Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Najlatul Ngajijah, Sri Solihah, Angra Meta Ruswana

Abstract


Matematika merupakan disiplin ilmu yang bersifat abstrak. Untuk menemukan solusi dari keabstrakan matematika, diperlukan proses penerjemahan masalah ke dalam bentuk baru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptf kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal dari persoalan sehari-hari yang berkaitan dengan materi bangun ruang sisi datar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMPIT Al-Fawwaz Kota Banjar yang terdiri dari 3 siswa dengan kemampuan matematika berbeda yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes berupa soal uraian. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kategori kemampuan representasi tinggi mampu memenuhi ketiga aspek representasi yaitu visual, simbolik, dan verbal, siswa dengan kategori kemampuan representasi sedang mampu memenuhi dua aspek representasi yaitu visual dan verbal, dan siswa dengan kategori kemampuan rendah hanya mampu memenuhi satu aspek representasi yaitu visual.

Keywords


Kemampuan Representasi; Bangun Ruang Sisi Datar

Full Text:

PDF

References


Azis, A. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(1), 64–72. https://doi.org/10.31219/osf.io/7fpjz

Hafriani. (2021). Mengembangkan Kemampuan Dasar Matematika Siswa Berdasarkan NCTM Melalui Tugas Terstuktur Dengan Menggunakan ICT (Developing The Basic Abilities of Mathematics Students Based on NCTM Through Structured Tasks Using ICT). 22(1), 63–80.

Herdiman, I., Jayanti, K., Pertiwi, K. A., & Naila N., R. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Kekongruenan dan Kesebangunan. Jurnal Elemen, 4(2), 216. https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.539

Kartini. (2009). Peranan Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 361– 372.

Khoerunnisa, R., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP terhadap Materi Segiempat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 165–176. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1583

Mulyaningsih, Marlina, & E. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika. JKPM, 2(1), 1. https://doi.org/10.30736/vj.v2i1.177

Nuurun Fajriah, C. U. M. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Statistika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 483–492. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.1011

Ramadhan, M. I., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Bangun Ruang. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 975–984. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.975-984

Ramadhani Khija, ludovick Uttoh, M. K. T. (2015). Teknik Pengambilan Sampel. Ekp, 13(3), 1576– 1580.

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Sari, H. J., Kusaeri, A., & Mauliddin. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 5(2), 57. https://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v5i2.1813

Setiyaningsih, D., Rosmi, F., Santoso, G., & Virginia, A. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 3(2), 279. https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i2.693

Silviani, E., Mardiani, D., & Sofyan, D. (2021). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Statistika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(September), 483–492. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Sintia, S., & Effendi, K. N. S. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sman 1 Klari. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 143–153. https://doi.org/10.36526/tr.v6i2.2225

Syafitri, N., & Annisa, D. (2006). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Lingkaran di MTsN 2 Aceh Besar. 5158, 31–44. https://doi.org/10.24815/jp.v10i2.28175

Syafri, S. (2017). Kemampuan representasi matematis dan kemampuan pembuktian matematika.

(1), 49–55.

Yusriyah, Y., & Noordyana, M. A. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Penyajian Data di Desa Bungbulang. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 47–60. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1025


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh