Dampak Positif Pembelajaran Matematika Berbasis Kerajinan Tangan Rajapolah

lenny Ariani Purnomo, Ida Nuraida, Ai Tusi Fatimah

Abstract


Pembelajaran matematika berbasis etnomatematika merupakan suatu pembelajaran yang  dilakukan melalui unsur-unsur budaya dari  matematika yang terkandung didalamnya. Salah satu budaya yang dapat digunakan dalam pembelajaran yaitu kerajinan tangan Rajapolah. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur yang bertujuan mengetahui dampak positif pembelajaran matematika berbasis kerajinan tangan Rajapolah. Adapun hasil penelitian ini menujukan bahwa pembelajaran kerajinan tangan Rajapolah memberikan dampak positif bagi siswa dalam meningkatkan motivasi belajar serta memfasilitasi siswa dalam mengaitkan konsep-konsep yang dipelajari dengan situasi nyata, tak hanya itu pembelajaran matematika berbasis kerajinan Rajapolah memberi kesempatan siswa untuk memperkuat konsep-konsep dasar sehingga siswa dapat meningkatkan kemampuan matematis.

Keywords


pembelajaran matematika; etnomatematika; kerajinan tangan rajapolah

Full Text:

PDF

References


Abi, A. M. (2017). Integrasi Etnomatematika Dalam Kurikulum Matematika Sekolah. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 1. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.75

Abror, A. N., Sa’adah, N. B., Indarwati, W. P., & Rahayuningsih, S. (2023). Pembelajaran Bilingual Berbasis Etnomatematika Situs Candi Brahu. 6, 48–56.

Amir, A. (2016). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Matematika. Eksakta, 2(1), 34–40.

Amsari, D. (2018). Implikasi Teori Belajar E.Thorndike (Behavioristik) Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Basicedu, 2(2), 52–60. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.49

Arissandi, D., Setiawan, christina T., & Wiludjeng, R. (2019). Peran Etnomatematika Kerajinan Tangan Rajapolah sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika. Jurnal Borneo Cendekia, 3(2), 40–46.

Az-zahra, S. A., Zakiah, N. E., & Solihah, S. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP ditinjau dari Habits Of Mind yang Berasal dari Keluarga Pengerajin Handicraft Rajapolah. 3(3), 752–760.

Dike Ratih Yulistiani 2022. Pemanfaatan Etnomatematika Kerajinan Tangan Rajapolah Dalam Pembelajaran Matematika. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Galuh: Ciamis

Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119.

Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90. https://doi.org/10.31100/jurkam.v1i2.56

Jatia, S. P., Mastur, Z., & Asikin, M. (2019). Potensi Etnomatematika untuk Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Prosding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2, 277–286.

Marsigit, Condromukti, R., Setiana, D. S., & Hardiarti, S. (2014). Pengembangan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 20–38.

Prabawati, M. N. (2016). Etnomatematika Masyarakat Pengrajin Anyaman Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya. Infinity Journal, 5(1), 25. https://doi.org/10.22460/infinity.v5i1.p25-31

Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88

Yusuf Basuni Bistari. (2018). Konsep Dan Indikator Pembelajaran Efektif. In Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan (Issue 2, pp. 13–20).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh