Bahan Ajar Matematika Berbasis Kontekstual

Lesi Delisa, Asep Amam, Adang Effendi

Abstract


Dari banyaknya sekolah yang ada masih terdapat beberapa sekolah hanya menggunakan bahan ajar berupa buku paket saja. Kurang nya pemahaman akan banyaknya bahan ajar yang bisa digunakan pada saat pembelajaran mengakibatkan siswa bosan dan kurang termotivasi. terlebih lagi dalam pembelajaran matematika yang mana siswa kurang mampu untuk mengaitkan pembelajaran matematika dengan kehidupan sehari – hari. Tujuan Penelitian ini ialah untuk mengetahui bahan ajar matematika berbasis kontekstual dari beberapa penelitian yang relevan, sehingga dapat menjadi referensi ilmiah dan sumber rujukan. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu studi literatur yang mengkaji dan menguraikan hasil penelitian dari beberapa artikel pada jurnal yang berkaitan dengan bahan ajar matematika berbasis kontekstual. Bahan ajar matematika dapat dikembangkan untuk menghasilkan sebuah produk yang bisa digunakan pada saat proses pembelajaran matematika dengan menguji kelayakan produk terlebih dahulu, seperti RPP, LKS, Buku Teks, Modul, Tabloid, media nyata, dan masih banyak lagi bahan ajar yang bisa dikembangkan dalam bentuk cetak maupun tidak, sehingga dapat mengoptimalkan tujuan pembelajaran yang diharapkan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi terkait bahan ajar matematika berbasis kontekstual dengan harapan siswa mampu untuk meningkatkan semangat belajar yang tinggi, terutama bagi para pendidik untuk dapat mengembangkan bahan ajar yang lebih variative.

Keywords


Bahan Ajar; Pembelajaran Matematika; Kontekstual

Full Text:

PDF

References


Ferdianto, F. & Setiyani. (2018). Pengembangan bahan Ajar Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika. Vol. 2 No. 1: 37-47.

Fikriani, T. dan Nurva, S. M. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbentuk Komik untuk meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan. Vol. 3 No. 1: 11-24.

Herawati, L. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Menguunakan Aplikasi Mind Map Di SMP Negeri 3. Kementrian Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati.

Hermawan, Iwan. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif & Mixed Method,.Jakarta: HIdayatul Quran Kuningan.

Lestari, I. (2013). Pengembangan bahan ajar berbasis kompetensi. Padang: Akademia Permata.

Lestari, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Memanfaatkan Geogebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 01 No. 01: 26-36.

Muslimahayati, (2013). Pengembangan Bahan Ajar Materi Logika Matematika Dengan Pendekatan PMRI Untuk Siswa SMA Kelas X. UIN Raden Fatah Palembang.

Prastowo, A. (2011). Awal Eksistensi Komik Indonesia sebagai produk budaya nasional. Universitas Negeri Malang.

Rahim, R. dan Wahyuni, D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Siswa SMK Negeri 5 Medan. Jurnal MathEducation Nusantara. Vol. 2 No. 1: 21-27.

Russefendi. E.T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito

Shodiqin, A. dan Zuhri, S.M. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Matematika SMA Berbentuk Tabloid Berbantuan Software Wolfram Mathematica dengan pendekatan Kontekstual Pada Materi Integral. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 1 No. 2: 97-103.

Sofnidar dan Sabil, H. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Matematika I Dengan Pendekatan Kontekstual. Edumatica. Vol. 02 No. 02: 57-67.

Wahyuni, R. N. & Monika, A. (2016). Pengaruh Pendidikan terhadap Ketimpangan Pendapatan Tenaga Kerja di Indonesia. Jurnal Lependudukan Indonesia, 11, 15-28. Retrieved from http://ejurnal.kependudukan.lipi.go.id/index.php/jki/article/vie/63/99


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh