Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar

Fauziani Puspita, Nur Eva Zakiah, Ai Tusi Fatimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kemampuan komunikasi matematis siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar pada kelas VIII di SMPN 3 Ciamis berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematis siswa. Instrumen yang digunakan yaitu soal kemampuan komunikasi. Penelitian ini merupakan kuantitatif deskriptif. Sampel yang diambil sebanyak 31 siswa kelas VIII. Adapun analisis yang dilakukan dalam penelitian ini untuk menjelaskan kemampuan komunikasi matematis siswa ke dalam kategori tinggi, sedang, dan rendah serta mengetahui analisis persentase hasil analisis nilai butir soal berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar memiliki tingkat kategori tinggi, sedang, dan rendah yang beragam. Persentase nilai butir soal berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematis terdapat nilai tertinggi dan terendah berada pada indikator 1 dan 2 dengan persentase sebesar 69% dan 35%.

Keywords


Bangun ruang sisi datar; instrumen tes; kemampuan komunikasi

Full Text:

PDF

References


Adila, D. N., Zanthy, L. S., & Yuspriyati, D. N. (2020). Karakteristik Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Lingkaran. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 35–46.

Afrilianto, M. (2015). Pengaruh Pendekatan Model-Eliciting Activities Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smp. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwang, 2(1), 40–45.

Dalimunthe, S. A. S. M., & Syahputra, E. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Think Pair Share untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Cendikia : Jurnal Pendidikan Matematika, 06(01), 735–747.

Dyaningtyas, C. A., Misdalina, & Lusiana. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Power Point. Histogram:Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 44–53.

Fani, A. A. D., & Effendi, K. N. S. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp Pada Materi Lingkaran. Prosiding Seminar Nasional Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 62–71.

Gunur, B., & Santi, K. (2019). Komunikasi Matematis Melalui Kooperatif Numbered Head Together Dan Think Pair Share. Histogram:Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 108–121.

Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2019). Penilaian Pembelajaran Matematika. PT. Refika Aditama.

Hibatulloh, N. (2014). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Antara Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Konvensional. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 169–178.

NCTM. (2000). Principle and Standards for School Mathematics. VA : NCTM.

Nerru, P. M., Mariani, S., & Cahyono, E. (2013). Pembelajaran Metode Reciprocal Teaching Berbantuan Cabri Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematik Siswa Kelas X. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 2(1), 153–157.

Nurlaila, S., Sariningsih, R., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Terhadap Soal-Soal Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(6), 1113–1120.

Suryapuspitarini, B. K., Wardono, & Kartono. (2018). Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 876–884.

Tianingrum, R., & Sopiany, H. N. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Prosiding Seminar Nasional Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 440–446.

Yunia, N., & Zanthy, L. S. (2020). Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Aritmatika Sosial. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 105–116. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.656

Zakiah, N. E., Fatimah, A. T., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2020). Collaboration and communication skills of pre-service mathematics teacher in designing project assignments. J. Phys.: Conf. Ser. 1657 012073. doi:10.1088/1742-6596/1657/1/012073.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh