Penerapan Media Website Google Sites Berbasis Problem Based Learning pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Hena Rahmawati, Nur Eva Zakiah, Angra Meta Ruswana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan website google sites berbasis problem based learning dalam kegiatan pembelajaran di kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Zainab SMP Quranic Science Boarding School. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis data pada lembar observasi diketahui aktivitas siswa sebesar 86% dari 18 aspek penilaian pada lembar observasi. Hal ini menunjukkan bahwa media website google sites berbasis problem based learning sangat baik untuk digunakan siswa dalam kegiatan pembelajaran matematika pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII Zainab SMP Quranic Science Boarding School. Penerapan media website google sites berbasis problem based learning memberikan manfaat baik bagi siswa maupun guru, diantaranya melalui penerapan website google sites berbasis problem based learning siswa menjadi lebih mudah memahami materi yang sedang dipelajari karena disajikan gambar maupun ilustrasi-ilustrasi. Tampilan media website google sites berbasis problem based learning yang menarik membuat siswa tidak mudah bosan. Selain itu, guru mudah mengecek daftar hadir, hasil kerja siswa, hasil jawaban tugas siswa pada media website google sites karena data tersebut sudah terekam secara otomatis.

Keywords


Pembelajaran matematika; problem based learning; website google sites

Full Text:

PDF

References


Arends, R. (2007). Learning to teach seventh edition. New York: The Mc Graw Hill Companies.

Arsyad, A. (2013). Media pembelajaran. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.

Gunawan, A. (2017). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SDN 59 Kota Bengkulu. Jurnal Pgsd: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 1–10.

Jubaidah, S., & Zulkarnain, M. R. (2020). Penggunaan google sites pada pembelajaran matematika materi pola bilangan kelas viii SMPN 1 Astambul. Lentera Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(2), 68–73.

Kristofora, M., & Sujadi, A. A. (2017). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan masalah matematika dengan menggunakan langkah polya siswa kelas vii SMP. Prisma, 6(1), 9–16. Https://Doi.Org/10.35194/Jp.V6i1.24

Mukti, W. M., Puspita, Y. B., & Anggraeni, Z. D. (2020). Media pembelajaran fisika berbasis web menggunakan google sites pada materi listrik statis. Webinar Fisika 2020, 5(1), 51–59.

Oktaviani, E. R., & Sodiq, S. (2022). Penerapan media google sites pada pembelajaran menulis teks anekdot siswa kelas X teknik pemesinan 1 SMK Negeri 13 Surabaya. Jurnal Bapala, 9(8), 237–246.

Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi pendekatan kontekstual pada model pembelajaran berbasis masalah berdasarkan langkah-langkah polya. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 4(2), 111–120.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh