INDIKATOR KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP DALAM ARTIKEL JURNAL NASIONAL

Rina Oktavia, Angra Meta Ruswana, Lala Nailah Zamnah

Abstract


Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan memahami, menyampaikan dan menyatakan suatu ide atau gagasan matematika ke dalam bentuk benda konkret, tulisan maupun verbal. Kemampuan komunikasi dalam pembelajaran matematika sangat perlu untuk dikembangkan karena dengan melalui komunikasi matematis siswa dapat mengorganisasi dan mengkosolidasi pemikiran matematisnya baik secara lisan maupun tulisan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui indikator kemampuan komunikasi matematis siswa SMP berdasarkan dari berbagai artikel ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal nasional terakreditasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kajian pustaka atau studi literatur. Terdapat 50 artikel ilmiah yang terakreditasi pada jurnal nasional yang dianalisis mengenai indikator kemampuan komunikasi siswa SMP yang digunakan. Adapun hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar peneliti, yaitu 56% menggunakan tiga indikator kemampuan komunikasi matematis siswa, yaitu menggambar (drawing), ekspresi matematika (mathematical expression) serta menulis (written text). Kata kunci: Indikator Kemampuan Komunikasi, Kemampuan Komunikasi Matematis

Full Text:

PDF

References


Alamiah, U. S., & Afriansyah, E. A. (2017). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara yang Mendapatkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education dan Open-Ended. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 207–216. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.308

Aminah, S., Wijaya, T. T., & Yuspriyati, D. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15–22. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.29

Anggralia, R., Deswita, R., Erita, S., Habibi, M., & Putra, A. (2019). Pengaruh Pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 41–49. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i02.7534

Ansori, H., & Sari, E. M. (2016). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 32–39. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2287

Ardina, F. R. (2016). LKS Dan RPP Model 5E Pada Materi Teorema Pythagoras Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII. Jurnal Math Educator Nusantara ( JMEN ), 2(2), 93–186.

Arifin, Z., Trapsilasiwi, D., & Fatahillah, A. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Siswa Kelas VIII-C SMP Nuris Jember. Jurnal Edukasi, 3(2), 9. https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i2.3522

Astuti, N. D., & Purwanto, S. E. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Google Meeting Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMP Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1183–1192. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.613

Bachriani, E. N., Sukoriyanto, S., & Muksar, M. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis Siswa dalam Mengerjakan Soal Cerita Statistika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 9(2), 85–98. https://doi.org/10.25273/jipm.v9i2.8324

Bien, Y. I. (2016). Penggunaan Model Kooperatif Tipe CIRC Berbasis Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(2), 50–56. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i2.83

Dalimunthe, S. A. S., Mulyono, M., & Syahputra, E. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Think Pair Share untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 735–747. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1229

Damayanti, R. R., Zulkarnain, I., & Sari, A. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Quick on the Draw. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 54–61. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.8352

Danaryanti, A., & Noviani, H. (2015). Pengaruh Gaya Belajar Matematika Siswa Kelas VII terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 204–212. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.648

Deswita, R., Kusumah, Y. S., & Dahlan, J. A. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran CORE dengan Pendekatan Scientific. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 35–43.

Diandita, E. R., Johar, R., & Abidin, T. F. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis dan Metakognitif Siswa SMP Pada Materi Lingkaran Berdasarkan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 79–96. https://doi.org/10.22342/jpm.11.2.2533.

Dinda Pratiwi, D. (2015). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Sesuai dengan Gaya Kognitif dan Gender. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 131–141.

Fajriah, N., & Nor, J. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras di Kelas VIII SMP Negeri 15 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016/2017. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 202–208. https://doi.org/10.20527/edumat.v5i2.4648

Hafidhoh, N., & Marlina, R. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 59–74. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1425

Hariati, M. E., Sinaga, B., & Mukhtar, M. (2022). Analisis Kesulitan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 702–709. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1228

Hendriana, H., & Kadarisma, G. (2019). Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 153–164. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.2033

Hibattulloh, N., & Sofyan, D. (2014). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Antara yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Konvensional. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 169–178. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv3n3_5

Ikhtiar, M. A., Sudirman, S., & Hidayanto, E. (2021). Komunikasi Matematis Tulis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1), 14–25. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i1.8398

Indah, I. P., Saragih, S., & Yuanita, P. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Menggunakan Model Discovery Learning dalam Rangka Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Bangun Datar Kelas VII SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 851–866. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.370

Indriani, W. D., & Pasaribu, L. H. (2022). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Hybrid Learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 291–299. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1196

Karim, K., & Haris Saputera, N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis pada Siswa SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 271–278. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i2.622

Losi, N. T., Mukhtar, M., & Rajagukguk, W. (2021). Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang diajar Menggunakan Model Problem Based Learning dan Guided Discovery Learning Berbantuan Geogebra ditinjau dari Gender. Paradikma:Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 88–95. https://doi.org/10.24114/paradikma.v14i1.27136

Lutfianannisak, L., & Sholihah, U. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Komposisi Fungsi Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Tadris Matematika, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.1.1-8

Madhavia, P., Murni, A., & Saragih, S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Program Linear. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1239–1245. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i1.569

Marfiah, D. Y., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 4(1), 1. https://doi.org/10.22373/jppm.v4i1.6942

Marniati, M., Jahring, J., & Jumriani, J. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 880. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3523

Maulani, L., & Sundayana, R. (2017). Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Antara Siswa Yang Mendapatkan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Dengan Student Teams Achievement Division. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 217–228.

Murtafiah, W., Setyansah, R. K., & Nurcahyani, D. A. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Circle Problem Berdasarkan Self-Confidence Siswa SMP. Jurnal Elemen, 7(1), 130–145. https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.2785

Muslimahayati, M. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Bernuansa Etnomatematika (PMRE). Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(1), 22–40. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i1.3773

Nanang Supriadi. (2015). Pembelajaran Geometri Berbasis Geogebra Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 99–109. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000%0AImpak

Nasution, D. P., & Ahmad, M. (2018). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 389–400.

Niasih, N., Romlah, S., & Zhanty, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP di Kota Cimahi Pada Materi Statistika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 266–277. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.107

Noor, A. J., & Husna, R. (2017). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achiviement Division (STAD). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.20527/edumat.v4i2.2578

Nugraha, T. H., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Perbedaan Gender. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i1.5880

Nugroho, A. D., Zulkarnaen, R., & Ramlah. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(2), 81–98. https://doi.org/10.30762/f_m.v1i2.1440

Pambudi, D. S., Aini, R. Q., Oktavianingtyas, E., Trapsilasiwi, D., & Hussen, S. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Matematika Nalaria berdasarkan Jenis Kelamin. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 136–148. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.4206

Pramuditya, S. A., Khodijah, A. S., & Asnawati, S. (2021). Komunikasi Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbantuan Modul Digital Daring. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 143–154.

Purnama, I. L., & Aldila, E. (2016). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Complete Sentence dan Team Quiz. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 27–43. https://doi.org/10.22342/jpm.10.1.3267.26-41

Rendani, F., & Arnawa, I. M. (2020). Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Gender dan Level Sekolah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 727. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2882

Riyadi, S., Noviartati, K., & Abidin, Z. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis Siswa Samin Dalam Memecahkan Masalah Geometri. Ethnomathematics Journal, 2(1), 31–37. https://doi.org/10.21831/ej.v2i1.36192

Rosita, M., Shodiqin, A., & Prasetyowati, D. (2020). Profil Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Relasi dan Fungsi Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(2), 163–178. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i2.14855

Sahrul, S., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Discovery Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMP Kelas VIII. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 626–636. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.277

Septikasari, R., & Frasandy, R. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al Awlad, VIII(02), 112–122.

Sritresna, T. (2017). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Confidence Siswa Melalui Model Pembelajaran Cycle 7E. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 419–430. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.330

Sukmawati, R. A., & Nesvihani, N. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis dan Karakter Tanggung Jawab Siswa dalam Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick on The Draw di Kelas VIII. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 53–62. https://doi.org/10.20527/edumat.v6i1.5120

Suningsih, A., & Arnidha, Y. (2017). Komunikasi Matematis Siswa Tunarungu Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(3), 876–877. https://doi.org/10.1093/oseo/instance.00209007

Suparsih, S. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 214–224. https://doi.org/10.21831/pg.v13i2.21240

Wijayanto, A. D., Fajriah, S. N., & Anita, I. W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 97–104. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.36

Yanti, A. W., & Novitasari, N. A. (2021). Penggunaan Jurnal Reflektif pada Pembelajaran Matematika untuk Melatih Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 321–332. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.891

Yuniarti, N., Sulasmini, L., Rahmadhani, E., Rohaeti, E. E., & Fitriani, N. (2018). Hubungan Kemampuan Komunikasi Matematis dengan Self Esteem Siswa SMP Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning Pada Materi Segiempat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 62–72. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.871

Yunisha, R., Prahmana, R. C. I., & Sukmawati, K. I. (2016). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Elemen, 2(2), 136. https://doi.org/10.29408/jel.v2i2.284

Yunita, D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas dengan Teknik Scaffolding Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 112–126. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/10663

Zulfah, Z., & Rianti, W. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Melalui Soal PISA 2015. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(1), 49–56. https://doi.org/10.25273/jipm.v7i1.3064


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh