PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA BERBASIS MAKANAN KHAS DAERAH CIAMIS

Fahmi Shidiq Nachsyahbandi, Asep Amam, Sri Solihah

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran matematika berupa multimedia pembelajaran berbantuan aplikasi canva. Canva merupakan aplikasi yang sangat praktis dan efisien, karena mudah diakses dan langsung bisa digunakan tanpa harus mendownload terlebih dahulu. Materi yang diterapkan pada media pembelajaran ini adalah sistem persamaan linear tiga variabel yang dikaitkan dengan konteks makanan khas Ciamis. Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE  yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Yang sudah dilaksanakan sampai pada tahap development. Tahap analysis dilakukan dengan menganalisis kebutuhan kurikulum, media dan materi. Tahap Design dilakukan dengan mengumpulkan data dan membuat rancangan desain produk sedangkan pada tahap development yaitu menerapkan kerangka produk dan memvalidasi serta merevisi produk berdasarkan komentar dan saran validator ahli media dan ahli materi. Instumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi yang diberikan kepada dosen ahli untuk mengetahui kevalidan produk. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa aspek kevalidan ditinjau dari analisis hasil penilaian ahli media diperoleh persentase angket validasi ahli media 81% dengan kriteria sangat layak, dan analisis ahli materi diperoleh persentase angket validasi ahli materi 82,5% dengan kriteria sangat layak. Sehingga media yang dikembangkan berada pada kriteria valid. Kata Kunci: Media Pembelajaran Matematika, Canva, Makanan Khas Daerah Ciamis

Full Text:

PDF

References


Amam, A. (2021). Performa kemampuan pemecahan masalah, penalaran dan kecemasan matematis siswa melalui model pjbl berbantuan ict [Universitas Pendidikan Indonesia]. repository.upi.edu

Faqih, A., Nurdiawan, O., & Setiawan, A. (2021). Pengembangan Media pembelajaran Multimedia Interaktif Alat Masak Tradisional Berbasis Etnomatematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 301–310. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.876

Fatimah, A. T., & Solihah, S. (2021). Desain Bahan Ajar Berbasis Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(1), 25–33. https://doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4487

Irkhamni, I., Izza, A. Z., Salsabila, W. T., & Hidayah, N. (2021). Pemanfaatan canva sebagai e-modul pembelajaran matematika terhadap minat belajar peserta didik. Konferensi ilmiah pendidikan universitas pekalongan, 127–134. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip

Masduki, A. (2012). Makanan Tradisional Di Kabupaten Ciamis. Patanjala : Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 4(2), 89–99. https://doi.org/10.30959/patanjala.v4i2.142

Nababan, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Geogebra Dengan Model Pengembangan Addie Di Kelas XI SMAN 3 Medan. Jurnal Inspiratif, 6(1), 37–50.

Nurmaya, R., Herawati, R., & Ratnaningsih, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Pada Materi Transformasi Geometri. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 123–129. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i2.941

Pratama, R. A., & Saregar, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scaffolding Untuk Melatih Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 84–97. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3975

Pratami, R. K. V. M., Pratiwi, D. D., & Muhassin, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantu Adobe Flash Melalui Etnomatematika Pada Rumah Adat Lampung. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 125–138. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i2.293

Rahmasari, E. A., & Yogananti, A. F. (2021). Kajian usability aplikasi canva. Andharupa, 07(01), 165–178. http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/andharupa/article/view/4292

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.

Rohma, A., & Sholihah, U. (2021). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva Materi Bangun Ruang Limas. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 292–306. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v9i3.pp292-306

Rudyanto, H. E., Kartikasari, A., & Pratiwi, D. (2019). Etnomatematika Budaya Jawa : Inovasi Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 25–32. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3348

Sugiyono, P. D. (2016). METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan Ke). Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh