PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DALAM MATERI GEOMETRI DILIHAT DARI VAN HIELE

Dian Yuliana, Ida Nuraida, Adang Effendi

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui  Bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan materi geometri dalam van hiele. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sangat penting dalam pemecahan persoalan matematika, seperti menyelesaikan materi geometri pentingnya kemampuan pemecahan masalah ini juga perlu agar  dapat  meningkatkan kemampuan berpikir anak didik pada tingkatan berpikir yang lebih tinggi. Van hiele juga menyatakan bahwa terdapat lima tahap belajar anak didik dalam belajar geometri yaitu: Tahap pengenalan, Tahap analisis, Tahap pengurutan, Tahap deduksi dan Tahap akurasi. Adapun metode penelitian ini adalah studi dokumen. Dari penelitian terdahulu bahwa dalam menyelesaikan geometri berdasarkan van hiele dapat berpengaruh lebih baik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa

Full Text:

PDF

References


Romika dan Amalia Yuli (2014). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Dengan Teori Van Hiele . Jurnal Bina Gogik.

Fitriati dan Lisa Sopiana (2015). Penerapan Teori Van Hiele Dalam Mengkatkan Kemampuan Berfikir Siswa Sekolah Menengah Pertama Pada Materi Bangun Ruang Limas. Jurnal Pendidikan Matematika.

Beni Junedi (2017).Penerapan Teori Belajar Van Hiele Pada Materi Geometri Di Kelas VIII. Jurnal MES (journal of Mathematich Education and Science ).

Khusnul Safrina, Ikhsan .M., dan Ahmad Anizar (2014).Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Van Hiele. Jurnal Derifat

Lilis Sutriani, Haki Oyon Pranata, dan Suryana Yusuf (2018). Implementasi Teori Belajar Van Hiele Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Konsep Sifat-Sifat Bangun Datar Sederhana. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Indah.M.EB.(2016). Analisis Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Teori Van Hiele Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Noke

Latifatun Nurfarida (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Dilihat Dari Teori Van Hiele Siswa Kelas V Materi Volume Kubus Dan Balok Di Sd Hj Isriati Baiturahman 2 Tahun Ajaran 2017 / 2018. Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo.

Agus Suharjana (2008). Pengenalan bangun ruang dan sifat-sifatnya. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan Matematika Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh