MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTION DESAIN (MID) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS

Rini Tri Cahyaningsih, Toto Toto, Ida Nuraida

Abstract


 Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa adalah kemampuan koneksi matematis merupakan salah satu kemampuan siswa untuk memahami suatu konsep untuk meningkatkan pemahaman konsep mereka tentang disiplin ilmu lain balik antara konsep matematika dan konsep kehidupan nyata. Rendahnya kemampuan koneksi matematis dikarenakan ada beberapa faktor yang mempengaruhi, salah satunya yaitu penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan koneksi matemtis siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Meaningful Instruction Desain (MID). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari model pembelajaran MID. Metodel penelitian yang digunakan adalah metode kepustakaan dengan mengkaji beberapa artikel yang telah diteliti oleh peneliti terdahulu. Dari berbagai literatur, kajian pustaka,dan penelitian terdahulu, hasilnya menunjukan bahwa model pembelajaran Meaningful Instruction Desain (MID) dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Kata Kunci: Kemampuan koneksi matematis, model pembelajaran Meaningful Instruction Desain (MID)

Full Text:

PDF

References


Anas, M. (2020). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran MID (Meaningful Intruction Desain). Binomial, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.46918/binomial.v3i1.474

Esti Pratiwi, W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Meaningful Instruction Desain (MID) Terhadap Hasil Belajar Siswa MTS Hasanuddin Pare Pada Materi Segiempat Dan Ditinjau Dari Gender. Penerapan Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design (Mid) Terhadap Hasil Belajar, Mid.

Nuraida, I,Sunaryo, Y. (2018). Implementasi Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Untuk Menumbunhkan Sikap Self Awaraness Siswa Sma. Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 5(2), 24–35. https://doi.org/10.35438/e.v5i2.71

Marzali, A.-. (2017). Menulis Kajian Literatur. ETNOSIA : Jurnal Etnografi Indonesia, 1(2), 27. https://doi.org/10.31947/etnosia.v1i2.1613

Muflihah, I. S., Ratnaningsih, N., & Apiati, V. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau Dari Gaya Berpikir Peserta Didik. Journal Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 1(1), 68–77.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics.

Nurafni, A. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau Dari Self Confidence Siswa: Studi Kasus Di SMKN 4 Pandegelang Abstrak. 2(1).

Parta, Warih, P. D., N., I., & Rahardjo, S. (2016). Analysis of the Mathematical Connection Ability of Class VIII Students on the Pythagorean Theorem. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya [KNPMP I] Universitas Muhammadiyah Surakarta, 12 Maret 2016, Knpmp I, 377–384.

Purnama, R., & Fadli, V. P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 3(2), 15–18.

Rosmala, A., & Isrok’atun. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika.

Sari, R. P., Johar, R., & Hidayat, M. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Materi Bangun Datar melalui Model Meaningful Instructional Design di SMP PKPU Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 5(1), 54–61.

Yuliani, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Meaningfull Instructional Design Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 30(1), 37. https://doi.org/10.24235/ath.v30i1.6401


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh