berdasarkan yang telah dipaparkan, maka peneliti mengkaji mengenai kemampuan pemecahan masalah matematis berbasis etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai kemampuan pemecahan masalah matematis berbasis etnomatematika, sehingga bermanfaat untuk memberikan sumbangan pemikiran dan referensi bagi guru agar diterapkan pada proses pembelajaran matematika dan penelitian yang terkait. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Hasil kajian menunjukkan bahwa berbasis etnomatematika dapat meningkatkan dan melatih siswa dalam memecahkan masalah dikarenakan mudah dalam pembelajaran matematika.

Keywords


Kemampuan pemecahan masalah; Etnomatematika; Matematika

Full Text:

PDF

References


Aini, Q. (2019). Identifikasi kemampuan metakognisi siswa SD dalam pemecahan masalah berdasarkan disposisi matematis. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 97. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.688

Aisyah, P. N., Nurani, N., Akbar, P., & Yuliani, A. (2018). Analisis hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self confidence siswa smp. 1(1), 58–65.

Ayu, I., Diah, P., Made, N., & Mertasari, S. (2019). The Effect of online problem posing on students ’ problem-solving abilitiy in mathematics. 12(1), 809–820.

Education, T. (2018). Analysis problem solving in mathematical using theory newman. 14(2), 671– 681. https://doi.org/10.12973/ejmste/80630

Hendriana, H., Rohaeti, E.E., & Sumarmo, U. (2017) Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Nasryah, C. E., & Rahman, A. A. (2020). PENGARUH PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA TERHADAP. 7(2), 126–140.

Nihaya, A. A., Kesumawati, N., Rizki, M., & Dirgantara, D. (2022). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran matematika berbasis etnomatematika sekolah dasar. 8(4).

Nurfitriyani, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2), 149-160.

Polya, G. (1973). How to Solve It Second Edition. New Jersey: Princeton University Press.

Suhartini, S., & Martyanti, A. (2017). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran geometri berbasis etnomatematika. Jurnal Gantang, 2(2), 105–111. https://doi.org/10.31629/jg.v2i2.198

Szabo, Z. K., Körtesi, P., Guncaga, J., Szabo, D., & Neag, R. (n.d.). Examples of problem-solving strategies in mathematics education supporting the sustainability of 21st-century skills.

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897

Wahyuni, A., Aji, A., Tias, W., & Sani, B. (2013). Peran etnomatematika dalam membangun karakter


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh