VALIDITAS ISI INSTRUMEN TEST BERPIKIR KOMPUTASI MATEMATIKA

ASTRI WIDI ASTUTI1, AMIN YOGA RAHMAWATI

Abstract


Berpikir komputasi merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan di abad 21 ini. Diperlukan instrumen untuk memfasilitasi peserta didik dalam mengembangkan keterampilan berpikir komputasi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh instrument test berpikir komputasi matematika yang memiliki kevalidan ditinjau dari aspek validitas isi. Formula yang digunakan untuk memvalidasi instrumen dengan menggunakan Indeks Aiken. Instrumen test ini divalidasi oleh 2 validator pada bidang pendidikan matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen test dengan 5 butir soal yang dikembangkan mempunyai kategori kevalidan yang baik berdasarkan Indeks Aiken dengan 3 butir soal yang memiliki validitas tinggi dan 2 butir soal yang memiliki validitas sedang.

Keywords


Validitas isi, Berpikir, Komputasi, Matematika, Aiken.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2017). Kriteria Instrumen Dalam Suatu Penelitian. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics). Vol 2 No 1, 28-36.

Azwar, S. (2012). Tes Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Cahdriyana, R.A. & Richardo R. (2020). Berpikir Komputasi dalam Pembelajaran matematika. Literasi, Vol XI No 1, 50-56.

Danindra, L. S. & Masriyah. (2020). Proses Berpikir Komputasi Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Pola Bilangan Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Mathedunesa, Vol 9 No 1.

Lestari, A. C. & Annizar, A. M. (2020). Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah PISA ditinjau dari Kemampuan Berpikir Komputasi. Jurnal Kiprah, Vol 8 No 1, 46-55, https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i1.2063.

Magdalena, I., Hifziyah, M., Aeni, V.N. & Rahayu, R.P. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Siswa Tingkat Sekolah Dasar Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikann dan Ilmu Sosial Nusantara. Vol 2 No 2, 227-237. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Maharani, S., Nusantara, T., As’ari, A.R., & Qohar, A. (2020). Computational Thinking Pemecahan Masalah di Abad ke-21. Madiun: Wade Group National Publishing.

Malik, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa Melalui Multimedia Interaktif Berbasis Model Quantum Teaching and Learning. Desertasi. Universitas Pendidikan Indonesia : Tidak Dipublikasikan

Rahmadani, R. (2021). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika Melalui Daring Berbasis Video Pembelajaran di Kelas VIII MTs Negeri 6 Barito Kuala. Skripsi. Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin : Tidak Dipublikasikan

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa dan Psikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing.

Richardo, R., Martyanti, A., & Suhartini, S. (2018). Analisis Validitas Dan Praktiklitas Lembar Kerja Siswa Berbasis Etnomatematika Dalam Konteks Yogyakarta. Journal of Mathematics Education and Science, 1(2), 77-83.

Sa’diyyah, F.N., Mania, S. & Suharti. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, Vol 4 No 1, 17-26.

Wing, J.M. (2006). Computational Thinking, Communications of the ACM, Vol 49 No 3, 33-35. Diambil dari : https://www.microsoft.com/en-us/research/wp-content/uploads/2012/08/Jeannette_Wing.pdf

Matondang, Z. (2009). Validitas Dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, Vol 6 No 1, 87-98.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh