LITERATUR REVIEW: KECERDASAN EMOSIONAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

A Rizal Heru Cahya, Cecep AHF Santosa, Anwar Mutaqin

Abstract


Kecerdasan emosional merupakan kemampuan merasakan, memahami secara selektif mener,apkan daya dan kepekaan emosi sebagai sumber energi dan pengaruh yang manusiawi dari seorang siswa dimana dengan adanya kecerdasan emosional yang tinggi dari siswa maka dapat menuntut siswa untuk mengakui, menghargai perasaan pada diri sendiri dan orang lain serta menanggapinya dengan tepat, menerapkan secara efektif energi emosi dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam sekolahnya. Dengan meningkatkan kecerdasan emosional, siswa akan tahu dirinya lebih baik dan akan lebih mengerti tentang yang lain. Orang yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi memahami diri mereka dengan baik dan juga mampu merasakan emosi orang lain. Dengan mengembangkan kecerdasan emosional, individu akan menjadi lebih produktif dan berhasil dalam bidang yang ditekuni, juga mampu membantu orang lain menjadi lebih produktif dan berhasil. Dengan demikian siswa yang memiliki kecerdasan emosional akan berdampak baik terhadap hasil belajarnya. Dalam penelitian yang telah dilakukan sebelumnya banyak penelitian yang mengatakan dalam tulisannya mengenai beberapa faktor internal yang mempengaruhi pencapaian tinggi rendahnya hasil belajar matematika salah satunya kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar hubungannya dengan kecerdasan emosional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan non tes yaitu dengan menelusuri jurnal elektronik melalui Google Cendikia dan studi dokumentasi di perpustakaan. Dari hasil penelitian 12 artikel yang relevan menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap pencapaian hasil belajar siswa di sekolah. Kata Kunci:  Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar Matematika. 

Full Text:

PDF

References


Anggraini, T. P., Abbas, N., Oroh, F. A., & Pauweni, K. A. . (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. JAMBURA JOURNAL OF MATHEMATICS EDUCATION Jambura J. Math. Educ, 3(1), 1–9. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jmatheduDOI:https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i1.11807

Eliswati, & Munandar, D. R. (2019). Kecerdasan Emosional Dalam Belajar. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 1996, 842–849. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Goleman, D. (1995). Emotional Intelligence: why it can matter more than IQ.

Hani, A. (2020). Galuh Mathematics National Conference| Gamma Nc 2020. https://gammanatconference.unigal.ac.id/administrator/data/PROSIDING GAMMA NC 2020 (2)-dikompresi.pdf

Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(9), 1–58.

Mishar, R., & Bangun, Y. R. (2014). Create the EQ Modelling Instrument Based on Goleman and Bar-On Models and Psychological Defense Mechanisms. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 115(Iicies 2013), 394–406. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.02.446

Munandar, H., & Syarif, H. (2017). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Parepare pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Chemica, 18(1), 39–47. https://ojs.unm.ac.id/chemica/article/view/4669

Musfiqi, an. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Matematika yang Berorientasi pada Karakter dan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Developing Mathematics Instructional Materials Oriented to Character and Higher Order Thinking Skill (Hots). PYTHAGORAS: Jurnal

Pendidikan Matematika, 9(1), 45–59. http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras

Putri, K. P., Hendrowati, T. Y., & Istiani, A. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. JURNAL E-DuMath, 6(2), 73–82. https://doi.org/10.52657/je.v6i2.1286

Setyawan, A. A., & Simbolon, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Kansai Pekanbaru. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2980

Siagian, M. D., Suwanto, S., & Siregar, R. (2021). The relationship of students’ prior knowledge and emotional intelligence to mathematical connection ability. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(1), 61–72. https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i1.39182

Sitorus1, A. A. K. N. B., Yahfizam2, & , Fibri Rahmawati3Belajar, H. (2021). RELEVAN : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA. 1, 112–121.

Wiyono, A., Anggo, M., & Kadir, K. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 6(2), 113. https://doi.org/10.36709/jppm.v6i2.9121


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh