Peran Budaya Indonesia dalam Pembelajaran Matematika

Ineu Nurhasanah, Asep Amam, Sri Solihah

Abstract


Pendidikan memegang peranan penting karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. matematika merupakan ilmu abstrak yang bersifat deduktif yang berkaitan tentang bilangan atau bahasa numerik yang menggunakan metode berpikir logis dalam mempelajari hubungan pola, bentuk, struktur dan ruang. Kebudayaan Indonesia adalah keseluruhan kebudayaan lokal yang ada disetiap daerah di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran budaya Indonesia dalam pembelajaran matematika dengan mengkaji hasil penelitian yang dilakukan peneliti di Indonesia. Adapun pengumpulan data pada penelitian ini yaitu mengumpulkan data dari berbagai sumber yang relevan seperti jurnal, skripsi, tesis dan artikel yang dipublikasi dalam jurnal ilmiah. Menurut kajian beberapa artikel dapat disimpulkan bahwa peran budaya Indonesia sangat berpengaruh dalam pembelajaran matematika.

Keywords


Pendidikan; Matematika; Budaya Indonesia

Full Text:

PDF

References


Afriyanti, I. (2018). Pengembangan Literasi Matematika Mengacu PISA Melalui Pembelajaran Abad Ke-21 Berbasis Teknologi. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Andriono, R. (2021). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6370

An’nur, S., Sari, M., Wati, M., Misbah, M., & Dewantara, D. (2020). Developing of simple props using local materials to support natural sciences learning. Journal of Physics: Conference Series, 1422(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1422/1/012011

Fajriyah, E. (2018). Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Nahak, H. M. I. (2019). Upaya Melestarikan Budaya Indonesia Di Era Globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 65–76. https://doi.org/10.33369/jsn.5.1.65-76

Ninawati, M. (2020). Potensi Penerapan Nilai-Nilai Budaya Lokal Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. In Jurnal MATH-UMB.EDU (Vol. 7, Issue 2).

Rahmah, N. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika.

Richardo, R. (2016). Peran Ethnomatematika Dalam Penerapan Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013. Jurnal LITERASI.

Sirate, F. (2012). Implementasi Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar.

Surat, I. M. (2018). Peranan Model Pembelajaran Berbasis Etnomatematika sebagai Inovasi Pembelajaran dalam Meningkatkan Literasi Matematika. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains. https://doi.org/10.5281/zenodo.2548083

Ulya, H., & Rahayu, R. (2017). Pembelajaran Etnomatematika Untuk Menurunkan Kecemasan Matematika. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2). https://doi.org/10.26486/jm.v2i2.295

Wulandari, I. G. A. P. A., Kadek, D., & Puspadewi, R. (2016). Budaya Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Matematika Yang Kreatif.

Yasmita, D. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika (Vol. 4, Issue 1).

Zulaekhoh, D., & Rahman Hakim, A. (2021). Analisis Kajian Etnomatematika pada Pembelajaran Matematika Merujuk Budaya Jawa.

Zed, M. (2008). Metode peneletian kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh