Koneksi Matematis dan Self Efficacy dalam Pembelajaran Matematika

Nia Lestari, Nur Eva Zakiah, sri solihah

Abstract


Memahami keterkaitan antar konsep matematika merupakan  salah satu tujuan pembelajaran matematika di SMA. Memahami keterkaitan antar konsep tersebut bisa disebut dengan koneksi matematis. Kemampuan koneksi matematis merupakan kemampuan untuk menghubungkan antar konsep dalam matematika maupun dengan kehidupan sehari-hari. Dalam National Council of Teacher of Mathematics disebutkan bahwa pembelajaran matematika diharapkan mampu mengembangkan banyak kemampuan, salah satunya kemampuan koneksi matematis.  Dalam tulisan ini akan menjelaskan mengenai kemampuan koneksi matematis yang termasuk kedalam salah satu tujuan pembelajaran matematika di SMA serta akan membahas mengenai Self Efficacy yang dapat membentuk kemampuan koneksi matematis siswa

Full Text:

PDF

References


National Council of Teacher of Mathematics (2000). Principles of Standards for School Mathematics. Reston, VA : Author.

Latipah dan Afriansyah (2018). Analsis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Pembelajaran CTL dan RME. Jurnal Matematika. Vo. 17. No. 01. Hal. 1-12.

Apipah dan Kartono (2017). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Nerdasarkan Gaya Belajar siswa pada Model Pembelajaran Vak dengan Self Assesment. Unnes Journal of Mathematics Education Research. Vol. 02. Hal. 148-156

Siagian (2016). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education dan Science. Vol. 2. No. 1

Subaidi, Agus (2016). Self Efficacy Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. SIGMA. Vol. 01. No. 2. Hal. 64-68.

Tim Penyusun (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta:Pusat Bahasa.

Adni, Nurfauziah dan Rohaeti (2018). Analisis Koneksi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Self Efficacy Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Vol. 1 No. 5.

Akuba, Purnamasari dan Firdaus (2020). Pengaruh Kememampuan Penalaran, Efikasi Diri dan Kemampuan Memecahkan Masalah Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika. Vol. 4. No. 1. Hal. 44-60.

Jatisunda, Muhammad Gilar (2017). Hubungan Self Efficacy Siswa SMP dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal THEOREMS. Vol. 01. No. 02. Hal. 24-30

Subaidi, Agus (2016) Self Efficacy siswa dalam pemecahan masalah matematika, SIGMA, Vol. 1 No. 2, Hal 64-68.

Siagian, Muhammad Daut (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika, Jounal of Mathematics Education and Science, Vol.2 No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh