PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE

Novi Hidayanti, Adang Effendi, Angra Meta

Abstract


Dalam proses pembelajaran matematika kemampuan representasi matematis siswa merupakan suatu aspek yang berperan penting dalam meningkatkan prestasi belajar para peserta didik. Kemampuan representasi matematis merupakan suatu kemampuan yang dapat merepresentasikan gagasan atau ide matematis sebagai alat bantu untuk menemukan solusi dan menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Model pembelajaran Think Talk Write merupakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis peserta didik. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs Al-Hidayah Panjalu yang terdiri dari 2 kelas. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan representasi matematis berupa soal uraian dengan materi statistika. Penelitian ini mengacu pada indikator kemampuan representasi matematis yaitu representasi visual, representasi simbolik, dan representasi verbal. Kata Kunci : kemampuan representasi matematis, pengaruh, think talk write

Full Text:

PDF

References


Farid Tri Ribkyansyah, Y. d. (2017). Kemampuan Represenasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Berbasis Teori Van Hiele di Materi Segiempat Kelas VII SMO Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 49-57.

Farid Tri Ribkyansyah, Y. ,. (2018). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Pokok Bahasan Matematika. Prima : Jurnal Pendidikan Matematika, 149-155.

Khairunnisa, G. F., As’ari, A. R., & Susanto, H. (2018). Keberhasilan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Kemampuan Membuat Berbagai Representasi Matematis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 3(6), 723–730.

Mudzakkir. 2006. Strategi Pembelajaran “Think-Talk-Write” untuk Meningkatkan Kemampuan

Representati Matematik Beragam Siswa SMP. Tesis belum dipublikasikan. Bandung: Program Pasca Sarjana UPI Bandung.

Mursidah, D., Uchtiawati, S., & Midjan. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) pada Materi Bangun Datar Segi Empat di Kelas VII E MTs al-Ibrohim Manyar Gresik. Didaktia Jurnal Pemikiran Pendidikan, 24 No 1, 12–19.

Nasional Council of Teacher Mathematics (NCTM). (2000). Principles and standards for school mathematics. USA: NCTM.

Rizal, M. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (Ttw) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas Iv Sdm 020 Kuok. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 105–117. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.37

Rahmita, F., & Budiarto, M. T. (2018). Representasi matematis siswa smp dalam membangun hubungan luas antar segiempat. Mathedunesa, 7(2), https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/24034

Sibue, M. F. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal MES (Journal of Mathematics Education and Science.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh