KEMAMPUAN NUMERASI SISWA MADRASAH TSANAWIYAH PADA SOAL KONTEKS PRAKTIK SOSIAL

Atin Marlina, Ai Tusi Fatimah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan numerasi siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs.) dalam menyelesaikanmasalah yang disajikan dalam konteks paraktik sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif.Kemampuan numerasi yang diamati adalah kemampuan menyelesaikan masalah dengan keterampilan bilangan dan aljabar.Data diperoleh dari lembar jawaban siswa dan didukung oleh hasil wawancara. Partisipan adalah siswa MTs. Swasta diKabupaten Tasikmalaya sebanyak 21 orang. Data dianalisis dengan metode konten analisis konvensional. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa siswa cenderung sukses menyelesaikan soal dengan keterampilan aljabar yang menggunakan formula.Siswa cenderung kesulitan menentukan sifat atau konsep matematika yang harus digunakan untuk menyelesaikan soaldengan suatu konteks tanpa ketersediaan rumus dalam soal

Full Text:

PDF

References


Fatimah, A. T., & Wahyudin, W. (2020). Number Sense Siswa Smk Pada Tugas Matematis Berbasis

Pertanian. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 133.

https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3322

Fatimah, A. T., Wahyudin, W., & Prabawanto, S. (2020). The role of agricultural contextual

knowledge on the mathematical understanding of vocational students. Journal of Physics:

Conference Series, 1521(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/3/032020

Fatimah, A. T., & Zakiah, N. E. (2018). KELANCARAN PROSEDURAL MATEMATIS DALAM

PEMECAHAN MASALAH KONTEKS PEMASARAN. M A T H L I N E JURNAL MATEMATIKA

DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA, 3(2), 141–150.

Hsieh, H. F., & Shannon, S. E. (2005). Three approaches to qualitative content analysis. Qualitative

Health Research, 15(9), 1277–1288. https://doi.org/10.1177/1049732305276687

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principle and Standards for School

Mathematics. The Council.

Newbury, J. (1981). Basic Numeracy Skills and Practice. In THE MACMILLAN PRESS LTD.

http://marefateadyan.nashriyat.ir/node/150

Sellars, M. (2018). Numeracy in Authentic Contexts. In Springer. https://doi.org/10.1007/978-981-10-

-6

Simon, M. A. (2016). Explicating mathematical concept and mathematical conception as theoretical

constructs for mathematics education research. Educational Studies in Mathematics, 1989.

https://doi.org/10.1007/s10649-016-9728-1

Susanto, D. (2021). Numerasi Lintas Mata Pelajaran Numerasi dan Matematika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh