PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWER POINT INTERAKTIF PADA MATERI PERKALIAN DI KELAS 2 SEKOLAH DASAR

Radika Lesmana, Erwin Rahayu Saputra

Abstract


Matematika menjadi mata pelajaran yang penting bagi siswa sekolah dasar. Sebagai dasar ilmu pengetahuan, tentunya matematika memiliki manfaat yang banyak dalam kehidupan sehari-hari. Namun demikian, stigma menakutkan terhadap matematika masih dimiliki sebagian besar siswa. Termasuk dalam materi perkalian yang terdapat di kelas 2 SD. Pembelajaran yang diberikan juga cenderung tidak mengarahkan pada pemahaman konsep. Keadaan tersebut membuat hasil belajar siswa menjadi tidak optimal. Sehingga diperlukan adanya solusi terhadap permasalahan tersebut, salah satunya dengan pengembangan media pembelajaran berbasis power point interaktif materi perkalian kelas 2 sekolah dasar. Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi, tentunya diperlukan seiring dengan perlunya keterampilan abad 21 dan juga penguasaan teknologi bagi peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (RnD). Adapun model pengembangan yang dilakukan adalah model pengembangan 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Pada penelitian ini, digunakan pula beberapa aplikasi atau software untuk merancang atau mendesain media pembelajaran, seperti canva dan lain sebagainya. Hasil dari media pembelajaran, kemudian direviu, dan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Dan didapatkan hasil persentase ahli materi sebesar 98% dengan kategori sangat layak, dan ahli media sebesar 93,3% dengan kategori sangat layak. Sehingga media pembelajaran yang dikembangkan telah layak digunakan atau diimplementasikan dalam pembelajaran. Selain itu, dianalisis pula respon guru sebagai pengguna dan mendapatkan persentase sebesar 95% dengan kategori sangat layak. Dan juga dianalisis respon siswa terhadap media pembelajaran yang diimplementasikan, siswa merasa senang, dan lebih mudah dalam memahami materi perkalian sebagai penjumlahan berulang, dengan media pembelajaran yang telah dikembangkan.

Full Text:

PDF

References


Afiani, Mu, T. Y. E. S. (2015).Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pengajuan masalah untuk melatih kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SD pada materi sudut. Jurnal review pendidikan dasar, 51-57. https://doi.org/10.26740/jrpd.v1n1.p51-57

Annisa, MZ, Z. A., & Vebrianto, R. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika di SD Muhammadiyah Kampa Full Day School. Journal of Primary Education 4(1), 95–105. http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v4i1.11655

Damayanti, P. A., & Qohar, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran matematika interaktif berbasis powerpoint pada materi kerucut. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 119-124. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.16814

Fatimah, D. (2020). Pengembangan Media Katela untuk Operasi Hitung Perkalian Pada Siswa 2 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 526-532. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.29741

Jazlina, N., Afiani, K. D. A., & Faradita, M. N. (2022). Pengembangan Media Ppt Interaktif Materi Perkalian Untuk Siswa Sd Kelas 2 Selama Masa PPKM Darurat. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 12(1), 12-22. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v12i1.878

Mariam, L., & Kelana, J. B. (2020). Upaya pemahaman konsep matematika materi perkalian pada siswa sd dengan menggunakan metode hands on activity. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 3(6), 335-341. http://dx.doi.org/10.22460/collase.v3i6.5167

Muchtadi, M., Haryadi, R., & Sapitri, M. (2023). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Anime Menggunakan Model Kooperatif Learning Pada Materi Lingkaran. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 8(1), 19-28.

Salsabila, S., Anriani, N., & Santosa, C. A. H. F. (2023). Pengembangan E-Modul Pada Android Menggunakan Kodular Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 8(1), 1-10.

Sugiyono. 2010.Statistika Untuk Penelitian Bandung: Alfabeta.

Winarni, S., Kumalasari, A., Marlina, M., & Rohati, R. (2021). Efektivitas video pembelajaran matematika untuk mendukung kemampuan literasi numerasi dan digital siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 574-583.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh