PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Shafira Larasati Nurullita, Asep Amam, Nur Eva Zakiah

Abstract


Proses pembelajaran matematika memiliki aspek penting yang harus dimiliki siswa yaitu kemampuan pemecahan masalah matematis. Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan menyelesaikan suatu masalah matematika yang dihadapi dengan tujuan dapat menemukan penyelesaian sehingga mendapatkan hasil yang ingin dicapai. Untuk mengetahui hasil pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dapat dilihat dengan mengembangkan instrumen soal kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai pengembangan instrumen kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metodel penelitian yang digunakan adalah metode kepustakaan dengan mengkaji beberapa artikel yang telah diteliti oleh peneliti terdahulu. Sumber data yang digunakan adalah sumber data sekunder yaitu buku – buku, jurnal, dan literatur. Kata kunci: Pengembangan Instrumen, Pemecahan Masalah Matematis.

Full Text:

PDF

References


Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. Teorema, 2(1), 39. Https://Doi.Org/10.25157/.V2i1.765

Angriani, A. D., Fuadah, N., Nursalam, & Baharuddin. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 211–223.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Standar Kompetensi Matematika Sekolah Menengah Atas Dan Madrasah Aliyah. Jakarta: Depdiknas.

Fatimah, A. T. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pada Pada Pokok Bahasan Anuitas Dan Asuransi Ai. Jurnal Teori Dan Riset Matematika (Teorema), 1(1).

Fatimah, A. T., & Zakiah, N. E. (2018). Dalam Pemecahan Masalah Konteks Pemasaran Procedural Fluency In Mathematical Problem-Solving. M A T H L I N E Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika Issn, 3(2), 141–150.

Kharisma, J. Y., & Asman, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Prestasi Belajar Matematika. Indonesian Journal Of Mathematics Education, 1(1), 34–47.

Marzali, A.-. (2017). Menulis Kajian Literatur. Etnosia : Jurnal Etnografi Indonesia, 1(2), 27. Https://Doi.Org/10.31947/Etnosia.V1i2.1613

Permendikbud. (2014). Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.

Puadi, E. F. W. (2017). Analisis Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Ptik Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika Stkip Garut, 5. Http://Jurnal.Upmk.Ac.Id/Index.Php/Jumlahku/Article/View/139

Sari, P., Ardana, I., & Lasmawan, I. (2020). Pengembangan Instrumen Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dan Self Efficacy Siswa Kelas V Sd. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 102–111.

Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. Jnpm (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 163. Https://Doi.Org/10.33603/Jnpm.V1i1.275

Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Mosharafa, 6(2), 287–298.

Sumartini, T. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158. Https://Doi.Org/10.31980/Mosharafa.V5i2.270

Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amem, A. (2019). Implementasi Pendekatan Kontekstual Pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 4(September), 111–120.

Zamnah, L. N. (2017). Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Viii Smp Negeri 3 Cipaku Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Teori Dan Riset Matematika (Teorema), 1(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh