Analisis Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama

Joni Junaedi, Lala Nailah Zamnah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya kemampuan matematis siswa, fenomena yang terjadi di lapangan bahwa kemampuan matematis siswa kelas VIII MTs Linggalaksana masih rendah, sebagian besar siswa mengalami kesulitan saat berhadapan dengan soal matematika dan belum mampu menyelesaikan masalah pada soal dengan baik. Faktor yang mempengaruhi kemampuan matematis siswa salah satunya adalah minat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang populasinya adalah siswa di MTs Linggalaksana Cikatomas Tasikmalaya, sampel yang digunakan sebanyak 22 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, dengan jumlah pernyataan sebanyak 18 item pernyataan yang mencakup pernyataan secara positif dan negatif. Instrumen ini dibuat berdasarkan 4 indikator minat belajar matematika siswa. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus presentase hasil jawaban siswa yang kemudian dideskripsikan menggunkan kriteria penafsiran hasil jawaban siswa. Hasil yang di dapat dari menganalisis penelitian ini menujukan bahwa minat belajar siswa pada indikator perasaan senang dalam mengikuti pembelajaran matematika, memiliki ketertaikan dalam mengikuti setiap pembelajaran matematika, dan memiliki sikap disiplin dalam belajar matematika yang menunjukan sebagian besar siswa memiliki minat belajar matematika. Untuk indikator perhatian lebih dan khusus dalam belajar matematika hampir suluruh siswa lebih memperhatikan pelajaran matematika. Secara keseluruhan rata-rata presentase dari data angket yang diperoleh sebesar 72,25% yang artinya sebagian besar siswa kelas VIII di MTs Linggalaksana Cikatomas Tasikmalaya memiliki minat belajar dengan kategori tinggi pada pembelajaran matematika.

Keywords


Minat belajar; Pembelajaran Matematika

Full Text:

PDF

References


Annisa. (2019). Hubungan Antara Minat Belajar Siswa Dengan Pemahaman Matematis Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kota Jambi. Skripsi.

Apriyanto, M. T., & Herlina, L. (2020). Analisis Prestasi Belajar Matematika pada Masa Pandemi Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika, 1(1), 135–144. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNP Munindra/article/view/4774

Felani, I., Ramdhani, T. N., & Hendriana, H. (2018). Kemampuan Mengidentifikasi Dan Merumuskan Masalah Bangun Datar Serta Minat Belajar Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 229. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p229- 238

Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika.

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(1), 6.https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.870 Hanipa, A., Misbahudin, A. R., Andreansyah, & Setiawan, W. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa

Mts Kelas Viii Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Aplikasi Geogebra. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(5), 315. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i5.p315- 322

Hendriana, H., Rohaeti, E, E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skill and Soft Skill Matematika Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Khodijah, S. S., & Setiawan, W. (2020). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Smp Kelas Ix Pada Materi Grafik Fungsi Kuadrat Berbantuan Software Geogebra. Journal of Honai Math, 3(1), 27–40. https://doi.org/10.30862/jhm.v3i1.112

Ledun, R. F. I., Kaluge, A. H., & Fernandez, A. J. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, 2(2), 153–159.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa.

Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264 Pemerintah, P. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tentang Standar

Nasional Pendidikan. 102501, 1–49. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/165024/pp- no- 57-tahun-2021

Putra, A., Sofiyan, & Malini, H. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 10 Langsa Tahun Pelajaran 2018/2019. Journal of Basic Education Studies, 2(2), 10–22.

Sholehah, S. H., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2018). Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iv Sd Negeri Karangroto 04 Semarang. Jurnal Mimbar Ilmu, 23(3), 237–244. https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16494

Simbolon, N. (2014). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(2), 14–19.

Sukada, I. K., Sadia, W., & Yudana, M. (2013). Kontribusi Minat Belajar, Motivasi Berprestasi Dan Kecerdasan Logis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Kintamani. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1),1=11.

Warsito. (2019). Peningkatan Minat Belajar Matematika Kelas Iv Melalui Alat Peraga LayangLayang. Jurnal Sinektik, 2(2), 242–248.

Widiantika, I., & Munandar, D. R. (2021). Analisis Minat Belajar Daring Matematika Siswa Komunitas Studygram Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(2), 425–432. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.425-434


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh