PENGARUH PENERAPAN MODEL CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) DALAM KEMAMPUAN MATEMATIS SISWA: STUDI META-ANALISIS

Calista Rahmadhani, Syamsuri Syamsuri, Cecep Anwar Hadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CORE terhadap kemampuan matematika. Ada empat langkah yang terdiri dari model CORE yaitu Connecting, Organizing, Reflecting dan Extending. Dengan menggunakan metode meta-analisis, peneliti merumuskan masalah penulis kemudian melanjutkan untuk mengeksplorasi penelitian yang ada dan relevan untuk dianalisis menggunakan Google Scholar, Portal Garuda dan SINTA Kemendikbud. Penulis memenuhi 19 artikel kriteria inklusi untuk dianalisis dari 56 artikel yang diperoleh yang membahas tentang effect CORE Model dengan kemampuan matematis untuk mendapatkan kombinasi effect size. Karakteristik penelitian yang termasuk dalam penelitian ini adalah tahun studi, tingkat pendidikan dan jumlah sampel. Secara statistik, ditemukan bahwa Model CORE oleh kemampuan matematika dipengaruhi oleh semua karakteristik studi penelitian.Kata Kunci: CORE, Connecting Organizing Reflecting Extending, Pembelajaran Matematika, Pendidikan Matematika,    Pengajaran Matematika

Full Text:

PDF

References


Borenstein, M., Hedges, L. V., Higgins, J. P. T., & Rothstein, H. R. (2010). A basic introduction to fixed-effect and random-effects models for meta-analysis. Research Synthesis Methods, 1(2), 97–111. https://doi.org/10.1002/jrsm.12

Capar, G., & Tarim, K. (2015). Efficacy of the cooperative learning method on mathematics achievement and attitude: A meta-analysis research. Kuram ve Uygulamada Egitim Bilimleri, 15(2), 553–559. https://doi.org/10.12738/estp.2015.2.209.

Coe, R. (2002). Effect Size guide. 1–18.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2005). Research Methods in. In Education And Training (Issue August).

Dochy, F., Segers, M., Van den Bossche, P., & Gijbels, D. (2003). Effects of problem-based learning: A meta-analysis. Learning and Instruction, 13(5), 533–568. https://doi.org/10.1016/S0959-4752(02)00025-7

Fritz, C. O., Morris, P. ., & Richler, J. . (2015). The Economics of Non-Market Goods and Resources Benefit Transfer of Environmental and Resource Values. In Benefit Transfer of Environmental and Resource Values. http://www.springer.com/series/5919

Higgins, S., & Katsipataki, M. (2015). Evidence from meta-analysis about parental involvement in education which supports their children’s learning. Journal of Children’s Services, 10(3), 280–290. https://doi.org/10.1108/JCS-02-2015-0009

Jahring, J. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis Pada Model Pembelajaran Core Dan Nht. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 489–496. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2667

Juandi, D., & Tamur, M. (2021). The impact of problem-based learning toward enhancing mathematical thinking: A meta-analysis study. Journal of Engineering Science and Technology, 16(4), 3548–3561.

Lameena, C. ., Ngilawajan, D. ., & Layn, I. . (n.d.). Jar – Juir Jargaria ( 3J ).

Muhali, M. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126

NCTM. (2003). Programs for Initial Preparation of Mathematics Teachers. Standards for Secondary Mathematics Teachers, 1–7.

Retnawati, H., Apino, E., Kartianom, Djidu, H., & Anazifa, R. D. (2018). Pengantar Meta Analisis.pdf. Pengantar Analisis Meta, 208.

Shah, A., Hunter, E., Cooper, H., Olkin, I., Raju, N. S., Cohen, J., Schmidt, F. L., Chalmers, T. C., Bonett, D. G., Hedges, L. V, Rosenthal, R., & Holtmann, G. J. (2020). Basics of meta-analysis.

Shelby, L. B., & Vaske, J. (2008). Understanding meta-analysis: A review of the methodological literature. Leisure Sciences, 30(2), 96–110. https://doi.org/10.1080/01490400701881366

Suhartini, S., & Martyanti, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika. Jurnal Gantang, 2(2), 105–111. https://doi.org/10.31629/jg.v2i2.198

Wilson, D. B. (2009). Systematic Coding. In Harris Cooper, L. V. Hedges, & J. C. Valentine (Ed.), The Handbook of Research Synthesis and Meta-Analysis 2nd Edition, 159–176. New York: Russell Sage Foundation.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh